person writing on white paper
Photo by bongkarn thanyakij on Pexels.com
in ,

9 Startup Terbesar di Asia Tenggara, 5 dari Indonesia

Katalogue.id Bisnis startup tumbuh pesat selama satu dekade ini. Indonesia pun disebut mencetak perusahaan rintisan ataustartupterbanyak.
 
Mengutip unggahan instagram Seasia.co, Sabtu, 5 September 2020, tercatat lima dari sembilanstartupterbesar di Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Limastartuptersebut memiliki valuasi yang beragam mulai dari USD2,5 miliar hingga USD10 miliar.
 
Adapun perusahaan yang memiliki valuasi di atas USD1 miliar disebutunicorndan perusahaan yang memiliki valuasi diatas USD10 miliardecacorn.

person writing on white paper
Startup Photo by bongkarn thanyakij on Pexels.com

Berikut daftar sembilan startup terbesar se-Asia Tenggara 2020:
 
1. Grab
 
Grab merupakan platform layananon demandyang bermarkas di Singapura. Grab didirikan pada 2012 oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling. Berawal dari layanan transportasi, Grab saat ini mempunyai layanan lainnya seperti pengantaran makanan dan pembayaran yang diakses lewat aplikasimobile. Grab tercatat memiliki valuasi perusahaan sebesar USD13,3 miliar sehingga menjadidecacornpertama di Asia Tenggara.
 
2. Gojek
 
Gojek merupakan perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Gojek didirikan pada 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.
 
Selain itu, menyediakan jasa transportasi ojek, Gojek juga mempunyai layanan lainnya serta pembayaran digital bernama Gopay. Tak hanya beroperasi di Indonesia, Gojek tersedia di Thailand, Vietnam, dan Singapura. Valuasi Gojek kini mencapai USD10 miliar dan menjadi perusahaan dengan valuasi terbesar se Indonesia.
 
3. Tokopedia
 
Tokopedia menempati posisi ketiga sebagai perusahaan rintisan yang memiliki valuasi terbesar yakni USD7 miliar.
 
Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau toko daring dari Indonesia yang didirikan pada 2009 lalu. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Saat ini, Tokopedia termasukmarketplaceyang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.
 
4. HyalRoute
 
HyalRoute adalah penyedia jaringan komunikasi fiber di negara berkembang Asia. Mengutip laman resminya, Hyalroute merancang, membangun, dan mengoperasikan platform jaringan serat kepada pelanggan-pelanggannya. Saat ini valuasi perusahaan mencapai USD3,5 miliar.
 
5. Traveloka
 
Traveloka merupakan perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalan domestik di Indonesia. Saat ini Traveloka menempati posisi keempat sebagai perusahaan rintisan yang memiliki valuasi perusahaan terbesar yakni USD3 miliar.
 
Traveloka didirikan pada 2012 lalu oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Traveloka terus mengembangkan bisnisnya dan sejak 2015 perusahaan mulai berekspansi ke sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

6. OVO
 
OVO atau PT Visionet Internasional merupakan layanan keuangan digital asal Indonesia yang mempermudah pengguna untuk bertransaksi dimerchant.Jumlah valuasi perusahaan saat ini sebesar USD2,9 miliar.
 
7. Bukalapak
 
Bukalapak merupakan platform belanja online asli Indonesia yang didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada 2010. Bukalapak menjadi media yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk merambah ke dunia maya.
 
Pada 2017 Bukalapak menjadi salah satu startup unicorn asal tanah air. Kemudian dengan perkembangan bisnis valuasi Bukalapak terus bertambah sehingga saat ini menjadi USD2,5 miliar. Berfokus pada UMKM, Bukalapak telah memiliki lebih dari 4,5 juta pedagangonline, 70 juta pengguna aktif bulanan, 1,9 juta mitra warung, dan rata-rata dua juta transaksi per hari pada 2019.
 
8. Trax
 
Trax adalah perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Singapura dan memiliki kantor cabang di seluruh Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.
 
Trax didirikan pada 2010 oleh Joel Bar-El dan Dror Feldheim. Trax memiliki lebih dari 150 pelanggan di industri retail dan FMCG, termasuk raksasa minuman Coca-Cola dan pembuat bir Anheuser-Busch InBev. Saat ini valuasi trax mencapai USD1,3 miliar. Trax menjadi menempati urutan kedelapan sebagai unicorn di Asia Tenggara.
 
9. Revolution Precrafted
 
Revolution Precrafted merupakan perusahaan unicorn di bidangreal estateasal Filipina. Revolution Precrafted didirikan oleh Jose Roberto “Robbie” Antonio. Revolution Precrafted menjadi unicorn pada 2017 lalu. Saat ini valuasi perusahaan mencapai USD1 miliar.

Sumber: 9 Startup Terbesar di Asia Tenggara, 5 dari Indonesia | Medcom.id

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0