Doa Berbuka Puasa dan Ketahui Manfaatnya
Photo by cottonbro on Pexels.com
in

Doa Berbuka Puasa dan Ketahui Manfaatnya

Belajar Doa Berbuka Puasa

Katalogue.id- Doa berbuka puasa dan ketahui manfaatnya bagi kesehatan. Orang yang berpuasa akan merasakan dua jenis kebahagiaan. Yang pertama pada saat berbuka puasa dan yang kedua pada saat bertemu dengan Allah SWT.

Setiap umat Islam seharusnya sadar bahwa Allah SWT menjanjikan untuk menurunkan berkah bagi umat-Nya yang telah menjalankan puasa-Nya. Janganlah terlalu menggebu-gebu disaat melakukan buka puasa sehingga membuat Anda lupa bahwa Allah SWT telah memberikan nikmat berbuka puasa.

Terkait melakukan doa sebelum buka puasa, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Ada tiga golongan yang doanya tidak tertolak …orang yang berpuasa sampai dia berbuka …” (HR. Turmudzi). 

“Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa ketika saat berbuka ada doa yang tidak ditolak” (HR Ibnu Majah).

Doa Berbuka Puasa

Doa berbuka puasa dan ketahui manfaatnya bagi kesehatan. Saat menjalani ibadah puasa, Anda perlu menahan segala hawa nafsu, serta lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Adapun dua jenis doa berbuka puasa yang harus Anda pelajari sebagai berikut:

  • Doa Berbuka Puasa yang Pertama atau Umum Diucapkan

Bacaan Arab Doa Berbuka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Berbuka Puasa

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Arti Doa Berbuka Puasa

“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Mungkin disaat Anda melaksanakan pertama kali puasa, doa berbuka puasa yang diajarkan adalah doa tersebut di atas. Akan tetapi, doa itu bukanlah diambil dari hadits Nabi Muhammad SAW, melainkan serangkaian kalimat doa yang telah dibuat oleh para Ulama.

  • Doa Berbuka Puasa Kedua Sesuai Sunnah Rasulullah

Bacaan Arab Doa Berbuka Puasa

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْنَا، اَللَّهُمَّ تَقَبَّل مِنَّا، اِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيمُ

Bacaan Latin Doa Berbuka Puasa

“Allahumma Laka Shumna wa ala Rizqika Aftharna, Allahumma Taqabbal Minna Innaka Antas Samiul ‘Alim”

Arti Doa Berbuka Puasa

“Ya Allah , untuk-Mu atau karena-Mu kami berpuasa, atas rezeki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami. Sesungguhnya, Engkau zat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.”

Doa tersebut adalah doa yang sering diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika ia hendak berbuka, Selain itu terdapat riwayat hadis yang mengisyaratkan anjuran agar kita membaca doa berbuka puasa. Yakni “Rasulullah bersabda, Sesungguhnya, bagi orang yang berpuasa itu punya doa yang tidak tertolak saat ia berbuka.” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Sunni, dikatakan hasan oleh an-Nawawi).

Manfaat Berbuka Puasa

Seperti dikutip dari jabar.tribunnews.com bahwa adapun kebahagiaan bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa yaitu waktu dimana buka puasa telah tiba. Ketika waktu berbuka puasa tiba, Nabi Muhammad SAW, menganjurkan untuk menyegerakan berbuka.

Doa Berbuka Puasa dan Ketahui Manfaatnya
Doa Berbuka Puasa dan Ketahui Manfaatnya. Photo by Michael Burrows on Pexels.com

Sesuai hadits dari Sahl bin Saad, yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).

Manfaat Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah

  • Disunahkan umat Islam yang menjalankan ibadah puasa untuk menyegerakan berbuka disaat waktu berbuka telah tiba. Imam Bukhari meriwiayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa rasulullah mengatakan, “berbuka puasa ketika bulatan matahari telah hilang.”
  • Ketika adzan telah berkumandang, maka bagi umat Islam haruslah disegerakan untuk berbuka yang berarti mengamalkan sunah. Jadi bagi umat Islam yang sedang berpuasa hendaknya berada di rumah atau tempat yang memudahkan dirinya segera berbuka.
  • Bagi umat Islam yang menyegerakan untuk berbuka puasa, maka dia akan berada dalam kebaikan. Ini seperti sabda Nabi Muhammad, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan.”
  • Bagi umat Islam yang berpuasa dan tidak segera melakukan berbuka puasa disaat yang telah tiba, maka akan mendapatkan keburukan.
  • Bagi umat Islam yang menyegerakan berbuka puasa disaat waktunya tiba, maka ia akan dicintai Allah SWT. Seperti hadits Nabi Muhammad SAW yang dikutip oleh Imam Nawawi, bersumber dari Abu Hurairah yang berkata, Rasulullah SAW bersabda: ”Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Agung berfirman, ”HambaKu yang paling Aku sukai adalah yang paling cepat berbuka puasa.” Hadis riwayat Muslim.

Manfaat Berbuka Puasa Bagi Kesehatan

Pada kondisi normal, sumber energi utama dalam tubuh adalah gula yang disimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, simpanan gula ini digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh.

Setelah gula terpakai, lemak menjadi sumber energi berikutnya dan ini dapat mengurangi berat badan. Adapun manfaat berbuka puasa bagi kesehatan:

  • Memperbaiki Kondisi Medis

Berpuasa, diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

  • Membuat Jantung Sehat.

Berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih menyeluruh. Ingatlah bahwa untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain, seperti pola makan dan olahraga teratur, memiliki peranan yang besar.

  • Risiko Kanker Berkurang

Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Penelitian yang dilakukan terhadap tikus membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berlaku pada manusia.

  • Berat Badan Terjaga

Pembakaran lemak menjadi energi dapat membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Turunnya berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.

Oleh karena itu, penting untuk tetap mengendalikan makan pada saat Anda tidak berpuasa. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung cukup energi, seperti serat, protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Pola makan yang sehat dan seimbang, serta asupan cairan yang cukup dapat membantu menjaga berat badan Anda.

Nikmatnya Bersyukur dan Indahnya Bersabar. Selamat Berbuka Puasa

-kataloghikmah-



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0