Cara menentukan ide pokok, penjelasan pengertian dan fungsi.
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

Cara Menentukan Ide Pokok, Penjelasan Pengertian dan Fungsi

Memahami Cara Menentukan Ide Pokok

Katalogue.id – Catat! cara menentukan ide pokok, penjelasan pengertian dan fungsi. Suatu paragraf terdiri dari ide pokok atau kalimat utama dan kalimat pengembang. Ide pokok itu harus ada dalam suatu paragraf ataupun suatu cerita. Mustahil jika suatu paragraf tidak memiliki ide pokok. 

Bisa dikatakan bahwa paragraf yang baik itu akan terdiri dari satu ide pokok dan beberapa kalimat pengembang. 

Dalam buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi yang ditulis Alfian Rokhmansyah dkk, dijelaskan paragraf yang tidak memiliki gagasan utama atau ide pokok tidak dapat dianggap paragraf. Bentuk seperti ini hanya untaian kalimat yang menyerupai paragraf.

Ide pokok sangat penting supaya pembaca memahami apa yang hendak disampaikan. Karena, apabila terdapat kesalahan dalam ide pokok, maka akan membuat pembaca mudah bosan sehingga tulisan tersebut dianggap tidak penting.

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah sebuah ide yang akan disampaikan oleh penulis dalam sebuah pokok bahasan di sebuah paragraf. Ide pokok juga sering dinamakan sebagai gagasan utama, gagasan pokok, atau pikiran utama. 

Cara menentukan ide pokok, penjelasan pengertian dan fungsi.
Cara menentukan ide pokok, penjelasan pengertian dan fungsi. Photo by Miguel Á. Padriñán on Pexels.com

Kehadiran ide pokok dalam sebuah paragraf merupakan salah satu yang penting guna memberikan informasi untuk pembaca. Fungsi lainnya adalah akan membantu penulis untuk mengembangkan sebuah alur tulisan yang didukung dengan gagasan penjelas. 

Dalam sebuah kalimat biasanya hanya ditemukan satu ide pokok dan terletak di awal kalimat. Perlu diketahui bahwa kalimat utama tidak sama dengan kalimat pertama.

Kalimat pertama dapat berada di awal paragraf disebut deduktif, di akhir paragraf disebut induktif, atau di awal dan di akhir paragraf disebut campuran.

Adapun ciri-ciri ide pokok pada umumnya, sebagai berikut:

  1. Memiliki kalimat pendukung (kalimat pengembang) atau penjelasan.
  2. Ada yang mendukung, baik itu berupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya.
  3. Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan.

Setelah memahami pengertian dan ciri-ciri ide pokok, Anda harus memahami juga fungsi ide pokok. Fungsi ide pokok adalah memberikan penjelasan dari inti suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami paragraf tersebut. dan menjelaskan inti dari suatu paragraf. Dengan mengidentifikasi ide pokok, kita dapat mengetahui ide utama dari paragraf tersebut.

Cara Menentukan Ide Pokok

Menentukan ide pokok adalah salah satu pemahaman yang harus dipahami oleh seorang penulis. Sebelum merangkai kata, sebaiknya menentukan ide pokok yang bagus supaya pembaca tertarik untuk membacanya. Ide pokok dapat berupa sebuha informasi, hiburan dan lainnya. 

Dilansir dari laman viva.co.id, begini cara menentukan ide pokok yang bisa Anda pahami.

Mencari Kalimat Utama

Cara menentukan ide pokok yang pertama adalah dengan mengetahui kalimat utama yang mana. Ciri utama bersifat umum. Letakkan kalimat penjelas dan fokus ke dalam kalimat utama. Ini adalah gagasan utama dari paragraf yang Anda baca.

Menentukan Fokus Pembaca

Cara menentukan ide pokok yang selanjutnya adalah membaca artikel secara lengkap, dengan fokus tanpa gangguan. Atau lebih sederhananya, sebagai latihan, Anda bisa membaca sebuah paragraf dengan cermat dan fokus.

Dengan cara ini, sebuah ide atau poin utama dari apa yang Anda baca, yang bersifat umum dan itu merupakan ide pokok.

Memberikan Kesimpulan Paragraf

Cara menentukan ide pokok yang berikutnya adalah memberikan kesimpulan suatu paragraf. Anda dapat menulis beberapa hal penting. Misalnya, dalam buku sains yang sedang Anda baca, sebuah paragraf terdiri dari banyak kalimat dan kata (paragraf gemuk).

Mungkin ada lebih dari satu ide pokok dalam paragraf seperti ini. Tuliskan poin-poin umum yang Anda temukan, beberapa di antaranya akan merujuk pada gagasan utama yang Anda cari.

Contoh Menentukan Ide Pokok

Cara menentukan ide pokok, penjelasan pengertian dan fungsi. Untuk lebih memahami mengenai ide pokok, berikut ini contoh menentukan ide pokok, yuk simak!

Paragraf Deduktif

Paragraf Deduktif memiliki ciri khas di mana ide pokok akan disampaikan pada awal kalimat. Karenanya, paragraf deduktif mempunyai alur tulisan dari khusus ke umum. Dalam paragraf ini, hal-hal yang menjadi inti pembicaraan telah disampaikan di kalimat awal sebelum menuliskan ide pendukung lainnya.

Contoh Ide Pokok dalam Paragraf Deduktif

Membuat diri bahagia banyak caranya dan mudah dilakukan. Kamu bisa mulai dengan hal paling sederhana: tersenyum. Kemudian carilah udara segar yang membantu membuat rileks otak. Ingat bahwa ada banyak orang yang mempedulikanmu, serta yang paling penting, hargai dirimu sendiri secara wajar.

Ide pokok: cara bahagia.

Kalimat utama: cara membuat diri bahagia ada banyak dan mudah dilakukan (deduktif).

Kalimat penjelas: Kamu bisa mulai dengan hal paling sederhana: tersenyum. Kemudian carilah udara segar yang membantu membuat rileks otak. Ingatlah bahwa ada banyak orang yang mempedulikanmu, serta yang paling penting, hargai dirimu sendiri secara wajar.

Paragraf Induktif

Paragraf Induktif memiliki ciri khas yang diposisikan di akhir tulisan. Itu sebabnya paragraf induktif memiliki alur penulisan dari umum ke khusus. Pada paragraf ini, awal kalimat membahas hal yang bersifat umum, kemudian menuliskan ide pokoknya di akhir kalimat.

Contoh Ide Pokok dalam Paragraf Induktif

Terlalu memikirkan masalah akan membuat kamu makin sedih. Selain itu, alangkah lebih baik untuk fokus untuk menyelesaikan. Tidak perlu menggerutu yang berlebihan. Tetap semangat dan mintalah bantuan kepada orang tepercaya jika diperlukan. Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah.

Ide pokok: cara mengatasi kesedihan.

Kalimat utama: Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah (induktif).

Kalimat penjelas: Terlalu memikirkan masalah akan membuat kamu makin sedih. Selain itu, alangkah lebih baik untuk fokus untuk menyelesaikan. Tidak perlu menggerutu yang berlebihan. Tetap semangat dan mintalah bantuan kepada orang tepercaya jika diperlukan.


Sampai disini dulu informasi tentang kategori edukasi, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0