Honda PCX 160
in

All New PCX 160, Mesin Berubah Galak dari Bawah ke Atas

Status Honda PCX yang selalu dekat dengan sebuah maxy scooter yang elegan, sekarang mulai berekspansi ke arah gaya dan sporty. Hal itu tidak terlepas dari segala hal baru yang disematkan brand dengan logo sayap mengepak itu ke generasi terbaru motor ini yaitu All New PCX 160.

Namanya ‘All New’, biasanya perubahan yang disematkan memang cukup signifikan dan menyeluruh. Meluncur secara resmi akhir pekan lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) pun memberikan pengalaman secara privat kepada beberapa jurnalis tanah air. Tentu untuk merasakan secara nyata perubahan yang mereka sematkan di motor tersebut.

Lalu apa saja perubahan besar atau keci di motor tersebut? Yuk kita kupas satu per satu.

Mesin jadi Galak di Tiap Putaran

Salah satu perubahan besar yang terdapat di motor ini adalah mesin yang disematkan benar-benar memiliki konfigurasi baru. Kapasitas mesin yang lebih besar jadi 160 cc, kini punya 4 katup. Dua katup untuk hisap untuk mencampur udara dan bahan bakar dan dua katup buang untuk membuang pembakaran.

Mesin Honda All New PCX 160

Dari sisi teknis, dengan menambah katup hisap maupun katup buang, tentu akan membuat pembakaran lebih optimal sementara gas buang akan lebih baik. Di sisi piston pun makin gambot alias makin lebar. Diameternya jadi 60,0 mm dibanding versi sebelumnya yang memiliki 57,3 mm. Sedangkan panjang stroke 55,5 mm dengan tujuan mengurangi gesekan di area blok silinder.

Teknologi sistem mekanisnya tak berhenti di situ, lantaran di bagian bagian bawah kepala piston, terdapat pipa untuk menyemprot pelumas yang dinamai dengan piston oil jets. Tujuannya agar tidak mengalami gejala knocking, karena kepanasan yang biasanya mengakibatkan ledakan api lebih dulu. Kemudian di bagian crankshaft kini menggunakan teknologi bearing berbentuk silinder. Tak lagi menggunakan bearing berbentuk bulat, sehingga eeknya lebih rigid dan mengurangi suara berisik.

Dengan konfigurasi ini, secara otomatis kompresinya pun meningkat jadi dari sebelumnya 10,2:1 menjadi 12:1. Tentu angka ini lebih dari cukup untuk memastikan bahwa motor tersebut kini lebih galak. Karakternya pun sangat terasa saat kami mencobanya langsung. Meski dalam kondisi trek basah, karakter agresif dan galaknya sangat terasa. Jika dibandingkan dengan versi 150, perbandingannya cukup jomplang, terutama di putaran bawah dan tengah.

Memang perubahan yang terdapat di bagian CVT tak sebesar yang dilakukan di sektor jantung pacunya lantaran hanya mengubah konfigurasi mangkok CVT. Namun pihak PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim bahwa kini motor itu takkan mengalami gejala gredeg lagi. Ketika isu ini hilang dan tenaga lebih unggul dari seteru utamanya yaitu All New Nmax 155, maka ini bakal jadi senjata utama agar PCX 160 jadi maxy scooter pilihan.


Penyematan Fitur Kontrol Traksi

Motor dengan tenaga yang besar, tentu rentan mengalami selip di ban belakang. Terlebih jika yang menggunakan motor tersebut memang belum lihai dengan tenaga motor yang agresif. Namun ini semua diakali dengan cara menempelkan teknologi kontrol traksi yang mereka namakan dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Tujuannya untuk mengendalikan torsi dari mesin agar motor tetap stabil dikendarai dalam segala kondisi.

Bagaimana cara kerjanya? Tentu tak berbeda jauh dengan sistem kontrol traksi yang terdapat di kendaraan lainnya. Yaitu mengurangi tenaga yang sampai ke roda penggerak, agar roda tetap mendapat traksi cukup dan tidak selip. Saat kami membuktikannya di trek licin dan basah, kontrol traksi ini bekerja dengan sangat baik. Bahkan ketika sistem ini di non-aktifkan. Mungkin terbantu dengan penampang ban yang juga kian lebar, sehingga permukaan ban yang menyentuh jalanan lebih besar.

Speedometer Honda All New PCX 160

Fitur lain yang juga sangat berguna adalah speedometer-nya kini lebih tampil klimis full LED. Terdapat beberapa informasi yang bisa diakses pengendara, termasuk pengaturan sistem kontrol traksinya. Konfigurasi lampu dengan yang lebih segar, juga menjadi bagian yang tak kalah membuat motor tampilan motor ini benar-benar baru.

Demikian juga dengan lekuk desain yang lebih terlihat sporty. Sehingga saat motor ini didekati, desainnya tak lagi ke arah full elegan. Namun kini lebih sporty. Apalagi penyematan power socket USB, membuat pengendara tinggal membawa kabel tanpa harus repot mencari colokan lighter.

Tak kalah seru adalah lekukan bagasi penyimpanan juga dikurangi dan kapasitasnya menjadi 30 liter. Dengan bagasi yang kini lebih luas tersebut, Anda tentu bisa membawa barang lebih banyak di dalamnya, tanpa repot menggendong tas bawaan.

Spesifikasi Utama dari Honda PCX160

Harga OTR(Jakarta Selatan)Rp 30,35 Juta*
Pilihan AngsuranRp 692.479
Rem DepanDisc
Kapasitas156.9 cc
Tenaga Maksimal15.8 hp
KategoriScooter
Spesifikasi Honda PCX160
Ban dan Pelek
Ukuran velg depanR14
Jenis BanRadial, Tubeless
Ban depan110/70 R14
Ukuran velg belakangR13
Ban belakang130/70 R13
Sasis dan Suspensi
Suspensi DepanTelescopic
Suspensi BelakangDual Rear Suspensiton
Mesin dan Performa
Kapasitas156.9 cc
Tenaga Maksimal15.8 hp
Jenis PenggerakBelt Drive
Diameter x langkah60 mm x 55.5 mm
Pipa KnalpotSingle Exhaust
Rasio Kompresi12:01
Jumlah silinder1
Jenis MesinSingle Cylinder, 4 Valves, 4-Stroke, Liquid Cooled Engine
Katup Per Silinder4
Jenis KoplingAutomatic, Centrifugal, Dry Type
Torsi Maksimal14.7 Nm
Sistem PendinginanPendingin Cairan
Jumlah langkah4-Stroke
RPM Tenaga Maksimum8500 rpm
RPM torsi maksimum6500 rpm
Dimensi
KategoriMotor Skuter
Tinggi1108 mm
Kapasitas Tempat Duduk2 Kursi
Panjang1936 mm
Wheelbase1313 mm
Ground Clearance135 mm
Bobot131 kg
Ketinggian Jok764 mm
Kapasitas Tangki Oli0.8 L
Lebar742 mm
Bahan bakar dan pembakaran
Sistem pembakaranTransistor penuh
Opsi startListrik
Jenis Bahan BakarBensin
Sistem bahan bakarPGM-FI
Gigi dan Transmisi
Jenis TransmisiCVT
Gear BoxVariable Kecepatan

Sumber: All New PCX 160, Mesin Berubah Galak dari Bawah ke Atas

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0