Biasakan Baca Doa Sebelum Makan dan Pahami Adabnya
in

Biasakan Baca Doa Sebelum Makan dan Pahami Adabnya

Doa Sebelum Makan dan Adabnya

Katalogue.id- Biasakan baca doa sebelum makan dan pahami adabnya. Makan merupakan bagian penting dari hidup Anda. Kita membutuhkan nutrisi yang cukup untuk hidup dan untuk perkembangan dan pertumbuhan kita. 

Allah SWT telah memerintahkan untuk hanya makan makanan yang dianggap halal atau halal. Diberitahukan pada Alquran bahwa:

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ إِن كُنتُمْ إِديَّابُ تَعب

“Maka makanlah apa yang Allah sediakan bagimu (yang) halal dan baik. Dan bersyukur atas nikmat Allah, jika (memang) Dia yang kamu sembah. “

(Surah An-Nahl, 16: 114)

Dengan kata lain, ini membawa manfaat bagi kesejahteraan orang tersebut, secara fisik dan mental. Beberapa makanan mungkin dianggap Halal, tetapi tanpa pertimbangan yang matang, mengkonsumsinya secara berlebihan juga dapat membahayakan orang tersebut.

Adab Makan Menurut Islam

Biasakan baca doa sebelum makan dan pahami adabnya. Ini adalah bagian terpenting dari hidup seseorang yang harus berkomunikasi dengan Allah dengan segala cara yang mungkin. Dan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan Allah adalah dengan membaca doa, salah satunya membaca doa sebelum makan. Adapun adab dalam saat akan makan sebagai berikut:

Gunakan Tangan Kanan

Diriwayatkan oleh Umar Ibn Abi Salama ra:

Saya adalah seorang anak laki-laki di bawah asuhan Rasulullah saw, dan tangan saya biasa mengulurkan tangan ke sekeliling piring ketika saya sedang makan. Maka Rasulullah saw berkata kepadaku, “Wahai nak! Sebutkan Nama Allah dan makan dengan tangan kanan Anda, dan makan (bagian dari) hidangan yang lebih dekat dengan Anda. ” Sejak itu saya menerapkan instruksi tersebut saat makan.

(Sahih Al-Bukhari)

Jangan Mencela Makanan

Abu Hurairah ra melaporkan:

“Rasulullah saw tidak akan pernah mengeluh tentang makanan. Jika dia menyukai sesuatu, dia akan memakannya. Jika dia tidak menyukainya, dia akan meninggalkannya. “

(Muttafaq ‘Alaih)

Minum air dalam dua atau tiga tegukan

Ibn Abbas ra Melaporkan bahwa Rasulullah saw berkata:

“Jangan minum dalam sekali teguk seperti unta, tetapi minum dalam dua atau tiga (tegukan). Sebutkan Nama Allah (Bismillah) ketika Anda mulai minum dan puji Dia (Alhamdulillah) setelah Anda selesai (minum).”

(Sunan At-Tirmizi)

Mengisi Perut dengan Makanan, Minuman dan Bernafas yang Sesuai 

Al-Miqdam Ibn Ma’d ra melaporkan bahwa Nabi saw bersabda:

“Putra Adam tidak bisa mengisi bejana yang lebih buruk dari pada perutnya, karena dia cukup makan beberapa kali untuk meluruskan punggungnya. Jika dia tidak dapat melakukannya, maka dia dapat mengisinya dengan sepertiga dari makanannya, sepertiga dari minumannya, dan sepertiga dari nafasnya. ‘”

(Sunan Ibn Majah)

Cuci Tangan Anda Sebelum Makan

Jauh sebelum masyarakat dunia ribut soal mencuci tangan, Islam telah mengajarkan kepada pemeluknya untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara mencuci tangan. Ajaran itu dibawa Rasulullah SAW.

Biasakan Baca Doa Sebelum Makan dan Pahami Adabnya
Biasakan Baca Doa Sebelum Makan dan Pahami Adabnya. Photo by Burst on Pexels.com

Dalam hadits dari Aisyah radhiallahu’anha, beliau berkata:

كانَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللهُ علَيهِ وسلَّمَ إذا أرادَ أن ينامَ ، وَهوَ جنبٌ ، تَوضَّأَ . وإذا أرادَ أن يأْكلَ ، أو يشربَ . قالت : غسلَ يدَيهِ ، ثمَّ يأكلُ أو يشربُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika beliau ingin tidur dalam keadaan junub, beliau berwudhu dahulu. Dan ketika beliau ingin makan atau minum beliau mencuci kedua tangannya, baru setelah itu beliau makan atau minum” (HR. Abu Daud no.222, An Nasa’i no.257, dishahihkan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i).

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan:

يستحب غسل اليدين قبل الطعام وبعده, وإن كان على وضوء

Dianjurkan mencuci tangan sebelum makan dan setelah makan, walaupun dalam keadaan punya wudhu“.

Duduklah di Lantai Sambil Makan

“Sesungguhnya aku makan dengan tidak duduk bersandar pada bantal ataupun tidak meletakkan alas di bawah dubur, sebab cara seperti itu ialah duduknya para raja. Aku juga makan dalam keadaan sederhana, tidak lahap tidak juga lambat,” (HR Bukhari)

Dalam republika.co.id ditulis bahwa Sabda Rasulullah ratusan ribu tahun yang lalu tentang anjuran makan di lantai tanpa alas. Cara tersebut ternyata mendapat dukungan dari berbagai penemuan ilmiah.

Duduk di lantai bukan hanya membantu sistem pencernaan, Akan tetapi juga membantu persendian tetap lentur, fleksibel, dan kurang rentan terhadap cedera serta penyakit. Seperti misalnya, degeneratif ( arthritis dan osteoporosis). Hal ini terjadi karena lutut, pergelangan kaki, dan sendi pinggul lentur sehingga membantu menjaga tetap fleksibel serta bebas dari penyakit (PS Venkateshwara, penulis buku Yoga for Healing).

Mengambil Makanan yang Jatuh

Dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika makanan salah satu kalian jatuh maka hendaklah diambil dan disingkirkan kotoran yang melekat padanya, kemudian hendaknya di makan dan jangan dibiarkan untuk setan” 

Dalam riwayat yang lain dinyatakan, “sesungguhnya setan bersama kalian dalam segala keadaan, sampai-sampai setan bersama kalian pada saat makan. Oleh karena itu jika makanan kalian jatuh ke lantai maka kotorannya hendaknya dibersihkan kemudian di makan dan jangan dibiarkan untuk setan. Jika sudah selesai makan maka hendaknya jari jemari dijilati karena tidak diketahui di bagian manakah makanan tersebut terdapat berkah.” (HR Muslim no. 2033 dan Ahmad 14218)

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan yang biasa diucapakan dalam sehari-hari bersumber dari hadits riwayat Malik dan Ibnu Syaibah. Yakni doa yang berbunyi:

Bacaan Arab Doa Sebelum Makan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Latin Doa Sebelum Makan

“Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar”

Arti Doa Sebelum Makan

“Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka”

Pilih Makanan Yang Sehat dan Halal Untuk Hidupmu

-kataloghikmah-



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0