Ketahui manfaat tanaman porang yang naik daun.
in ,

Ketahui Manfaat Tanaman Porang yang Naik Daun

Mengenal Tanaman Porang, Dari Kegunaan Hingga Nilai Ekonomisnya

Katalogue.id- Ketahui manfaat tanaman porang yang naik daun. Budidaya tanaman porang memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan. Porang (Amorphopallus muelleri) merupakan tanaman herbal yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 1,5 meter, tanaman ini merupakan tanaman penghasil umbi yang banyak hidup di hutan tropis.

Secara fisik, tanaman porang tumbuh dengan tangkai tunggal atau batang bercorak belang-belang hijau-putih. Tanaman porang hanya bisa tumbuh di bawah pepohonan penyangga seperti pohon jati.

Alasan Tanaman Porang Naik Daun

Tanaman Porang naik daun karena harga jualnya mencapai miliaran rupiah. Tanaman yang menjadi komoditi ekspor itu tengah dikembangkan di pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan.  

Umbi tanaman porang mengandung zat Glucomanan yang memiliki banyak manfaat di bidang industri dan juga kesehatan. Harga jualnya mencapai Rp. 1 miliar per hektar dengan masa tanam singkat 7 hingga 8 bulan.

Ketahui manfaat tanaman porang yang naik daun.
Ketahui manfaat tanaman porang yang naik daun. Foto Oleh: transbisnis.com

Budidaya tanaman porang membutuhkan 40 ribu bibit per hektarnya. Porang ini juga mudah dipasarkan ke Jepang dan China. Tanaman ekspor tersebut akan dijadikan sebagai bahan kosmetik, bahan obat, perekat, tepung dan mie. Selain itu, porang juga digunakan untuk pembuatan lem dan jelly yang beberapa tahun terakhir diekspor ke Jepang.

Manfaat Tanaman Porang

Ketahui manfaat tanaman porang yang naik daun. Porang mengandung beragam manfaat untuk kesehatan dan juga industri kecantikan. Porang juga masuk dalam jenis tanaman obat. Dikutip dari laman kesehatan.kontan.co.id berikut beberapa manfaat tanaman porang.

Tanaman Porang Kaya Serat

Tanaman porang bisa Anda gunakan sebagai bahan tepung alternatif karena kaya glukomanan. Glukomanan merupakan polisakarida larut dalam air yang dianggap sebagai serat makanan. 

Saat mengolah makanan, glukomanan dapat dijadikan pengental alami. Oleh sebab itu, glukomanan sangat penting dalam industri makanan karena serat alaminya bisa menjadi pengganti agar-agar, mempercepat rasa kenyang, memperlambat pengosongan perut.
 
Ini merupakan bahan yang cocok untuk orang diet, terlebih bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 

Tanaman Porang Menurunkan Kolesterol 

Studi yang melibatkan 22 penderita diabetes tipe 2 menunjukkan, pemberian suplemen konyaku glukomanan efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan total dalam darah. 

Dalam penelitian tersebut, pasien diberi 3,6 gram suplemen konyaku glukomanan per hari. Dengan penurunan kadar kolesterol jahat dan total dalam darah, risiko penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke juga ikut menurun. 

Hasil pengujian sejenis juga terlihat pada uji konyaku glukomanan tanaman porang pada tikus lab. Tikus yang diberi diet tinggi serat tepung porang, kadar kolesterolnya juga menurun. 

Tanaman Porang Menurunkan Kadar Gula Darah 

Studi pada 2001 menunjukkan, glukomanan memiliki manfaat untuk menurunkan faktor risiko diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, serta resistensi insulin. Glukomanan dapat meningkatkan tingkat penyerapan nutrisi dalam usus kecil. Sehingga, sensitivitas insulin ikut meningkat.

Hasil penelitian lain menunjukkan, konsumsi suplemen kaya akan serat seperti tanaman porang pada tikus bisa mencegah pembentukan plak di pembuluh darah karena penumpukan kolesterol. Selain itu, kandungan glikemik objek penelitian bisa turun secara bertahap setelah rutin sarapan dengan biskuit glukomanan. Dampaknya, kadar gula darah lebih terkontrol. 

Tanaman Porang Mencegah Kanker 

Penelitian pada hewan menunjukkan, manfaat porang dari tepung konyaku bisa mencegah penyakit kanker paru-paru. Khasiat porang ini tak hanya bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker, tetapi juga mencegah kanker. 

Selain itu, studi juga membuktikan manfaat konyaku glukomanan bisa menurunkan tingkat keganasan tumor dan kanker. 

Tanaman Porang Menurunkan Berat Badan 

Studi membuktikan, pemberian suplemen glukomanan efektif untuk menurunkan berat badan. Dalam penelitian ini, sebanyak 30 pasien obesitas menjalani diet rendah kalori 1.200 kkal selama 60 hari ditambah konsumsi glukomanan. 

Selang empat bulan, bobot berlebih dan tingkat trigliserida tinggi pada pasien obesitas tersebut menurun secara signifikan. Kendati berat badan turun, hal yang menarik adalah kandungan zat besi, kalsium, tembaga, dan sengnya tidak berubah. 

Tanaman Porang Baik Untuk Pencernaan 

Glukomanan yang terdapat dalam porang dapat membantu mengatasi masalah sembelit kronis. Hasil penelitian menunjukkan, penderita sembelit yang diberi glukomanan selama 10 hari, frekuensi buang air besarnya bisa kembali normal. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0