manfaat-obat-herbal-jahe-untuk-kesehatan
manfaat-obat-herbal-jahe-untuk-kesehatan
in

6 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Jahe merupakan tanaman herba yang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri sendi, hingga nyeri akibat terapi kanker. Namun jika ditinjau dari segi medis, setidaknya ada enam manfaat jahe yang baik bagi tubuh.

Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri. Senyawa tersebut juga diduga bisa bekerja baik di otak dan sistem saraf guna meredam rasa mual. Di samping itu, masih banyak manfaat jahe lainnya yang bisa kita dapatkan.

Jahe segar memiliki rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jahe bubuk, kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan juga masih banyak terdapat pada manfaat jahe segar. Untuk memanfaatkan jahe segar, Anda dapat mencampur jahe dengan masakan seperti masakan olahan seafood, topping salad, dan campuran smoothies atau jus Anda.

Namun jika memilih jahe dalam bentuk bubuk, pastikan Anda memilih bubuk jahe yang masih murni. Minuman bubuk jahe yang dijual di pasaran biasanya sudah mengandung tambahan gula. Simpan bubuk jahe dalam wadah tertutup rapat dan disimpan di tempat yang kering, gelap, serta tidak pengap atau panas.

Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh

Berikut enam kondisi yang diyakini dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe:

1. Meredakan Pusing

Melansir Live Strong, vertigo ringan pada umumnya juga bisa diobati dengan bahan-bahan alami seperti jahe. Khasiat jahe untuk kesehatan telah lama digunakan secara cara alami untuk mengatasi pusing, mual, dan tidak enak badan. Selain itu, ahli juga telah meneliti manfaat jahe berpotensi untuk mengurangi vertigo.

2. Mengurangi nyeri menstruasi

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang juga digunakan untuk meredakan kram perut saat menstruasi. Hal tersebut dikarenakan jahe dapat menghambat produksi prostaglandin.

Prostaglandin sendiri merupakan senyawa kimia yang dibutuhkan di dalam sistem reproduksi dan dapat memicu kontraksi. Kontraksi inilah yang kemudian menyebabkan rasa kram ketika seseorang menstruasi.

3. Mencegah morning sickness

Jahe dipercaya dapat meredakan morning sickness, baik dikonsumsi secara langsung maupun diseduh sebagai teh jahe. Namun, Bumil disarankan untuk mengonsumsi jahe tidak lebih dari 3 gram atau 3 sendok teh sehari, ya. Hal ini guna mencegah Bumil merasa nyeri dan perih di ulu hati.

4. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah kondisi nyeri sendi atau kekakuan sendi yang disebabkan oleh cedera, obesitas, dan penuaan sendi. Obat herbal radang sendi lainnya yang disebutkan Healthline adalah jahe. Jahe bisa dijadikan alternatif NSAIDs karena adanya kandungan inflammatory. Tak hanya mengatasi gejala radang sendi, jahe juga bisa digunakan untuk mencegah kerusakan tulang.

5. Mengurangi rasa mual dan muntah usai operasi

Agar rasa mual pasca operasi bisa pergi, maka kamu perlu membuat sistem pencernaan terasa lebih nyaman. Memberikan efek hangat pada perut bisa menjadi pilihan yang tepat karena sistem pencernaanmu bisa terasa nyaman dengan sendirinya. Agar perut terasa hangat, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi jahe.

Mengolah Jahe

Potong jahe menjadi beberapa bagian kemudian masukkan ke dalam air yang telah mendidih. Rebus selama beberapa saat kemudian minumlah air rebusan jahe tersebut selagi hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu agar campuran jahe tersebut memiliki rasa manis yang lebih lezat di lidah. Rasa hangat akan terasa mulai dari kerongkongan sampai lambung saat kamu mengonsumsi air jahe dan rasa mual pun perlahan bisa pergi dengan sendirinya.

6. Melindungi Anda dari kanker

Salah satu kandungan dalam manfaat jahe yang berperan dalam mencegah kanker adalah gingerol, phytonutrient dalam jahe yang juga memberikan rasa pada jahe yang unik. Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.

Peneliti yang sama kemudian menguji apakah selain mencegah pembentukan tumor, gingerol juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. Penelitian tersebut memberikan hasil positif. Gingerol dinilai mampu mencegah penyebaran dan bertambah parahnya sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi.

Dari segi medis, manfaat jahe memang belum ada yang benar-benar terbukti efektif. Ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi zat apa pun yang ditujukan untuk pengobatan, maupun sebagai pendamping pengobatan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0