Health fats rekomendasi makanan kanker usus besar
Health fats rekomendasi makanan kanker usus besar
in

5 Rekomendasi Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Usus

Usus adalah organ pencernaan yang berguna menyerap nutrisi makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Karena kemunculan sel kanker, fungsi dari usus bisa terganggu dan menyebabkan penderita mengalami gangguan. Tanda awal dari penyakit ini sering tidak dirasa penderitanya sehingga ketika kanker berada dalam stadium 4, pengobatan yang lazim dilakukan tidak bisa menyembuhkannya.

Kanker usus besar menjadi salah satu dari deretan jenis kanker yang sering dialami, apalagi pada lansia, dengan usia yang sudah menginjak 50 tahun ke atas. Kanker besar usus sebenarnya bisa diidap oleh siapa saja, entah pria maupun wanita. Usus besar merupakan bagian dari saluran pencernaan yang berguna untuk menyerap nutrisi dan air dari makanan yang dicerna lambung serta usus halus.

Kanker usus dapat terjadi bila sel usus besar berkembang biak tidak terkendali dan menyebabkan benjolan yang membesar dengan progresif dalam usus besar. Untuk penderita kanker usus besar, banyak pantangan makanan yang harus dihindari sehingga tidak membuatnya menjadi semakin parah.

Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Usus

Selain makanan yang dianjurkan, ada pula makanan-makanan yang harus dihindari, sehingga pengobatan yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lebih optimal. Berikut beberapa makanan yang harus Anda hindari:

1. Daging Merah

Daging Merah

Pantangan makanan untuk penderita kanker usus yang utama adalah konsumsi daging merah seperti daging sapi, kambing, dan babi.

Meski belum diketahui secara pasti hubungan antara daging merah dengan kanker usus, para ahli menyatakan bahwa tingginya konsumsi daging merah akan meningkatkan risiko kanker ini.

2. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula

Makanan yang mengandung gula sederhana seperti permen, minuman manis berkarbonasi, makanan penutup serta kudapan sejenis lainnya sebaiknya dihindari.

Jenis makanan yang dikategorikan dalam pantangan makanan kanker usus ini, hanya mengandung sedikit nutrisi yang bermanfaat. Mereka juga meningkatkan risiko obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko kanker usus.

3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh
Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh

Makanan yang digoreng dan produk susu tinggi lemak seperti mentega sebaiknya dihindari.

Selain dapat memperburuk efek samping kemoterapi, jenis makanan ini juga sulit dicerna sehingga lama berada di saluran cerna dan meningkatkan risiko gangguan asam lambung.

4. Daging yang Diproses atau Diawetkan

Pada tahun 2015, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan daging yang diproses sebagai makanan yang berpotensi karsinogenik atau memicu timbulnya kanker.

Atas dasar itu, penderita kanker usus harus membatasi daging yang diproses atau diawetkan.

5. Kafein dan Alkohol

kafein dan alkohol buruk untuk kanker usus besar
kafein dan alkohol

Kafein dapat memicu gejala seperti mual dan diare. Kafein juga bisa memperburuk efek insomnia dari kemoterapi yang dijalani pasien kanker usus.

Penderita kanker usus juga harus menghindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol. Karena dapat berinteraksi dengan obat-obatan dan menimbulkan berbagai efek samping.

Makanan sehat dibutuhkan penderita kanker usus, agar kualitas hidupnya menjadi semakin meningkat. Ketika memasak, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun bukan butter. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Tetap update seputar tren dan informasi kesehatan dengan mendaftarkan email kamu ke Ngovee sekarang juga.

Pantangan makanan untuk penderita kanker usus dibutuhkan agar kondisi tidak makin memburuk.

Sebuah studi dari Loma Linda University di California menemukan, diet yang berbasis sayur-sayuran terkait dengan penurunan risiko kanker usus. Jadi, perbanyaklah makanan yang sehat dan bergizi seimbang seperti sayuran, buah, makanan berbahan whole-grain, ikan, dan kacang-kacangan.

Meski pantangan makanan kanker usus cukup banyak, mematuhinya dengan baik dan konsisten dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Penuhi juga kebutuhan cairan, yaitu 6-8 gelas per hari, serta berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0