Baca Doa Setelah Selesai Makan dan Ketahui Maknanya
Photo by Artem Beliaikin on Pexels.com
in

Baca Doa Setelah Selesai Makan dan Ketahui Maknanya

Pelajari Doa dan Makna Setelah Selesai Makan

Katalogue.id- Baca doa setelah selesai makan, perlu Anda ketahui juga maknanya. Apabila dari awal Anda merasakan makanan kurang nikmat di lidah, maka pada makanan tersebut tidak akan terasa enak. Padahal makanan yang Anda makan tersebut termasuk dalam kategori makanan yang lezat.

Akan tetapi, apabila Anda berpikir makanan tersebut adalah nikmat dan lezat, maka yang akan Anda rasakan begitu luar biasa menikmati pemberian rezeki dari Allah SWT. Dalam hal lain Anda akan berpikir sesederhana itu menikmati makanan tersebut.

Pada hakikatnya, semua tergantung bagaimana caranya untuk mengelola pikiran Anda disaat sedang makan. Dalam Islam dikatakan, bacalah doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu hal, agar supaya Anda bisa mengetahui rasa syukur. Sebagai contoh baca doa setelah selesai makan, dikarenakan membaca doa setelah makan merupakan wujud rasa syukur terhadap makanan dan keberkahan yang Allah SWT berikan.

Doa Seteleh Selesai Makan

Sebagai kebutuhan pokok bagi manusia, seperti manusia butuh untuk tidur dan manusia juga butuh makan. Karena makan adalah untuk menjaga dayan tahan tubuh kita agar asupan gizi tetap tercukupi. Apabila Anda telah selesai menikmati makanan yang lezat dari makanan tersebut, hendaklah berdoa kepada Allah SWT. Seperti dikutip oleh wisatanabawi.com Yuk, ketahui doanya.

Bacaan Arab Doa Setelah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Setelah Makan

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

Arti Doa Setelah Makan

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

Makna Doa Setelah Makan

Baca Doa Setelah Selesai Makan dan Ketahui Maknanya
Baca Doa Setelah Selesai Makan dan Ketahui Maknanya. Photo by Gabby K on Pexels.com

Dari bacaan “Alhamdu lillahhil-ladzi”

Dari kalimat “Alhamdu lillahhil-ladzi” (اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ) yang artinya ucapan pujian kepada Allah. Bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, karena semua hidangan dan proses makan bisa terjadi atas kuasa dan ijin Allah.

Dari bacaan ”Ath-amanaa wa saqaana”

Dari kalimat “Ath-amanaa wa saqaana” (اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا). Kata ath’amana adalah bentuk fi’il madhi yang memiliki faedah ta’diyah, yang berarti, “Dia yang telah memberi makan makanan ini kepadaku,” Dia adalah Allah yang sebagai subyek dan sebagai pemberiannya.

Dari bacaan “waja’alanaa minal muslimiin”

Dari kalimat “waja’alanaa minal muslimiin” (مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ) yang berarti serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.

Makna dari kalimat ini adalah rasa syukur atas di masukkannya kedalam ornag muslim. Dengan menjadi orang muslim berarti menjadi umat yang di ridhai oleh Allah.

Keutamaan Doa Sesudah Makan

Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh Rodhiyallahu’anhu mengatakan bahwa Rasulluah SAW ketika hendak minum, beliau akan melakukan nafas yang berbeda. Jika gelas minumnya didekatkan dibibirnya, maka beliau akan mengucapkan nama Allah SWT. Setelah itu selesai, beliau juga bertahmid dengan memuji Allah SWT.

Kesehatan Tubuh Terjaga

Bahwa sebaik-baiknya makanan dan minuman adalah yang sudah dibacakan dengan doa. Dampak dari makanan dan minuman yang sudah dibacakan doa juga dapat mempengaruhi perilaku seseorang agar menjadi lebih baik dan menikmati rasa syukur.

Selain itu, dapat meningkatkan kesehatan manusia karena makanan tersebut akan mengalami perubahan molekul secara signifikan. Susunan molekul itulah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Bertambahanya Keberkahan

Sudah sangat jelas, bahwa makanan dan minuman yang Anda bacakan dengan doa akan menambah keberkahan kepada Anda karena doa merupakan wujud syukur kepada Allah SWT.

Sehingga dengan Anda bersyukur, maka nikmat yang Anda terima akan ditambah berlipat ganda oleh Allah SWT, serta keberkahan akan menyertai kita.

Selalu Ucapkan Rasa Syukur. Bersyukur atas apa?

  • Bersyukur makanan yang ada adalah dari Allah.

Bila Anda dihadapkan pada makanan yang saat ini berada di depan meja makan Anda, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya makanan itu sumbernya dari Allah. Sebab, jika makanan itu kita telusuri sumbernya dari awal hingga akhir, maka ujungnya pasti akan sampai pada Allah.

Allah adalah Dzat yang menciptakan, yang memberi, dan yang mengirimkan makanan untuk makhuk-makhuk-Nya di bumi.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Huud ayat 6:

وَ مَا مِنۡ دَآبَّۃٍ فِی الۡاَرۡضِ اِلَّا عَلَی اللّٰہِ رِزۡقُہَا

Artinya:

“Dan, tidak ada suatu binatang melata pun di bumi, melainkan Allah yang memberi rezekinya.” (QS. Huud ayat 6).

  • Bersyukur makanan bisa sampai ke hadapan Anda juga karena kuasa Allah.

Makanan tersebut bisa sampai ke hadapan Anda, itu juga karena kuasa dan kehendak-Nya. Jika Allah mau, mudah saja bagi-Nya untuk mendatangkannya tanpa adanya sebab yang Anda duga.

Jika Allah mau, mudah pula bagi-Nya menahan makanan itu sehingga tidak hadir ke hadapan Anda. Tidak sedikit orang di luar sana yang menderita kekurangan makanan dan kelaparan.

  • Bersyukur karena diberi keinginan makan.
  • Bersyukur karena tidak sakit gigi atau sariawan sehingga bisa mengunyah makanan.
  • Bersyukur karena masih mampu membeli makanan.
  • Bersyukur karena masih bisa memasak.
  • Bersyukur karena masih boleh makan ini dan itu, tidak pantangan khusus selain yang haram.
  • Bersyukur atas segala nikmat yang diberikan kepada kita.

Semoga Anda senantiasa mengamalkan doa setelah makan ini setelah Anda makan. Dengan begitu Anda akan mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada Anda, Aamin.

-kataloghikmah-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0