Contents
- 1 Marketing Executive Adalah
- 2 Tugas Marketing Executive
- 3 Membuat Data Prospek Pelanggan
- 4 RelatedPosts
- 5 Mengenal Pengertian Obligasi, Jenis dan Contoh
- 6 Mobilitas Sosial Adalah: Pengertian dan Contoh
- 7 Perdagangan Internasional: Pengertian, Dampak Positif dan Negatif
- 8 Membuat Rencana Penawaran
- 9 Melakukan Promosi
- 10 Mencapai Target Penjualan
- 11 Menerima Handle Komplain
- 12 After Sales Service
- 13 Membuat Strategi Marketing
- 14 Kualifikasi Menjadi Marketing Executive
- 15 Berapa Gaji Marketing Executive?
Katalogue.id – Apa itu marketing credit executive? berikut tugas dan gajinya. Banyak orang melihat sebelah mata pekerjaan yang dilakukan oleh marketing. Namun jangan salah, seorang marketing merupakan bagian terpenting dalam perusahaan.
Peranan marketing executive bagi perusahaan begitu besar dan menjadi ujung tombak bagi perusahaan. Selain itu marketing executive juga menentukan naik turunya income perusahaan. Singkatnya seorang marketing executive harus bisa menembus target yang di tetapkan perusahaan.
Jika mengalami kegagalan, maka target yang ditetapkan akan menurun. Dan tidak akan membuat perusahaan berkembang sesuai fisi dan misi perusahaan. Tak heran jika seorang marketing executive merupakan orang-orang hebat.
Marketing Executive Adalah
Pengertian Marketing executive adalah satu dari sekian banyaknya pilihan karir yang sedang tren di antara para pencari pekerjaan. Sederhananya, marketing executive bisa diartikan sebagai seorang yang bertanggung jawab dalam memperkuat nilai suatu produk atau perusahaan pada publik.

Selain itu, mereka juga bertugas dalam mengawasi berbagai langkah promosi untuk suatu produk atau layanan perusahaan. Seorang marketing executive bisa dikatakan sukses dalam menjalani tugasnya jika mampu membuat produk atau layanan perusahaannya dikenal oleh banyak orang.
Selain itu, tingkat keberhasilan mereka juga akan diukur dari meningkat atau tidaknya penjualan atau pendapatan perusahaan.
Tugas Marketing Executive
Marketing executive ini mempunyai jobdesk utama yaitu sebagai seorang yang melakukan kegiatan penjualan kepada calon konsumen secara langsung. Dalam pengerjaannya, mereka akan lebih fokus pada bagaimana cara mencapai target penjualan produk ataupun jasa yang mereka tawarkan.
Dikutip dari laman accurate.id, berikut ini adalah tugas marketing executive dalam suatu perusahaan, yuk simak!
Membuat Data Prospek Pelanggan
Tugas marketing executive yang pertama adalah mencari target pasar atau pembeli. Data prospek ini bisa diperoleh dari berbagai sumber, seperti referensi teman, saudara, ataupun pelanggan perusahaan yang sebelumnya belum ter-follow-up.
Cara lainnya yang saat ini tengah efektif adalah mencari prospek dengan memanfaatkan sosial media seperti instagram, twitter atau facebook.
Anda juga bisa memanfaatkan customer audience facebook sebagai sumber database. Namun, diperlukan ketelitian yang cukup tinggi jika Anda ingin mencari database lewat media sosial karena disana pemalsuan data akan sangat mungkin terjadi.
Membuat Rencana Penawaran
Data prospek yang telah dibuat selanjutnya harus di follow up satu persatu. Namun sebelum melakukan itu, Anda harus melakukan validasi terkait informasinya terlebih dahulu jika data tersebut berasal dari sosial media.
Pada dasarnya, rencana penawaran ini dibuat untuk mempersiapkan jadwal atau waktu agar bisa berkomunikasi lebih lanjut dengan calon pelanggan.
