Bacalah Doa Saat Bercermin, Ada Adab yang Harus Dipahami
Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels
in

Bacalah Doa Saat Bercermin, Ada Adab yang Harus Dipahami

Doa dan Adab Ketika Bercermin

Katalogue.id- Bacalah doa saat bercermin dan ada adab yang harus dipahami. Bercermin memang sudah menjadikan kebiasaan setiap hari, disaat Anda akan melakukan aktifitas. Mungkin diawali dari bangun tidur, saat akan berangkat bekerja bahkan saat berada di kamar mandi dan kegiatan lainnya.

Dalam Islam, bercermin merujuk pada kegiatan berhias ataupun berdandan. Oleh karena itu, yang dimaksud dengan bercermin adalah melihat diri sendiri dalam cermin. Dalam bercermin Anda akan mengetahui apakah ada kekurangan dalam berpenampilan sehingga kita akan berusaha untuk merapikanya. Bercermin tidaklah dilarang dalam Islam namun perlu memerhatikan beberapa adab agar terhindar dari bisikan setan.

Adab Bercermin

Bacalah doa saat bercermin dan ada adab yang harus dipahami. Membiasakan berdoa sebelum benar-benar menghadap cermin adalah untuk menambah rasa syukur Anda terhadap pemberian Allah SWT. Seperti yang ditulis sarungatlas.co.id Yuk, pahami adabnya:

Mengucapakan Rasa Syukur

Mensyukuri apa yang kita miliki, dengan becermin Anda bisa melihat diri Anda sendiri dan melihat bahwa Allah SWT telah menciptakan Anda dalam kondisi yang terbaik. Allah SWT berfirman dalam surat At Tiin ayat 4 yang berbunyi,

“Laqad khalaqnal-insāna fī aḥsani taqwīm”

“Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At-Tiin : 4).

Yang dimaksud dengan “manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” menurut Tafsir Al Qur’an Hidayatul Insan adalah kondisi fisik manusia yang sempurna dan seimbang dan sesuai dengan letak anggota badan. Dengan kondisi manusia yang sebaik-baiknya hendaknya menggugah rasa syukur kita kepada Allah atas apa yang diberikan.

Hilangkan Rasa Berlebihan

Ketika di depan cermin atau Anda sedang bercermin selayakanya lakukan secara sewajarnya dan tidak berlebihan. Yang dimaksud adalah, kegiatan bercermin memang hampir bisa dilakukan setiap detik karena khawatir riasan atau dandanan menjadi berantakan dan lain-lain. Hal tersebut seharusnya dihindari supaya orang yang berada di sekitar Anda tidak merasa risih ataupun terganggu dengan kegiatan bercermin Anda.

Jangan Berlama-lama

Bercermin yang terlalu lama bisa membuat menjadi lupa untuk bersyukur atas apa yang telah Allah SWT berikan kepada Anda. Perasaan tertekan dan cemas yang berlebihan akan timbul karena Anda memikirkan segala kekurangan yang ada pada diri Anda.

Hindari Kesombongan

Kesombongan dalam Islam sangatlah dilarang dan merupakan sifat yang dibenci Allah. Dalam QS. Luqman ayat 18 Allah berfirman,

Wa lā tuṣa”ir khaddaka lin-nāsi wa lā tamsyi fil-arḍi maraḥā, innallāha lā yuḥibbu kulla mukhtālin fakhụr

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan sombong. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman : 18)

Apabila Allah SWT memberikan Anda kondisi fisik yang sempurna dan seimbang sepatutnya hilangkan perasaan sombong dan membanggakan diri sendiri seolah-olah kita lah yang paling cantik atau ganteng.

Bacalah Doa Saat Bercermin, Ada Adab yang Harus Dipahami
Bacalah Doa Saat Bercermin, Ada Adab yang Harus Dipahami. Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Ditetapkan Kerendahan Hatinya

Keutamaan rendah hati dalam Islam atau tawadhu dalam Islam dapat menghindarkan kita berbuat sewenang-wenang terhadap orang lain seperti merundung orang lain dan lain sebagainya.

Dari Iyadh bin Himar radhiallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sungguh, Allah mewahyukan kepadaku agar kalian tawadhu’ (rendah hati), sampai seseorang tidak membanggakan diri kepada orang lain dan seseorang tidak sewenang-wenang kepada orang lain.” (HR. Muslim)

Memiliki Rasa Sabar

Dikarenakan terjadi sesuatu hal kondisi fisik yang kita miliki menjadi tidak lagi sempurna seperti dulu. Dan ketika dihadapkan pada kekurangan atau ketidaksempurnaan fisik hal terbaik yang dapat dilakukan adalah bersikap sabar.

Dari Shuhaib bin Sinan radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sungguh menakjubkan keadaan orang mukmin, karena semua urusannya adalah baik. Jika ia mendapatkan kesenangan lalu ia bersyukur, maka yang demikian itu lebih baik baginya. Dan ketika ia tertimpa kesusahan lalu ia bersabar, maka yang demikian itu lebih baik baginya.” (HR. Muslim)

Dari keutamaan sikap sabar dalam Islam ketika bercermin adalah dapat mengambil hikmah dari apa yang telah diberikan dari Allah SWT.

Berdoa

Mengawali suatu kegiatan dan mengawalinya dengan doa merupakan salah satu ajaran dalam Islam, salah satunya kegiatan bercermin. Salah satu doa bercermin yang dimaksud adalah doa yang bersumber dari hadits berikut.

“Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pula-lah akhlakku.” (HR. Ahmad)

Doa Bercermin, Artinya dan Manfaatnya

Berdoalah saat bercermin, bercermin sebagai salah satu kegiatan yang bisa digunakan untuk introspeksi diri. Bercermin juga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan kaum adam maupun kaum hawa, akan tetapi kaum hawa lebih sering bercermin dibandingkan kaum adam, mungkin sehari bisa 3x atau lebih. Yuk, Pelajari doanya

Bacalah Doa Saat Bercermin, Ada Adab yang Harus Dipahami
Doa Bercermin, Artinya dan Manfaatnya. Photo by Gabby K on Pexels.com

Doa Bercermin

Bacaan Arab Doa Bercermin

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Bacaan Latin Doa Bercermin

“Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii”.

Arti Doa Bercermin

“Ya allah, sebagaiman Engkau telah membaguskan penciptaanku, maka baguskanlah pula akhlakku”, (HR.Bazzar).

Bagi orang yang kurang mampu untuk mensyukuri dan mengartikan kebesaran Allah SWT dari apa yang mereka lihat di cermin, maka mereka akan menjadi seseorang yang sombong terhadap nikmat yang Allah SWT berikan.

Akan tetapi jika mereka mampu untuk mensyukurinya, maka mereka akan menjadi seseorang yang beruntung. Semoga dengan membaca doa ketika melakukan kegiatan bercermin membuat penampilan Anda sesuai dengan apa yang diinginkan serta selalu dalam lindungan-Nya.

Dan Janganlah Bercermin Hanya Untuk Melihat Saja Tetapi Lihatlah Apa Yang Telah Diperbuat Selama ini

-kataloghikmah-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0