in

Apakah Kunyit Mampu Menurunkan Kolesterol?

Katalogue.id – Kunyit adalah salah bahan makanan yang dianggap bisa menurunkan kolesterol. Apakah ini benar?
 
Dikutip dari Very Well Health, penelitian tentang kunyit dan kolesterol sudah dilakukan, Namun sayangnya sebagian besar penelitian ini hanya melibatkan hewan.
 
Dari penelitian tersebut, terlihat bahwa kunyit memengaruhi kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida. Satu penelitian yang dilakukan pada kelinci yang diberi makanan tinggi lemak menunjukkan bahwa, kunyit ternyata menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida, serta mencegah LDL teroksidasi.

LDL teroksidasi telah terbukti berkontribusi pada pembentukan aterosklerosis. Efek penurun kolesterol dari kunyit tetap konsisten dalam penelitian ini.

Meskipun informasi ini tampak menjanjikan, ada satu halangan yang perlu diketahui yaitu hampir tidak ada penelitian yang melihat kemampuan kunyit untuk menurunkan kadar kolesterol pada manusia. Dosis dan fungsi kunyit pada manusia dalam menurunkan kolesterol dan trigliserida masih dalam penelitian.  

Beberapa penelitian kecil yang telah meneliti efek penurun lipid dari kunyit atau bahan aktifnya, kurkumin, menemukan kesimpulan. Tercatat bahwa, meskipun ada sedikit penurunan kadar kolesterol total dan LDL, ini bukanlah penurunan yang signifikan. Dalam penelitian ini, orang mengonsumsi antara 60 mg dan 1 gram kurkumin hingga enam bulan.

Ada kegunaan populer lainnya untuk kunyit yang belum didukung oleh penelitian ilmiah. Ini termasuk pengobatan:
-Batu ginjal
-Gas perut dan usus
-Penyakit Alzheimer
-Peradangan mata
-Operasi bypass
-Penyakit Crohn
-Diabetes
-Sindrom iritasi usus
-Nyeri sendi
-Psoriasis
-Artritis reumatoid

Sumber: Apakah Kunyit Mampu Menurunkan Kolesterol? | Medcom.id

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

What do you think?

Written by admin