Baca Doa Ketika Akan Keluar Rumah, Yuk Biasakan!
Photo by PhotoMIX Company on Pexels.com
in

Baca Doa Ketika Akan Keluar Rumah, Yuk Biasakan!

Pelajari Doa dan Adab Saat Akan Keluar Rumah

Katalogue.id- Baca doa ketika akan keluar rumah dan pelajari adabnya. Setiap harinya Anda dipastikan selalu mempunyai segala urusan yang mengharuskan keluar dari rumah. Seperti misalnya bekerja, sekolah atau urusan yang lainnya.

Ketika Anda akan meninggalkan rumah, Anda bisa melihat banyak bahaya diluar sana. Seperti Anda bisa menghadapi kecelakaan, menjadi korban pencurian misalnya kejahatan, dll. Akan tetapi jika Anda menaruh kepercayaan kepada Allah SWT dengan berdoa maka akan selalu dalam Lindungan NYA.

Rutin berdoa atau berdzikir setiap hendak keluar rumah, sangat diutamakan. Setan pun akan menyingkir, sementara setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?”

Doa Ketika Keluar Rumah

Baca doa ketika akan keluar rumah dan pelajari adabnya, doa adalah pintu amal kita. Bahkan untuk keluar rumah juga ada doa dan adabnya. Tujuannya agar kita senantiasa selamat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ketika akan keluar rumah.

Bacaan Arab Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bacaan Latin Doa Keluar Rumah

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallahi, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Arti Doa Keluar Rumah

“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Keutamaan Doa Saat Keluar Rumah

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa ini,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’

Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya,

’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426, dan dishahihkan al-Albani)

  • Akan diberi rejeki

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah”. (Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya, maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga.” 

  • Setan tidak akan mengganggu

Sebuah hadits sahih menyebutkan, saat ada Setan yang berniat mengganggu manusia, maka Setan lain mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

  • Diberi kecukupan keperluannya

Lihatlah ayat ini, “Dan, barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya.” (QS ath-Thalaaq: 3)

Adab Saat Akan Keluar Rumah

Baca Doa Ketika Akan Keluar Rumah, Yuk Biasakan!
Baca Doa Ketika Akan Keluar Rumah, Yuk Biasakan! Photo by Charlotte May on Pexels.com

Baca doa ketika akan keluar rumah dan pelajari adabnya. Seperti dikutip oleh sumsel.tribunnews.com berikut beberapa Adab disaat akan keluar rumah:

  • Lakukanlah sholat dua rakaat sebelum keluar rumah

Hal ini berdasarkan kata-kata nabi:

“Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sunannya.

  • Mengangkat pandangan ke langit ketika membaca doa keluar rumah

Selain menbaca doa, nabi juga menganjurkan jika akan keluar rumah terlebih dahulu memnadang ke langit dan membaca doa berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

  • Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu

Setelah selesai membaca doa keluar rumah sesuai sunnah Rasulullah saw, dianjurkan dengan mendahulukan kaki kanan. Karena kaki kanan untuk melakukan segala urusan yang baik termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

  • Mengucapkan salam kepada keluarganya ketika hendak keluar dari rumah.

Ketika mengucapkan salam, Anda juga akan mendapatkan doa dari sanak keluarga Anda agar selalu dalam keadaan aman saat berada di jalan.

  • Kuasai Keadaan Emosional Anda

Ketika keluar dari rumah tidak dalam keadaan marah, tetapi hendaknya dalam keadaan ridha (senang).

  • Selalu Diberikan Pekerjaan yang Halal

Tidak ada lain bagi kaum beriman kecuali harus mengkaji pandangan Islam tentang etos kerja. Meski makhluk hidup di bumi sudah mendapat jaminan rezeki dari Allah, namun kemalasan tidak punya tempat dalam Islam.

Fatalisme atau paham nasib tidak dikenal dalam Islam. Firman Allah, “…maka carilah rezeki di sisi Allah, kemudian beribadah dan bersyukurlah kepada Allah. Hanya kepada Allah kamu akan dikembalikan” (Qs Al-Ankabut: 17).

Selalu Berhati-hatilah Ketika Berada Di Jalan

-kataloghikmah-





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0