Ciri-ciri mahluk hidup untuk kelas 3 tema 1.
Photo by John Diez on Pexels.com
in

Apa Saja Ciri-Ciri Mahluk Hidup untuk Kelas 3 Tema 1

Mengenal Bagaimana Ciri-ciri Mahluk Hidup

Katalogue.id – Mengetahui ciri-ciri mahluk hidup untuk kelas 3 tema 1. Makhluk hidup adalah jenis organisme yang bisa ditemui dengan mudah, seperti tanaman, jamur, hewan, bahkan manusia. Protozoa, bakteri, hingga archaea yang sulit dilihat dengan mata merupakan makhluk hidup juga.

Ada banyak makhluk hidup di sekitar kita. Makhluk hidup merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Manusia, hewan, dan tumbuhan termasuk makhluk hidup dan setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu.

Makhluk hidup mempunyai ciri umum dan ciri khusus untuk mempertahankan diri dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Secara umum, manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki ciri-ciri yang hampir sama seperti bernapas, membutuhkan nutrisi, dan bergerak.

Namun sebagai makhluk hidup yang berbeda fisik dan adaptasinya, masing-masing juga memiliki ciri khusus sebagai makhluk hidup.

Klasifikasi Mahluk Hidup

Dalam klasifikasi, makhluk hidup dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan persamaan ciri yang dimiliki. Kelompok  tersebut, dapat didasarkan pada ukuran besar hingga kecil dari segi jumlah anggota kelompoknya.

Ciri-ciri mahluk hidup untuk kelas 3 tema 1.
Ciri-ciri mahluk hidup untuk kelas 3 tema 1. Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

Namun, kelompok itu disusun berdasarkan persamaan dan perbedaan yang urutannya disebut takson atau taksonomi. Inilah klasifikasi mahluk hidup pada umumnya.

  • Kingdom (Kerajaan)
  • Phylum (Filum) untuk hewan / Divisio (Divisi) untuk tumbuhan
  • Classis (Kelas)
  • Ordo (Bangsa)
  • Familia (Keluarga)
  • Genus (Marga)
  • Spesies (Jenis)

Ciri-ciri Mahluk Hidup

Adapun secara umum, makhluk hidup memiliki ciri-ciri seperti bernapas, bergerak, peka terhadap rangsangan, memerlukan makanan, tumbuh dan berkembang, dapat bereproduksi, ekskresi, serta mampu untuk beradaptasi dengan tempat tinggalnya.

Meskipun demikian, ternyata tidak sedikit orang yang kebingungan menentukan sesuatu sebagai makhluk hidup atau benda mati. Seperti halnya masih banyak orang yang kesulitan memastikan apakah virus termasuk makhluk hidup ataukah benda tidak hidup.

Dilansir dari laman suara.com, inilah ciri-ciri mahluk hidup yang bisa Anda pelajari.

Mahluk Hidup Perlu Bernafas

Ciri-ciri makhluk hidup yang pertama adalah bernapas atau respirasi yang merupakan proses menghirup oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh.

Mahluk Hidup Dapat Bergerak

Ciri-ciri makhluk hidup berikutnya adalah dapat bergerak, seperti halnya manusia dan hewan yang dapat bergerak bebas atau berpindah tempat. Untuk bergerak, manusia dan hewan memerlukan sarana untuk bergerak yang disebut alat gerak. 

Mahluk Hidup Mengalami Pertumbuhan

Selain bergerak, ciri makhluk hidup berikutnya adalah mengalami pertumbuhan, mulai dari kecil hingga menjadi besar.

Mahluk Hidup Dapat Berkembang Biak

Semua yang masuk dalam kriteria makhluk hidup juga dapat berkembang biak. Tujuan dari berkembang biak atau reproduksi adalah untuk melestarikan jenisnya, dari individu berkembang menjadi banyak individu. 

Mahluk Hidup Dapat Bereaksi

Ciri-ciri makhluk hidup adalah dapat bereaksi terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Reaksi ini akan timbul jika ada rangsangan dari lingkungan, yang dapat berupa cahaya, panas, dingin, bau dari gas, sentuhan, gravitasi, rasa, dan lain-lain.

Mahluk Hidup Dapat Beradaptasi

Ciri-ciri makhluk hidup berikutnya juga dapat menyesuaikan diri atau dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan beradaptasi inilah yang akan membuat makhluk hidup bertahan hidup di lingkungannya.

Mahluk Hidup Membutuhkan Makan

Makanan dan air adalah kebutuhan bagi semua makhluk hidup. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, pertumbuhan, dan mengganti sel tubuh yang rusak, sedangkan, air berfungsi sebagai zat pelarut di dalam tubuh.

Mahluk Hidup Mengeluarkan Zat Sisa

Makhluk hidup dapat mengeluarkan zat sisa yang disebut dengan ekskresi. Ekskresi ini sangat diperlukan karena zat sisa bersifat racun, sehingga kalau tidak dikeluarkan akan mengganggu kinerja tubuh.

Ciri Pada Tumbuhan

Sama halnya dengan manusia, tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Karena dapat menyesuaikan diri itulah maka tumbuhan dapat tetap hidup. Dikutip dari detik.com, berikut ini ciri khusus tumbuhan yang berbeda-beda, diantaranya:

Bunga Mawar

Tanaman ini memiliki duri pada batangnya yang akan menjadi senjata bagi bunga tersebut untuk melindungi diri dari serangan musuh. Kembang yang dimiliki oleh bunga tersebut menjadi pemikat terhadap musuh yang datang mendekat. Akan tetapi, duri pada batangnya akan menjadi musuh bagi setiap mangsanya.

Bunga Kaktus

Batang kaktus juga tebal dan berlapis lilin. Batang tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan air sehingga kaktus dapat bertahan hidup di daerah kering.

Bunga Kantong Semar

Genus Nepenthes (Kantong semar) memiliki bagian sulur menghadap ke belakang yang dapat melilit ranting tanaman lain. Selain itu, terdapat juga bagian kantong atas yang lebih sering menangkap hewan terbang seperti nyamuk atau lalat.

Daun Tumbuhan Putri Malu

Daun pada tumbuhan putri malu akan mengatup apabila tersentuh sesuatu. Hal ini menunjukkan bahwa putri malu beradaptasi terhadap rangsang sentuhan.

Pohon Jati

Pohon jati menyesuaikan diri dengan musim kemarau dengan cara menggugurkan daunnya atau disebut dengan meranggas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0