Diet Sehat dan Alami Ala Vegetarian
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

Diet Sehat dan Alami Ala Vegetarian, Yuk Simak

Manfaat Diet Bagi Kesehatan

Katalogue.id- Diet sehat dan alami ala vegetarian. Bagi Anda yang merasa kelebihan berat badan diakibatkan karena terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori yang menumpuk dan telah berubah menjadi lemak dikarenakan kalori yang keluar tidak sebanding dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Lengan dan paha bertambah besar serta perut Anda semakin membuncit diakibatkan karena lemak yang tertimbun. Untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan ukuran badan yang ideal, sebaiknya Anda memilih cara diet yang alami dan sehat.

Anda perlu tahu, bahwa vegetarian juga menunjukkan risiko terkena stroke 10-20 persen lebih tinggi dari pemakan daging. Namun, ada banyak cara agar vegetarian tetap bisa terlindung dari penyakit ini.

Cara Diet Sehat dan Alami

Agar Anda terhindar dari penyakit kronis di kemudian hari, agar diet Anda tidak menjadi sia-sia. Bagaimana cara menerapkan diet sehat alami?

Diet Sehat dan Alami Ala Vegetarian
Diet Sehat dan Alami Ala Vegetarian. Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Menentukan Makanan yang Tepat

Pemilihan asupan makanan yang tepat memegang peran penting untuk kesuksesan program diet Anda. Dengan aturan seperti ini agar terhindar dari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi.

Apabila Anda akan menjalani diet sehat dan alami, konsumsilah buah dan sayur yang banyak. Akan tetapi, bukan berarti Anda menghindari mengonsumsi nasi atau menghindari makan lauk-pauk. Tubuh Anda tetap memerlukan semua makanan tersebut, Akan tetapi Anda harus mengatur porsinya.

Sesuaikan Porsinya dengan Kebutuhan

Kebutuhan kalori per hari harus Anda atur, bahkan dengan hitungan yang tidak sembarang. Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, tentu saja Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sebanyak 1500 kalori.

Cara menjalani diet dan alami, Anda harus selalu ingat bahwa dalam tubuh memerlukan gizi yang seimbang. Sesuaikan dengan prinsip gizi seimbang, yaitu harus ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dalam hidangan menu makan, Anda harus mengonsumsi makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur satu mangkuk, serta buah sebagai selingan.

Gunakan Pemanis yang Lebih Menyehatkan

Anda harus memulai mengganti gula dengan pemanis yang memiliki kalori yang rendah, akan tetapi tidak kalah manisnya dengan gula. Tentunya, pemanis yang aman bagi kadar gula darah dan tidak menambah berat badan Anda.

Sebagian orang memang telah meremehkan aturan diet seperti ini. Padahal, cara diet sehat dengan mengganti gula dengan pemanis yang lebih sehat adalah salah satu ampuh untuk menurunkan berat badan Anda.

Lakukan Olahraga

Bangun pagi dan biasakan diri untuk mulai olahraga secara rutin setiap hari, tidak perlu lama paling tidak 30 menit. Anda bisa melakukan dengan joging atau jalan-jalan santai, biasakanlah tubuh Anda untuk bergerak.

Disaat Anda olahraga kalori-kalori di dalam tubuh telah keluar dan mulai terbakar. Cara diet sehat dan alami tersebutlah yang akan tetap menjaga kondisi Anda tetap sehat.

Terapkan Pola Hidup yang Sehat

Jadi apa saja yang mendukung untuk melakukan pola hidup sehat. Anda dapat melakukan dengan banyak cara semisal,  tidur dengan cukup dan hindari begadang. Hal yang tidak kalah penting juga, hindari mengonsumsi alkohol yang berlebihan dan jangan merokok. Hal tersebut sangat membantu Anda untuk melakukan diet sehat dan alami.

