Doa Memohon Ilmu Agar Mempunyai Manfaat
Photo by Michael Burrows on Pexels.com
in

Doa Memohon Ilmu Agar Mempunyai Manfaat

Belajar Doa Ilmu Bermanfaat dan Adabnya

Katalogue.id- Doa memohon ilmu agar mempunyai manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Setiap orang pasti sedang belajar bahkan bagi seorang Muslim diwajibkan untuk menuntut atau menimba ilmu. Seperti Sabda Nabi, tuntutlah walaupun sampai ke Negeri Cina. Dari riwayat lain dituliskan, bahwa menimba ilmu hendaknya dilakukan setiap Muslim sejak lahir di dunia sampai di liang lahat.

Dalam istilah “belajar” bukan hanya dilakukan di bangku sekolah saja selayaknya Anda bersekolah dan memakai seragam. Akan tetapi di manapun Anda berada, dimana disaat melakukan aktivitas juga bisa dibilang Anda sedang belajar dan menuntut ilmu yang mempunyai manfaat.

Apabila berada di tempat kerja atau kantor berarti Anda sedang belajar menata masa depan dan menjadi pribadi lebih baik agar bermanfaat bagi lingkungan kantor. Dan apabila berada dirumah, Anda pun dituntut untuk belajar menjadi anggota keluarga yang mempunyai manfaat bagi anggota keluarga yang lain.

Hal tersebut memperlihatkan bahwa menimba ilmu tidak mengenal dimensi ruang dan waktu. Kapan pun dan di mana pun, menimba ilmu harus senantiasa dilakukan oleh seorang Muslim dan mukmin agar ilmunya mempunyai manfaat.

Lafaz Doa Ilmu Bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat merupakan ilmu yang paling utama bagi seorang Muslim. Seseorang yang mempunyai banyak ilmu tidak akan ada nilainya jika tidak memberikan manfaat. Selain itu, seseorang yang memiliki ilmu bermanfaat, bisa menjadi amal yang selalu mengalirkan pahala meskipun dirinya sudah meninggal dunia.

Bahkan, Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits mengenai hal tersebut.

“Apabila manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya kecuali tiga perkara; yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang mendoakannya.”(HR. Muslim) 

Oleh karena itu, supaya ilmu yang selalu Anda pelajari diberikan manfaat, biasakanlah membaca doa sebagai berikut:

Bacaan Arab Doa Ilmu Agar Mempunyai Manfaat

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً، وَرِزْقًا طَيِّبًا

Bacaan Latin Doa Ilmu Agar Mempunyai Manfaat

“Allahumma innii as’aluka ‘ilman naafi’an, wa ‘amalan mutaqobbalan, wa rizqan thayyiban”

Artinya:

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, amal yang diterima, dan rizki yang baik” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu Sunai)

Adab Bagi Seorang Pencari Ilmu yang Manfaat

Doa Memohon Ilmu Agar Mempunyai Manfaat
Doa Memohon Ilmu Agar Mempunyai Manfaat. Photo by Ono Kosuki on Pexels.com

Seperti dikutip oleh mediapakuan.pikiran-rakyat.com bahwa berikut adalah adab bagi pencari ilmu, Yuk simak:

Adab kepada Diri Sendiri 

Seorang penuntut ilmu harus memahami dan menghiasi diri dengan adab kepada diri sendiri, yaitu membersihkan diri dari sifat sombong. Kebalikan sifat sombong adalah rendah hati (tawadlu’). Sifat inilah yang dianjurkan baginya. 

Kesombongan dapat menghambat, bahkan menghalangi seseorang untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, lantaran dia menganggap dirinya sudah bisa, sehingga merasa tidak perlu mendengar dari orang lain. Selain itu, jika ada orang yang lebih tahu darinya, dia merasa tersaingi dan membenci orang tersebut. 

Nabi SAW menyebutkan bahwa sombong ialah, “Menolak kebenaran dan membenci manusia.” Membenci dalam hal ini, termasuk membenci pada yang menyampaikan kebenaran dan pada manusia yang mau mendengarkan kebenaran.

Adab kepada diri sendiri termasuk dalam hal cara berjalan yang baik, tidak terburu-buru atau terlalu lambat. Karena terburu-buru adalah perbuatan syetan, sementara sifat lambat menunjukkan diri tidak bersungguh-sungguh dalam belajar. Selain itu, bagian adab terhadap diri sendiri ialah menjaga pandangan dari yang diharamkan.

Adab kepada Guru

Seorang murid harus memiliki keyakinan bahwa gurunya memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari dirinya dan orang lain. Karena selain mendidik akal, ia juga mendidik rohani muridnya.  Maka dari itu, sudah seharusnya bagi murid menghormati dan merendahkan diri dihadapan gurunya. 

Bahkan, Sayyidina Ali bin Abi Thalib pernah berkata:    اناعبدمن علمنۍ حرفا واحد “Aku hamba sahayanya seseorang yang mengajariku ilmu walaupun satu huruf” Duduk dengan baik dan mendengarkan dengan seksama terhadap apa yang disampaikan gurunya, serta menahan diri dengan tidak bercanda atau mengobrol di hadapannya, merupakan adab yang sudah seharusnya dilakukan. 

Bagian lain dari adab kepada guru ialah tidak memuji guru lain di hadapannya, karena khawatir murid tersebut dinilai menghina gurunya. Selain itu, murid juga tidak boleh malu bertanya terhadap sesuatu yang belum dimengerti, karena guru tidak mengetahui secara detail, muridnya telah memahami atau belum terhadap ilmu yang telah disampaikan. 

Adab kepada Teman

Menghargai teman dan tidak menghinanya, ketika ia mengalami kesulitan dalam belajar, merupakan adab yang harus dilakukan. Jangan sampai terlontar kata-kata yang tidak menyenangkan misalnya bodoh, idiot, dan kalimat merendahkan lainnya. 

Sebab, hal tersebut dapat melukai hatinya serta membuat dirinya berkecil hati ketika belajar. Adab lain kepada teman yang harus dilakukan ialah menguatkan mental dan semangatnya, ketika ia menghadapi masalah.  

Teman yang baik adalah teman yang bisa menguatkan bukan melemahkan, serta mengingatkan temannya ketika melakukan kesalahan. Sebuah pepatah mengatakan: خيرالأصحاب من يدلك علۍالخير “Sebaik-baik teman adalah yang mengarahkanmu kepada kebaikan.”

Bacalah doa setiap hari, agar Allah selalu mencukupkan kepadamu rezeki yang halal serta melimpah.

-KATALOGHIKMAH-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0