Bacalah Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat, Ketahui Manfaatnya
Photo by Michael Burrows on Pexels.com
in

Bacalah Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat, Ketahui Manfaatnya

Katalogue.id- Bacalah doa kebaikan dunia dan akhirat serta ketahui manfaatnya bagi kehidupan. Setiap umat Islam tentu saja ingin sukses dunia dan akhirat. Maka dari itu, Nabi Muhammad SAW telah memberikan kemudahan dengan cara mengajarkan kepada umat Islam doa dunia akhirat, diutamakan kebaikan.

Doa tersebut biasanya dibaca oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Ali bin Abi Thalib dan biasa disebut dengan doa sapu jagat. Dikutip oleh umma.id disebut dengan doa sapu jagat dikarenakan dari khasiat doa tersebut. Melingkupi seluruh keinginan kita agar menjadi sukses baik dalam hal dunia maupun akhirat.

Lafal Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

Bacalah doa kebaikan dunia dan akhirat serta ketahui manfaatnya bagi kehidupan. Semua umat muslim pasti menginginkan agar dirinya diberi keselamatan dari kejahatan atau keburukan selama di dunia dan akhirat. Untuk memperoleh keberkahan tersebut, setiap umat Islam harus mengikuti setiap tuntunan dan larangan agama. Berikut bacaan Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat:

Bacaan Arab Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Latin Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

“Rabbanaa Aatinaa Fid Dun-Ya Hasanah, Wafil-Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaaban Naar”

Arti Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Al Baqarah: 201)

Manfaat Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

Bacalah Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat, Ketahui Manfaatnya
Bacalah Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat, Ketahui Manfaatnya. Photo by Michael Burrows on Pexels.com

Pada dasarnya keselamatan setiap orang itu sesuai dengan apa yang diperbuatnya, dan tentunya sesuai takdir yang ditetapkan Allah. Akan tetapi Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang menggantungkan segala sesuatu pada-Nya. Dengan memanjatkan doa kita telah melakukan salah satu wujud dari bergantung kepada Allah.

Do’a adalah ibadah dan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah. Rasulullahbersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

Do’a adalah ibadah.” (HR. Abu Daud)

Bagi umat muslim, doa selamat dunia akhirat merupakan salah satu dari bermacam-macam doa yang dianjurkan untuk dibaca agar terhindar dari keburukan baik di dunia maupun di akhirat. Dan barang siapa yang membaca doa keselamatan dunia akhirat dan menghayatinya, niscaya mampu terlindung dari terjerumus ke jalan yang buruk.

Sehingga ketika akan melakukan sesuatu yang buruk, niscaya akan Allah gerakkan hatinya untuk membatalkan niat buruk tersebut atau dihindarkan dengan segala cara. Sehingga kehidupan di dunia kita mendapat berkah dan mendapat tempat yang baik di akhirat kelak. Wallahu a’lam bish shawab.

Tujuan Membaca Doa Dunia dan Akhirat

  • Mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat.
  • Terhindar dari segala bencan atau malapetaka.
  • Terhindar dari tipu daya orang kafir.
  • Selamat dari orang dzalim.
  • Selamat dari penguasa dzalim.
  • Dijauhkan dari siksa api neraka.

Waktu yang Tepat Untuk Membaca Doa Dunia dan Akhirat

Pada dasarnya doa ini boleh dibaca kapan saja khususnya pada saat-saat yang mustajab, seperti di sepertiga malam terakhir, di antara adzan dan iqamah, di sore hari Jum’at, dan lainnya. Namun, ada beberapa kondisi khusus yang dianjurkan untuk membacanya, di antaranya:

  • Doa ketika berada di antara rukun Yamani dan Hajar Aswad ketika Thawwaf. (HR. Abu Dawud, Ahmad, al Baghawi dalam Syarh as Sunnah dari Abdullah bin as Saaib).
  • Diperbolehkan dibaca setelah membaca tasyahhud kedua berdasarkan keumuman hadits, dalam Shahihain dan lainnya, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “kemudian silahkan dia berdoa yang dia suka.” Juga berdasarkan riwayat Umair bin Sa’d yang menyatakan bahwa Abdullah bin Mas’ud mengajari kami bacaan tasyahhud dalam shalat kemudian berkata, “jika salah seorang kamu selesai baca tasyahhud hendaknya dia berdoa . . .  (salah satunya doa di atas).” (Fath al Baari: 2/239)

Kajian yang Bisa Diambil Dari Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Jangan Memohon Hanya Kebaikan Saja

Jangan-lah berdoa kepada Allah hanya kebaikan dunia saja, khususnya ketika di tempat-tempat dan waktu-waktu yang mustajab. Doa dalam Al Baqarah: 201 adalah pujian dari Allah bagi orang-orang beriman dan celaan atas orang-orang musyrik.

Orang-orang beriman meminta kebaikan di dunia dan akhirat. Sedangkan orang-orang musyrikin doanya hanya sebatas kebaikan dunia semata, mereka lupa terhadap akhirat.

Jangan Hanya Meminta Kebaikan Akhirat Saja

Tidak boleh juga meminta hanya kebaikan di akhirat dan melupakan kehidupan dunianya. Dari sahabat Anas, pernah pada suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjenguk salah seorang shabatnya yang dalam kondisi sangat lemah dan kurus.

Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya padanya, “apakah kamu telah berdoa dan meminta sesuatu kepada Allah?” dia menjawab, Ya Rasulullah aku telah berdoa, “Ya Allah jika aku kelak akan disiksa di akhirat, maka segerakanlah di dunia ini.” lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata padanya, “Subhanallah, engkau tidak akan kuat terhadap siksa Allah. jangan begitu, tapi berdoalah:

اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (HR. al Baghawi dalam Syarh as Sunnah dan Ahmad dalam al Musnad)

Semoga upaya kita untuk tetap berada di jalan yang lurus dimudahkan oleh Allah SWT

-KATALOGHIKMAH-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0