Begini cara cek dan mencari NISN (Nomer Induk Siswa Nasional) online.
in

Begini Cara Cek dan Mencari NISN (Nomer Induk Siswa Nasional) Online

NISN: Cara Cek Online dan Offline Serta Tujuannya

Katalogue.id – Begini cara cek dan mencari NISN (Nomer Induk Siswa Nasional) online. Mengetahui cara cek NISN sangat penting karena dibutuhkan untuk mengikuti Ujian Nasional dan mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Sebelum melakukan pengecekan NISN, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu seputar NISN.

Seperti yang Anda ketahui, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah serangkaian nomor kode pengenal identitas siswa Indonesia yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa.

Para siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga tinggi wajib mengetahui cara cek NISN online. Hal ini guna mempermudah proses pendaftaran pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

NISN Adalah

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya.

Begini cara cek dan mencari NISN (Nomer Induk Siswa Nasional) online.
Begini cara cek dan mencari NISN (Nomer Induk Siswa Nasional) online.

Dengan NISN, seluruh peserta didik dapat terhitung dalam setiap rombongan belajar, satuan pendidikan, wilayah, dan jenjang pendidikan. NISN diberikan kepada setiap siswa yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan terdaftar di data Referensi Kemendikbud.

Tujuan NISN umumnya digunakan untuk menunjang program perencanaan pendidikan. Misalnya, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, Program Indonesia Pintar (PIP), hingga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Meninjau hal tersebut, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud RI) menyediakan bantuan berupa uang tunai dan kemudahan akses bagi para siswa yang telah memiliki NISN serta tergabung dalam program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Cara Cek dan Mencari NISN

Dilansir dari laman statmat.net, untuk melakukan cek dan mencari NISN, Anda harus terlebih dahulu mengetahui salah satu dari informasi berikut, nomor NISN atau detail nama lengkap serta tempat tanggal lahir yang valid serta terdaftar di Dapodik Kemdikbud.

Berikut ini cara cek dan mencari NISN yang bisa Anda lakukan.

Melakukan Cek dengan Nomor NISN

Adapun cara yang pertama cara cek dan mencari NISN dengan menggunakan nomor NISN yang sudah Anda punya. Tahapannya tidak sulit, Anda hanya perlu membuka halaman ini nisn.data.kemdikbud.go.id lalu memasukkan kedua data yang diminta yaitu:

  • Nomor NISN
    • Berupa deretan angka 10 digit yang menjadi identitas unik setiap siswa yang bersekolah di instansi yang sudah terintegrasi dengan data Dapodik Kemdikbud.
  • Nama ibu kandung
    • Isi dengan nama ibu kandung Anda dengan nama gadisnya (tidak menyertakan nama ayah di belakangnya). Bisa diisi dengan huruf kecil semua (tidak perlu ada huruf kapital).

Setelah mengisi kedua informasi diatas, Anda harus melakukan verifikasi captcha dengan mengklik kotak disamping tulisan I’m not a robot. Apabila informasi yang Anda masukkan benar, Anda sudah bisa mengetahui berapa NISN yang telah diterbitkan.

Melakukan Cek NISN dengan Nama

Apabila Anda telah lupa atau mengalami kesalahan dalam memasukkan nomor NISN, ada cara alternatif lainnya yang bisa digunakan. Anda dapat mencari data NISN dengan nama lengkap dan beberapa data pendukung. Begini cara yang bisa Anda lakukan, klik pada tautan berikut ini nisn.data.kemdikbud.go.id kemudia masukkan informasi secara detail.

  • Nama lengkap siswa
    • Masukkan nama lengkap Anda sesuai dengan Akte Kelahiran atau KTP yang terdaftar secara resmi di sekolah Anda. Jangan hanya masukkan nama depan atau nama belakang saja karena jika nama tidak lengkap, maka akan muncul pesan “Data tidak ditemukan, pastikan isian variabel pencarian sesuai. Terima Kasih“.
  • Tempat lahir
    • Masukkan dengan nama Kota atau Kabupaten tempat kelahiran Anda tanpa awalan kota/kab. Jangan masukkan nama wilayah lain seperti tingkat kelurahan atau kecamatan karena yang dibutuhkan hanya Kota atau Kabupaten sesuai tempat di akte kelahiran. Misal nama tempat lahir yang valid: JakartaBandungCilacap, dan sebagainya.
  • Tanggal lahir
    • Klik di kotak form tanggal lahir untuk memunculkan kotak kalender. Anda dapat memilih tahun, bulan serta tanggal lahir lewat kotat tersebut atau mengetiknya secara manual pada kolom tersebut dengan format tahun-bulan-tanggal. Contoh format tanggal lahir yang valid: 2021-03-05
  • Nama ibu kandung
    • Isi dengan nama gadis ibu kandung tanpa menyertakan nama marga setelah kawin atau panggilan lainnya. Bisa diisi dengan huruf kecil tanpa ada huruf kapital.

Setelah form NISN caribynama terisi semua sesuai panduan diatas, ketuk kotak reCaptcha disamping tulisan I’m not a robot hingga berubah menjadi ikon cheklist hijau. Setelahnya, Anda cukup menekan tombol Cari Data dan data serta nomor NISN Anda akan ditampilkan.

Melakukan Cek NISN dengan QR Code (Offline)

Setelah mengetahui cara cek NISN online, selanjutnya Anda bisa melakukan cara NISN secara offline. Hal tersebut sebagai antisipasi apabila situs yang telah disediakan secara online mengalami gangguan ataupun tidak bisa di akses dengan baik.

Cara yang harus Anda lakukan cek NISN offline sebagai berikut:

  • Menggunakan salah satu dari dua cara yang telah dijelaskan diatas.
  • Lalu lihat QR code yang terletak dibagian paling bawah data NISN Anda.
  • Setelahnya, klik kanan pada gambar QR code tersebut lalu pilih opsi Save image as

Dengan cara tersebut, Anda sudah memiliki data NISN yang dapat dicek tanpa melalui web Dapodik Kemdikbud bahkan dapat dilihat secara offline. Caranya adalah scan qr code tersebut menggunakan kamera ponsel yang sudah terinstall aplikasi QR code scanner yang dapat diunduh gratis di Play Store / App Store.


Sampai disini dulu informasi tentang kategori EDUKASI, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0