Menu Diet Vegetarian

Diet ini disukai karena lebih mudah dibandingkan diet keto, misalnya yang pantang makan makanan berbau karbohidrat. Anda hanya tinggal mengganti makanan hewani menjadi nabati.

Diet sehat dan alami ala vegetarian
Menu Diet Vegetarian. Photo by Trang Doan on Pexels.com

Cigna.co.id menuliskan beberapa makanan vegetarian di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda yang sedang berusaha melakukan diet vegetarian. Yuk, kita simak ulasannya :

Kacang Polong

Seperti diketahui, bahwa diet ala vegetarian adalah menghindari sumber daya protein dan zat besi misalnya konsumsi ikan, unggas, telur dan daging. Anda bisa mengganti menu-menu tersebut dengan konsumsi kacang polong karena terdapat protein tinggi. 

Protein yang dikandung kacang polong adalah 10 sampai dengan 20 gram per cangkirnya. Kacang polong juga memiliki kandungan fiber, karbohidrat, zat besi, folat, mangan, seng, antioksidan, dan senyawa tanaman yang bagus bagi kesehatan.

Buncis

Buncis merupakan salah satu makanan untuk vegetarian yang memiliki kandungan zat besi dan juga protein. Fungsi buncis juga dapat membantu mengurangi berat badan, penyakit jantung dan potensi kanker. Manfaat ini semakin bagus bagi Anda yang mengganti daging dengan buncis.

Buncis juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan insulin ketika dibandingkan dengan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya.

Tahu dan Tempe

Protein yang tinggi lainnya juga dapat dihasilkan oleh tahu dan tempe. Dari kedua hidangan tersebut memiliki 16-19 gram protein per 100 gram. Tahu dan tempe juga memiliki kandungan zat besi dan kalsium.

Tahu merupakan hidangan pengganti daging diketahui sangat populer bagi Anda pelaku diet. Begitu pun dengan tempe yang juga memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Keduanya dibuat dengan bahan dasar yang sama yaitu kacang kedelai. Anda bisa mengolahnya dengan cara, ditumis, dipanggang atau digoreng. Variasi ini yang membuatnya menjadi tak mdenganembosankan. 

Rumput Laut 

Anda pasti sudah mengetahui bahwa rumput laut mengandung lemak sehat dengan banyak keunggulan.

  • Kandungan Alga seperti spirulina dan chlorella adalah kandungan proteinnya yang tinggi. 
  • Kandungan rumput laut 30ml mengandung 8 gram protein.
  • Kandungan rumput laut juga memiliki, magnesium, riboflavin, mangan, kalium, yodium dan antioksidan dalam jumlah yang banyak.
  • Kandungan fiber di rumput laut bisa membuat Anda kenyang.
  • Kandungan fucoxanthin dalam rumput laut bisa membantu mengurangi kegemukan

Gandum

Sereal dan roti merupakan menu diet yang mengandung gandum, yang baik juga untuk tubuh. Gandum memiliki kandungan sumber karbohidrat, serat, dan zat besi, serta vitamin B, magnesium, fosfor, seng, dan selenium.

Jika Anda mengonsumsi sereal cobalah padukan dengan sayur-sayuran seperti brokoli. wortel, tomat dan buah-buahan lainnya sebagai variasi. Selain itu, kentang dan bawang juga bisa menjadi penyedap rasa.

Buah-Buahan dan Sayuran 

Buah dan sayuran memang menjadi ciri khas menu utama diet ala vegetarian karena bisa menggantikan peran daging. Seperti Anda tahu, bahwa buah Pisang menjadi alat pengganti ampuh untuk telur sebagai bahan untuk dipanggang. Terong dan jamur, juga merupakan pengganti daging dalam bentuk sayuran karena mudah dipanggang.

Buah nangka merupakan makanan yang baik untuk pengganti daging dalam hidangan gurih seperti sandwich barbekyu. Sementara itu, kembang kol merupakan tambahan serbaguna untuk banyak resep, termasuk kerak pizza.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0