Doa Niat Puasa Ramadhan dan Ketahui Hikmahnya
Photo by Naim Benjelloun on Pexels.com
in

Doa Niat Puasa Ramadhan dan Ketahui Hikmahnya

Belajar Doa Niat Puasa

Katalogue.id- Pelajari doa niat puasa ramadhan dan ketahui hikmahnya. Sebagai contoh untuk mengingatkan diri sendiri dengan niat mencari keridhaan Allah SWT dalam semua tindakan. Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat Islam. Dikarenakan mempunyai arti yang penting serta sempurna dalam Islam.

Penting untuk mengetahui apa yang harus diperbuat di bulan Ramadhan, kapan dan bagaimana melakukannya. Puasa termasuk dalam rukun Islam yang keempat. Marilah menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan penuh rasa syukur kehadirat Allah SWT. Karena masih diberi umur panjang dan berkesempatan bertemu dengan bulan yang sangat istimewa dan bulan penuh dengan kemuliaan.

Bulan puasa merupakan bulan dimana pertama kalinya telah diturunkan kitab suci Al-Quran dan telah terdapat satu malam yang penuh dengan kemuliaan, malam Lailatul Qadar. Bulan yang penuh ampunan dari Allah SWT atas segala perbuatan dosa dan dibukanya pintu surga yang seluas-luasnya.

Rukun Puasa Ramadhan

Sebagai umat Islam yang menjalankan ibadah puasa wajib memenuhi rukun puasa. Ada dua rukun dalam melaksanakan ibadah puasa.

Mengucapkan Niat Puasa.

Niat merupakan suatu keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan yang ditujukan hanya kepada Allah. Selain itu, niat juga memperlihatkan bahwa adanya ibadah, bukan hanya sekedar asal menunaikannya. Oleh karena itu, membaca niat puasa ramadhan penting untuk dikerjakan. Bacaan niat puasa ini wajib diucapkan meskipun di dalam hati. Namun, pelafalan niat puasa sangat dianjurkan.

Menahan Diri

Menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan ibadaha puasa sejak terbit fajar (subuh) sampai terbenamnya matahari ( magrib). Dalam hadis yang diriwayatkan dari Umar ibn Al-Khattab RA, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Sesungguhnya semua perbuatan ibadah harus dengan niat, dan setiap orang tergantung kepada niatnya” (HR. al-Bukhari).

Doa Niat Puasa Ramadhan

Perintah membaca doa niat puasa adalah dilakukan pada waktu antara malam hingga menjelang terbit fajar dengan dasar hadis berikut ini, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Siapa saja yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar maka tidak ada puasa baginya,” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

Bacaan Arab Doa Niat Puasa

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Doa Niat Puasa

NAWAITU SHAUMA GHODIN ‘AN ADAA’I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA’ALA

Arti Doa Niat Puasa

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

Bacaan tersebut juga bisa Anda ucapkan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih.

Hikmah Puasa Ramadhan

Pelajari doa niat puasa ramadhan dan ketahui hikmahnya. Ketika Anda menjalankan ibadah puasa, akan banyak hal positif yang berdatangan bagi kehidupan. Banyak pula hikmah yang bisa diambil dan dipetik selama menjalankan puasa ramadhan.

Doa Niat Puasa Ramadhan dan Ketahui Hikmahnya
Doa Niat Puasa Ramadhan dan Ketahui Hikmahnya. Photo by Abdullah Ghatasheh on Pexels.com

Di lain itu, untuk Anda yang tidak bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan sementara itu telah memenuhi syarat, maka sebagai hukumnya adalah dosa. Akan tetapi, andaikan Anda berhalangan dalam menjalani ibadah puasa karena sakit atau datang bulan, maka puasa yang wajib bisa diganti lain waktu serta diharuskan membayar fidyah.

Seperti dikutip oleh merdeka.com bahwa hikmah dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan seperti berikut:

  • Menambah Ketaqwaan Pada Allah SWT

Hikmah yang bisa Anda dapatkan adalah meningkatnya ketaqwaan sebagai seorang hamba Allah SWT. Puasa ramadhan merupakan kewajiban yang dijalankan oleh umat Islam, seperti yang tertulis di dalam Al-Quran :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (QS. Al Baqarah: 183).

Bentuk taqwa dalam menjalankan ibadah puasa sebagai berikut:

  1. Umat Islam yang menjalankan ibadah puasa sebenarnya mampu untuk melakukan segala kesenangan duniawi yang tidak diperbolehkan selama sedang puasa. Akan tetapi, karena menyadari bahwa Allah Maha Mengetahui, maka sebisa mungkin menekan segala keinginan itu secara sadar dan sukarela.
  2. Umat Islam yang menjalankan ibadah puasa juga akan merasa bahagia disaat melakukan berbagai amalan yang menunjukkan ketaatan. Dan ketaatan tersebut merupakan jalan untuk meraih taqwa.
  • Berusaha Mengendalikan Hawa Nafsu

Ketika umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa, sebaiknya agar memanfaatkan dan menghabiskan waktu untuk selalu mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Pada saat itulah dapat dikatakan bahwa Anda telah mampu mengendalikan diri sendiri. Dan hal ini semua dilakukan karena Allah.

Dalam hadist qudsi,Allah SWTberfirman;

يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى

“Dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku

Pahala Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Umat Islam yang menjalankan ibadah puasa akan dilipatgandakan pahala dan seluruh amal perbuatan yang baik, seperti ditulis dalam Hadits berikut ini, Nabi Muhammad SAW bersabda:

كل عمل ابن آدم له الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف قال عز و جل : إلا الصيام فإنه لي و أنا الذي أجزي به

Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya‘” (HR. Muslim no.1151).

Semoga amal ibadah puasa Ramadhan yang Anda jalani diterima dan diberi ganjaran yang setimpal oleh Allah SWT.

-kataloghikmah-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0