in

6 Fakta dari Tubuh Anda yang Jarang Diketahui

Jakarta: Anda mungkin tidak begitu menyadarinya, tetapi sebenarnya ada banyak hal yang bisa dipelajari mengenai tubuh manusia. Banyak fakta-fakta yang mengejutkan mengenai tubuh manusia yang mungkin selama ini belum Anda ketahui.

Dan berikut adalah fakta-fakta mengenai tubuh manusia:

1. Hanya manusia yang memiliki dagu

Manusia adalah satu-satunya makhluk yang memiliki dagu. Meskipun Anda mungkin berpikir, setiap hewan juga memilikinya, tapi itu merupakan bagian bawah kepala.

Dagu adalah tulang yang sangat spesifik yang menjulur ke depan dari rahang bawah. Beberapa ahli mengusulkan bahwa gajah dan manate memiliki dagu, tetapi para ahli lainnya berpendapat bahwa dagu pada keduanya memiliki struktur yang sangat berbeda. Sehingga tidak bisa dibandingkan dengan manusia.

2. Manusia memilki tulang aneh yang disebut hyoid

Tulang khas yang dimiliki manusia adalah hyoid. Ini adalah satu tulang yang tidak menyatu dengan tulang lainnya.

Hyoid berada di antara rahang dan kotak suara. Berfungsi untuk menjaga semua otot mulut bagian bawah tetap pada tempatnya. Tulang ini juga membantu dalam menelan dan berbicara.

3. Kuku di jari tangan tumbuh lebih cepat dibandingkan di jari kaki

Kuku jari tangan tumbuh lebih cepat dibandingkan kuku di jari kaki Anda. Meskipun bervariasi pada setiap individu, pada umumnya kuku jari tangan tumbuh sekitar sepersepuluh milimeter setiap hari. Sedangkan kuku jari kaki Anda tumbuh sekitar setengahnya.

4. Kuku dan rambut manusia tidak akan tumbuh setelah mereka meninggal

Yang sebenarnya terjadi adalah kulit mengalami dehidrasi dan kemudian menyusut. Untuk itu, terkadang terlihat seperti kuku dan rambut seseorang yang sudah meninggal bertambah panjang. Padahal kenyataannya adalah kulit mereka yang semakin menyusut dan memendek.

5. Anda bisa mematahkan tulang rusuk ketika sedang bersin

Meskipun jarang terjadi, tulang rusuk dapat patah dengan bersin. Pada 1885, ada sebuah artikel di Journal of American Medical Association yang menyebutkan, ada seorang pria berusia 72 tahun yang mengalami patah tulang rusuk kedelapan saat bersin.

6. Merinding adalah sesuatu yang tidak memiliki tujuan

Merinding seringkali dikaitkan dengan pelepasan adrenaline dalam tubuh, seperti saat kita merasakan emosi yang sangat kuat. Pada zaman manusia purba, merinding dapat membuat seseorang terlihat lebih besar ketika mereka dalam bahaya. Akan tetapi, pada masa sekarang hal tersebut tidak memiliki tujuan apapun.

Sumber: 6 Fakta dari Tubuh Anda yang Jarang Diketahui | Medcom.id

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0