Begini urutan planet dalam sistem tata surya.
Photo by Alex Andrews on Pexels.com
in

Urutan Planet dalam Sistem Tata Surya

Memahami Susunan Tata Surya

Katalogue.id – Begini urutan planet dalam sistem tata surya. Dalam penelitian benda-benda yang ada di langit, para ahli astronomi menggunakan berbagai alat bantu salah satunya adalah teleskop atau teropong.

Teropong yang digunakan ada yang landas bumi seperti di Observatorium Bosscha, dan teropong ruang angkasa yang berada di atmosfer bumi seperti teleskop Hubble. Ilmu yang mempelajari berbagai benda langit serta sifat dan gejalanya disebut astronomi.

Perlu Anda ketahu bahwa, para pakar tidak menemukan adanya tanda kehidupan di planet-planet selain bumi. Sebagai contoh adalah Planet Mars di sana hanya ditemukan sisa kehidupan atau dengan kata lain pernah ada kehidupan sebelumnya di planet Mars.

Bumi merupakan planet yang dengan senantiasa memutari bintang pusatnya yaitu matahari. Selain bumi, masih banyak benda langit yang berputar dalam pengaruh matahari. Benda-benda langit tersebut antara lain, planet, satelit, planet kerdil, komet, asteroid, dan lain-lain.

Seluruh benda langit tersebut beserta dengan matahari berada dalam suatu sistem yang disebut sistem tata surya. Dalam bahasa Inggris tata surya juga disebut dengan solar system. Tata surya tersebut terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang mengelilinginya.

Susunan Tata Surya

Susunan tata surya dipimpin oleh bintang yang sangat panas yang menjadi pusatnya yaitu matahari. Matahari menjadi pusat dan dikelilingi oleh benda langit seperti planet, asteroid, komet, satelit alam dan lain-lain.

Begini urutan planet dalam sistem tata surya.
Begini urutan planet dalam sistem tata surya. Photo by Adam Krypel on Pexels.com

Dilansir dari laman gramedia.com, inilah susunan tata surya pada umumnya.

Matahari

Matahari merupakan bintang di pusat tata surya. Memiliki bentuk hampir bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur dengan medan magnet. Diameter matahari sekitar 1.392.684 km dan massanya sekitar 330.000 kali massa bumi.

Secara kimiawi, sekitar ¾ massa matahari terdiri dari hidrogen, sedangkan sisanya didominasi helium. Sisa massa yang lain terdiri dari elemen-elemen berat seperti oksigen, karbon, besi, neon, dan lain-lain.

Matahari merupakan bola gas raksasa yang energinya sangat besar menyebabkan menjadi sangat panas. Suhu di pusat matahari mencapai 15 juta derajat celcius. Sedangkan suhu permukaan matahari 50 kali suhu air mendidih.

Akibatnya planet terdekat yaitu Merkurius dan Venus menjadi sangat panas juga. Sementara panas matahari ke bumi tidak terlalu panas dikarenakan jaraknya yang sangat jauh. Bumi menerima panas yang tidak terlalu tinggi.

Planet

Planet merupakan bintang yang letaknya berubah-ubah karena planet bergerak mengelilingi matahari. Planet tidak dapat memancarkan cahaya matahari dan bintang.

Cahaya yang dipancarkan planet berasal dari cahaya matahari yang dipantulkannya sehingga pada malam hari planet dapat dilihat dengan mata telanjang dan kelihatan terang seperti bintang. Setiap planet memiliki lintasan orbitnya seendiri-sendiri dan berbentuk elips.

Berdasarkan jarak dengan matahari, planet yang disebut inferior (planet dalam) Sedangkan yang disebut planet superior (planet luar). Planet inferior terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars dan planet superior terdiri dari Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Asteroid

Asteroid adalah bongkahan batu langit dan sisa logam dengan ukuran yang berbeda-beda dan tidak beraturan sisa pembentukan tata surya di masa lalu. Sebagian dari asteroid yang terdapat di tata surya berada di antara planet Mars dan Jupiter.

Mereka bergerombol membentuk suatu gugusan mirip sabuk yang beredar bersama mengorbit matahari. Kelompok asteroid tersebut sering disebut sabuk asteroid. Sabuk asteroid merupakan rumah bagi ratusan ribu asteroid dari yang berukuran sekecil partikel debu kosmik hingga yang sebesar miniatur planet.

Satelit

Satelit memiliki pengertian yaitu benda langit yang bergerak mengitari sebuah planet. Selain mengelilingi atau mengitari planet, satelit juga berputar pada porosnya. Menurut beberapa ahli, satelit berasal dari bahasa latin ”Satelles” yang memiliki arti pelayan, atau seseorang yang melayani pihak lain. Satelit dapat dibedakan menjadi dua bagian menurut cara terbentuknya.

  • Satelit Alam
    • Satelit alam merupakan satelit yang terbentuk karena adanya peristiwa alam bersamaan dengan terbentuknya planet. Contohnya: bulan sebagai satelit bumi, titan sebagai satelit alam Saturnus.
  • Satelit Buatan
    • Satelit buatan merupakan satelit yang dibuat leh manusia dan digunakan untuk tujuan tertentu. Contohnya, satelit cuaca, satelit komunikasi, satelit mata-mata, dan lain-lain.

Komet

Komet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan orbit yang berbentuk elips. Komet menyerupai bintang dan sering disebut orang sebagai bintang berekor. Komet tersusun atas gas, es, dan debu. Ketika komet bergerak mendekati matahari, lapisan es pada komet menguap.

Meteor

Meteor merupakan benda angkasa yang berupa pecahan batuan angkasa yang jatuh dan masuk ke dalam atmosfer bumi. Ketika meteor masuk ke dalam atmosfer bumi maka akan terjadi gesekan dengan udara sehingga benda tersebut akan menjadi panas dan terbakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0