Ide Usaha 2021 Tanpa Modal untuk Pembisnis Pemula
Photo by Michael Burrows on Pexels.com
in

Ide Usaha 2021 Tanpa Modal untuk Pembisnis Pemula

Katalogue.id – Bingung cari ide usaha atau ide bisnis di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Berikut ini adalah ide usaha 2021 tanpa modal untuk pembisnis pemula.

Berikut ini Ide Usaha 2021 Tanpa Modal untuk Pembisnis Pemul

Fotografer

Photographer Ide Usaha 2021
Photographer Ide Usaha 2021. Photo by Thorn Yang on Pexels.com

Punya hobi dan keahlian fotografi? Sekarang keahlianmu bisa dimanfaatkan untuk mendulang rupiah, lho! Tak perlu memakai kamera mahal, kamera sederhana pun bisa dimanfaatkan untuk menciptakan hasil foto yang bagus asal memiliki kemampuan teknis yang mumpuni.

Di zaman sekarang, kamera smartphone bisa digunakan untuk bisnis fotografi yang dikerjakan dari rumah, dengan membuat studio mini dari alat-alat rumahan untuk foto produk.

Atau jika terbatas dengan kondisi pandemi, kamu bisa melakukan virtual photoshoot dengan media video call.

Baca juga artikel: 10 Daftar HP Kamera Terbaik 2021 Untuk yang Hobi Fotografi dan Vlog

Penulis Lepas

Penulis Lepas Ide Usaha 2021
Penulis Lepas Ide Usaha 2021. Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

Apakah Anda memiliki bakat menulis? Kalau iya, nggak ada salahnya untuk mempertimbangkan menjadi penulis lepas atau freelance writer.

Keuntungan bisnis ini adalah kita dapat menentukan target sendiri, menentukan harga sesuai rate kita, dan bisa dikerjakan di mana saja, terutama di rumah laptop dan koneksi internet.

Bagaimana cara mendapatkan lowongan kerja sebagai penulis lepas? Ada banyak situs yang menerima penulis lepas saat ini, seperti Sribulancer, Freelancer Indonesia, Gobann, dan UpWork.

Biasanya penulis lepas akan dibayar per artikel atau per project, sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat dengan pihak lainnya. 

Youtuber

Youtuber Ide Usaha 2021
Youtuber Ide Usaha 2021. Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Punya banyak ide kreatif? Kamu bisa memanfaatkannya dengan membuat video dan mengunggahnya di YouTube.

Kamu bisa saja membuat video tentang kehidupan pribadi, travelling, tutorial makeup, cover lagu, atau bahkan kuliner.

Semakin menarik video yang kamu buat, maka akan semakin besar juga kemungkinan untuk mendapat penghasilan yang besar.

Hal dasar yang kamu butuhkan untuk menjadi seorang Youtuber adalah kreatifitas, rasa percaya diri dan juga kemampuan untuk membuat atau mengedit video.

Baca juga artikel: 3 Langkah Membuat Channel Youtube dan Panduan Bagi Pemula

Dropshiper

Dropshiper Ide Usaha 2021
Dropshiper Ide Usaha 2021. Photo by Liza Summer on Pexels.com

Di era online shopping seperti sekarang, salah satu bisnis tanpa modal yang bisa kamu kerjakan di rumah dengan mudah adalah menjadi reseller atau dropshipper.

Menjadi reseller atau dropshipper berarti kita menjual produk orang lain di toko kita dan menaikkan margin harga sedikit sebagai keuntungan untuk kita.

Keuntungan berjualan reseller agtau dropshipper adalah kita nggak perlu repot menyetok barang atau packing orderan.

Yang dibutuhkan hanyalah smartphone dan kuota internet yang tentunya sudah dimiliki sebelumnya.

Designer Grafis

Ide Usaha 2021 Tanpa Modal untuk Pembisnis Pemula
Designer Grafis. Photo by Michael Burrows on Pexels.com

Terakhir, bidang jasa yang bisa kamu jadikan ide untuk usaha adalah design grafis. Dengan memanfaatkan laptop dan koneksi internet, serta skill edit foto dan gambar, kamu bisa mencoba dunia bisnis design grafis.

Sebelum menjadi designer grafis, kamu bisa mulai terlebih dahulu dengan membuat portofolio karya-karya desainmu yang bisa mudah diakses oleh calon klien. Ada banyak situs yang menyediakan wadah untuk portofolio dan juga berbagai tawaran proyek untuk designer grafis lepas.

Pada kenyataannya, modal bukanlah penentu kesuksesan. Ada banyak binis yang bisa berkembang menjadi besar meskipun diawali hanya dengan modal minim atau bahkan tanpa modal. Yang menjadi kunci adalah bagaimana kamu menjalani bisnis tersebut dengan tekun dan pantang menyerah, karena akan selalu ada kerikil yang tak selalu sesuai harapanmu dalam berbisnis.

Rencanakan bisnis dengan sebaik-baiknya, mulai dari mengetahui pasar dari bisnis yang kamu pilih, mempelajari berbagai trik pemasaran, dan membuat branding bisnis yang unik sehingga mudah diingat oleh konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0