Foto Oleh: Otomotif.PRO
in

Custom Japstyle Idaman Bagi Para Bikers, Ketahui Sejarahnya

Mengenal Sejarah Custom Japstyle

Katalogue.id- Custom Japstyle idaman bagi para bikers. Faktanya modifikasi Japstyle tersebut memang sudah lama dikenal di dalam dunia otomotif. Apabila membahas modifikasi tentang motor memang tidak akan ada habisnya. Bagi kaum adam atau para bikers, memodifikasi motor layaknya menjadi sebuah hobi.

Perlu Anda ketahui, bahwa hobi tersebut akan merogoh kocek yang tidak sedikit. Akan tetapi dari budget yang memang terkadang fantastis untuk satu motor, para bikers pun akan mendapatkan hasil yang sebanding. Motor yang di modifikasi pun bisa terlihat macho dalam tampilan dan gesit dalam performanya.

Sejarah Custom Japstyle

Seperti namanya, Japstyle kependekan dari Jappanese Style, lahir di Negeri Sakura atau Jepang semenjak tahun 1980-an. Namun, di tahun itu para pelaku modifikasi motor di Jepang tidak terlalu memandang bahkan tidak menamakan hasil modifikasinya dengan Japstyle. Hal ini dikarenakan belum adanya referensi tentang modifikasi motor yang mirip tersebut.

Pada tahun 1990-an, Custom Japstyle barulah eksis di kalangan para bikers. Berawal dari sebuah bengkel yang bernama Brat dan tepatnya di Husibuya Tokyo Jepang. Pada waktu itu, bengkel Brat adalah tempat dimana secara khusus memodifikasi sepeda motor yang mengikuti style dari Amerika serikat atau daratan Eropa yang sedang populer.

Perlu Anda ketahui, Japstyle ini telah mempunyai bermacam-macam aliran dalam modifikasinya. Diantaranya adalah Braty Style, Street Tracker, Flat Tracker, Street Demon dan Japaneesse South Carolina serta Cafe’ Racer.

Dikutip dari penjuru.id bahwa pada tahun 2004 aliran Japstyle ini telah masuk di Indonesia. Bermula dari seorang anak muda asal kota Bandung, yang saat itu pulang dari Negeri Sakura. Anak tersebut membawa majalah yaitu Franky Morry Astorianto pemilik bengkel modifikasi Yasashi Garage bersama tiga builder lainnya. Mereka mulai memperkenalkan aliran Japstyle tersebut dengan memodifikasi motor kesayangannya, hingga akhirnya terbentuklah sebuah komunitas dengan nama “Street Demon”.

Cara Custom Japstyle

Custom Japstyle idaman bagi para bikers. Belakangan ini di dalam dunia otomotif memang sedang populer memodifikasi motor dengan tampilan klasik. Bersama dengan populernya modifikasi Honda CB yang digandrungi di berbagai daerah, modifikasi Japstyle juga tidak kalah ramai dikalangan para bikers. Konsep yang diusung adalah mengedepankan sisi perkakian agar terlihat lebih tangguh.

Dengan acuan tampilan yang klasik dan tetap elegan bisa dilihat dari modifikasi yang dilahirkan di Jepang tersebut. Dari bermacam-macam tipe motor, Yamaha Scorpio Z merupakan motor yang sangat cocok dan banyak digunakan untuk mengubahnya menjadi Japstyle. Dilihat dari bagian sasisnya yang mendukung dan dari kondisi mesin berkapasitas cukup tangguh yaitu 225 cc.

Berikut beberapa bagian yang harus di modifikasi:

Rangka

Hal pertama yang harus diubah adalah bagian rangka. Di bagian buritan rangka atau biasa dikenal dengan sebutan landasan jok motor sepantasnya dikepras, namun nantinya dirapikan kembali. Buritan tersebut diubah karena penggunaan jok kustom yang lebih pendek. Anda perlu membawanya ke bengkel las agar lebih maksimal hasilnya.

Pelek dan Ban Bagian Depan dan Belakang

Karena konsep yang diusung adalah Japstyle, maka Anda seharusnya mengedepankan sisi perkakian agar terlihat lebih tangguh. Oleh karena itu, pelek dan ban bawaan dari pabrik tidak lagi bisa digunakan. Anda bisa menggantinya dengan pelek alumunium berukuran 135-450 ring 17 untuk yang bagian belakang dan yang bagian depan bisa menggunakan 135-400 ring 17.

Sokbreker Bagian Depan dan belakang

Ban yang dipakai adalah ukuran besar, maka membuat sokbreker bagian depan atau originalnya tidak bisa dipasang lagi. Jadi Anda bisa menggantinya dengan sokbreker aftermarket yang ukuran ruasnya lebih lebar. Dan ada alternatif lain, Anda bisa memakai sokbreker bagian depan milik motor Byson.

Untuk sokbreker bagian belakang, Anda bisa menggunakan model double-shock include dengan armnya berbeda dengan originalnya yang memakai sokbreker model mono-shock. Swing arm selayaknya diganti menjadi lebih besar karena agar ban bisa tetap masuk.

Body Dengan Tema “Japstyle

Selepas perkakian yang sudah maksimal dengan segala sparepart yang Anda inginkan. Sekarang Anda harus mengganti body yang bertemakan Japstyle. Anda bisa memulai dari spakbor, tangki dan cover bagian samping.

Untuk bagian cover cobalah mencari yang berbahan plat galvanis. Dan seandainya bisa, carilah paket lengkap yang sudah dicat agar tidak telalu merogoh kocek terlalu besar.

Lighting

Langkah berikutnya adalah mengganti bagian perlampuan agar terlihat lebih elegan. Lepas semua lampu bawaan pabrik, gantilah dengan headlamp bulat atau klasik berikut dengan lampu seinnya. Di lain itu, untuk spion dan knalpot juga gantilah dengan tema klasik pula.

Contoh Yamaha Scorpio Z Custom Japstyle

Berbeda dengan cara yang tertulis diatas, Dikutip dari chanel youtube Otomotif.PRO untuk pengerjaan yang dilakukan pada Yamaha Scorpio Z ini, banyak komponen asli yang masih dipertahankan seperti: Sockbreker depan dan sockbreker belakang, tromol depan dan belakang, panel indikator, dan mesin yang sama sekali tidak disentuh.

Spesifikasi:

  • Basic: Yamaha Scorpio 225
  • Stang: Variasi
  • Speedometer: Digital
  • Lampu Depan: Daymaker
  • Lampu Belakang: Variasi Lampu
  • Sein Depan: Variasi Lampu
  • Sein Belakang: Variasi
  • Spakbor Depan: Custom Plat 1mm
  • Spakbor Belakang: Custom Plat 1mm
  • Tangki: Custom Galvanis 1,2mm
  • Jok: Custom Kulit Sintesis
  • Cover Aki: Custom PLat 1mm
  • Velg: Rossi 17 inchi
  • Ban Depan: Swallow On-Off 100/80-17
  • Ban Belakang: Swallow On-Off 120/80-17
  • Rem Depan: Disc Brake Variasi 320mm
  • Rem Belakang: Tromol
  • Knalpot: Custom tipe Sport

Demikian sedikit review dari Scorpio Z custom Japstyle, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0