Memahami rumus luas lingkaran dan cara menghitung.
in

Memahami Rumus Luas Lingkaran dan Cara Menghitung

Soal dan Cara Menghitung Luas Lingkaran

Katalogue.id – Memahami rumus luas lingkaran dan cara menghitung. Luas lingkaran adalah daerah yang dilingkupi oleh lingkaran. Ketika berhubungan dengan matematika, siapa yang tidak tahu bangun datar?

Menghitung bangun datar sering kali Anda lakukan di bangku sekolah. Salah satu dari bangun datar yaitu lingkaran yang memiliki rumus untuk menghitung luas.

Dalam menentukan luas lingkaran, Anda perlu mengingat nilai konstanta phi. Nilai phi dengan 20 desimal adalah 3,14159265358979323846, namun pada umumnya, nilai phi yang digunakan hanya dua desimal saja, yaitu 3,14. Selain itu, nilai phi juga dapat dituliskan dalam bentuk pecahan, yaitu 22/7.

Apabila dilihat sekilas, rumus dari keliling dan luas lingkaran memang hampir sama, bahkan tak jarang  seseorang bisa terbalik saat menggunakan rumusnya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengingatkan Anda kembali tentang bagaimana cara menghitung luas sebuah lingkaran.

Unsur Lingkaran

Rumus lingkaran mulai dari luas dan keliling ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sebab banyak benda di sekitar kita yang berbentuk lingkaran. Lingkaran sebagai sebuah bangun datar memiliki beberapa unsur. Inilah unsur lingkaran yang perlu Anda ketahui.

Memahami rumus luas lingkaran dan cara menghitung.
Memahami rumus luas lingkaran dan cara menghitung.
  • Titik pusat lingkaran adalah titik yang berada di tengah-tengah lingkaran sebagai pusatnya.
  • Jari-jari lingkaran adalah sebuah garis yang menghubungkan antar titik pusat dengan titik lengkung pada keliling lingkaran.
  • Diameter lingkaran adalah sebuah garis panjang lurus yang menghubungkan antara dua titik pada keliling lingkaran yang melewati titik pusat lingkaran.
  • Tali busur lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingakaran, tapi tidak melalui titik pusat lingkaran. Ini berbeda dengan diameter yang garisnya melalui titik pusat.
  • Juring lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua garis jari-jari dan dibatasi oleh sebuah busur lingkaran yang letaknya diapit oleh dua buah jari-jari tersebut.
  • Tembereng lingkaran adalah luas daerah yang berada di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur lingkaran dan tali busur lingkaran.
  • Apotema lingkaran adalah jarak terpendek antara tali busur dengan titik pusat lingkaran. Garis apotema umumnya berada tegak lurus dengan tali busur.
  • Busur lingkaran adalah garis lengkung yang merupakan bagian dari keliling lingkaran. Busur pada lingkaran dibagi menjadi dua, yakni busur besar dan busur kecil.
  • Sudut pusat lingkaran adalah sebuah sudut yang terbentuk dari perpotongan antara dua buah jari-jari yang ada di titik pusat lingkaran.
  • Sudut keliling lingkaran adalah sebuah sudut yang terbentuk karena pertemuan antara dua tali busur dengan satu titik pada keliling lingkaran

Langkah Menghitung Luas Lingkaran

  • Yang harus Anda kuadratkan adalah jari-jarinya dan bukan diameternya
  • Perhatikan bahwa 3,14 hanyalah pendekatan pi, sebenarnya terdapat banyak digit setelah titik desimal, sehingga akan lebih baik jika Anda menggunakan kalkulator.
  • Untuk dapat mengingat rumusnya, jangan lupa untuk menulis di buku catatan ataupun di selembar kertas.
  • Apabila Anda tidak dapat menemukan bantuan, mintalah bantuan kepada teman ataupun anggota keluarga Anda, mencari di internet atau mencari di buku matematika.
  • Dengan menggunakan kalkulator akan sangat membantu Anda. Kalkulator dengan 4 fungsi sederhana bisa sangat membantu, namun kalkulator yang lebih rumit bisa menyimpan pengukuranmu untuk dapat dihitung di lain waktu, atau Anda dapat menggunakannya di komputer Anda.
  • Cobalah untuk mengingat rumusnya pada saat ujian.

Rumus Luas Lingkaran

Lingkaran dapat didefinisikan sebagai himpunan titik-titik yang memiliki jarak yang sama dari suatu titik tertentu yang selanjutnya disebut pusat dari lingkaran. Jarak dari pusat ke titik-titik pada lingkaran disebut dengan jari-jari, dan disimbolkan dengan r.

Dikutip dari laman caramenghitung.com, inilah rumus luas lingkaran yang bisa Anda pelajari.

Rumus Luas Lingkaran

Luas lingkaran : π  x r2

Keterangan :

π  (phi) = 3,14 atau 22/7

r = jari-jari lingkaran atau setengah diameter lingkaran, jika jari-jari tersebut satuannya meter (m) maka satuan luasnya adalah m².

Rumus Luas Lingkaran Jika Diketahui Jari-jarinya

Dibawah ini merupakan soal yang paling mudah karena sudah sesuai dengan rumus yang tersedia.

Soal:

Jika diketahui sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 14 cm dan  π ( phi ) = 22/7, hitunglah luas lingkaran tersebut!

Cara Menghitung Luas Lingkaran

Diketahui:

r = 14 cm
π ( phi ) = 22/7

L = π x r²
= 22/7 x 14²
= 22/7 x ( 14 x 14 )
= 22/7 x 196
= 4312/7
= 616

Jadi luas lingkaran tersebut adalah 616 cm²

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0