Memahami contoh kata pengantar untuk tugas makalah, karya ilmiah, dan laporan.
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

Contoh Kata Pengantar untuk Tugas Makalah, Karya Ilmiah, dan Laporan

Kata Pengantar: Struktur dan Contohnya

Katalogue.id – Memahami contoh kata pengantar untuk tugas makalah, karya ilmiah, dan laporan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengatakan bahwa kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat padat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Dalam pengertian lain, kata pengantar adalah tulisan singkat yang berada pada awal suatu karya tulis sebelum masuk ke pembahasan inti. Dalam kata pengantar biasanya berisi ucapan terima kasih dan sambutan awal dari penulis.

Penulisan kata pengantar sangatlah penting karena kata pengantar terletak di bagian depan dan merupakan bagian yang pertama kali dilihat pembaca saat membaca karya tulis Anda. Dalam setiap penulisan karya tulis berupa makalah, skripsi, proposal, dan laporan dibutuhkan kata pengantar agar pembaca dapat mengerti bahasan atau pokok permasalahan karya tulis tersebut.

Struktur Kata Pengantar

Kata pengantar atau foreword dibuat atau ditulis oleh orang lain selain penulis, bisa kerabat, pakar, pejabat, atau orang lain yang mewakili penulis. Kata pengantar berisi apresiasi terhadap tulisan dan penulis. Kata pengantar juga berisi ucapan terima kasih kepada penulis.

Memahami contoh kata pengantar untuk tugas makalah, karya ilmiah, dan laporan.
Memahami contoh kata pengantar untuk tugas makalah, karya ilmiah, dan laporan. Photo by Pixabay on Pexels.com

Inilah struktur kata pengantar yang bisa Anda gunakan dalam penulisan makalah, skripsi dan proposal.

Pembukaan

Bagian pembukaan kata pengantar adalah pada paragraf pertama sampai kedua. Bagian pembukaan berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, diikuti dengan ucapan terima kasih kepada siapa saja yang telah membantu penulisan karya tulis tersebut.

Isi

Isi kata pengantar adalah judul karya tulis dan sedikit ulasan tentang isi karya tulis tersebut. Uraian singkat tentang karya tulis ditujukan untuk mendorong minat pembaca agar ingin membaca lebih lanjut. Jika terlalu detail dan panjang mengulas tentang isi karya tulis, dikhawatirkan pembaca menjadi kehilangan minat untuk melanjutkan membaca.

Penutup

Bagian penutup kata pengantar adalah permohonan maaf penulis serta kesediaan untuk menerima saran dan kritik membangun di kemudian hari. Di bagian ini, penulis juga dapat menyampaikan harapan-harapannya, baik tentang karya yang tengah ditulisnya maupun yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0