Melakukan Promosi
Promosi dan marketing adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sebagai seorang marketing executive, sudah pasti Anda memiliki tanggung jawab untuk melakukan promosi produk atau jasa yang hendak Anda jual.
Bentuk promosi tersebut sangat beragam. Sederhananya adalah bentuk promosi lewat media sosial yang dimiliki oleh perusahan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi offline pada beberapa spot yang Anda anggap berpotensi dilihat oleh target market Anda.
Mencapai Target Penjualan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tolak ukur performa dari seorang merketing executive hampir sama dengan sales, yaitu omset atau penjualan. Oleh karena itu, seluruh aktivitas seorang merketing executive di perusahaan adalah demi mencapai target penjualan.
Menerima Handle Komplain
Sebagai bentuk tanggung jawab atas pelanggan, seorang marketing executive harus mampu menangani komplain pelanggan. Perlu diketahui bahwa kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan dari kegiatan marketing.
Apabila Anda mampu melakukan hal ini dengan baik, maka Anda akan mendapatkan referensi dari pelanggan. Karena jika para pelanggan telah merasa puas dilayani oleh Anda, maka peluang mereka untuk merekomendasikan Anda pun akan sangat besar.
After Sales Service
Banyak merketing executive yang beranggapan bahwa kegiatan ini kurang penting, karena mereka menganggap targetnya adalah mencapai target penjualan yang baru. Padahal anggapan ini adalah salah besar. Karena after sales service adalah salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan marketing.
Apa yang membuat Anda yakin bahwa produk atau layanan yang Anda berikan pada pelanggan tidak ada kendala setelah dibeli? Oleh karena itu, kegiatan after sales service sangatlah penting untuk memengaruhi citra seorang marketing executive.
Membuat Strategi Marketing
Perusahaan atau organisasi yang baik sudah seharusnya mempunyai jenjang karir yang jelas. Tugas utama dari poin ini adalah menciptakan generasi baru. Sebagai seorang merketing executive, Anda tidak boleh membatasi diri Anda hanya pada pekerjaan reguler saja.
Dengan membantu manager marketing membuat strategi pemasaran, maka secara tidak langsung Anda sedang belajar menjadi seorang marketing manager yang baik.
Kualifikasi Menjadi Marketing Executive
Adapun kualifikasi yang banyak dicari perusahaan untuk mengisi posisi marketing executive adalah:
- Kebanyakan mereka berasal dari latar belakang pendidikan ekonomi, komunikasi, pemasaran, bisnis dan pendidikan lain yang berhubungan
- Memiliki daya pikir kreatif dan inovatif
- Kemampuan komunikasi yang baik karena menuntut mereka bekerja dengan banyak orang
- Mahir dalam menggunakan sistem CRM
- Akrab dengan media sosial dan mengerti tools untuk analisisnya
- Terorganisir dan berorientasi terhadap detail
- Memiliki kesadaran komersial dan keterampilan bisnis
- Kemampuan bahasa asing yang akan membantu bekerja sama dengan klien di perusahaan multinasional
- Fleksibel dalam bekerja karena terkadang marketing executive tak hanya berada di kantor saja
- Keterampilan copywriting dan skill desain untuk menghasilkan materi kampanya akan menjadi nilai plus
- Memiliki kemampuan analisis untuk mengevaluasi hasil kampanye pemasaran
Berapa Gaji Marketing Executive?
Gaji yang diterima seorang marketing executive diperusahaan berbeda. Besaran gajinya disesuaikan dengan dimana Anda bekerja dan di wilayah mana Anda bekerja. Selain itu juga ditentukan dengan pengalaman dan level seorang marketing executive. Inilah besaran gaji marketing executive.
- Marketing Executive Rp 2.500.000- Rp 5.000.000/ bulan.
- Marketing Executive perusahaan bonafit Rp 5.000.000- Rp 8.000.000/ bulan.
- Marketing Executive perusahaan multinasional Rp 41.000.000- Rp 55.000.000/ bulan.
Sampai disini dulu informasi tentang kategori BISNIS, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.
Discussion about this post