Google Meet atau Zoom? Mana yang Anda Jadi Pilihan Anda
in

Google Meet atau Zoom? Mana yang Jadi Pilihan Anda

Ketahui Google Meet atau Zoom yang Lebih Baik

Katalgoue.id- Google Meet atau Zoom? Mana yang Anda Jadi Pilihan Anda. Google Meet telah menjadi solusi konferensi video yang populer, menambahkan sekitar 30 ribu pengguna setiap hari. Platform tersebut, sebelumnya dikenal sebagai Google Hangouts Meet. Awalnya dikenal di antara organisasi berskala besar, pelanggan perusahaan, dan perusahaan seperti sekolah. 

Namun, dengan penyebaran wabah virus korona yang telah mendorong banyak orang untuk mulai bekerja dari rumah, Google Meet muncul sebagai nama rumah tangga. Seiring berkembangnya teknologi, Google kini telah mengumumkan bahwa Meet akan segera tersedia secara gratis untuk semua orang. Tidak diragukan lagi, ini adalah langkah untuk mempersulit Zoom, aplikasi yang telah menarik banyak orang, berkat ketersediaan gratis (terbatas).

Pilihan Meeting Skala Kecil

Baik Google Meet dan Zoom memungkinkan Anda melakukan panggilan video skala besar dengan hingga 100 peserta secara gratis (untuk jangka waktu terbatas). Itu tentang semua kesamaan yang mereka miliki.

Pada bulan April, Google memperkenalkan layanan konferensi video G Suite tingkat perusahaan, Google Meet, kepada masyarakat umum. Siapa pun yang memiliki akun Google dapat membuat atau bergabung dengan panggilan Google Meet. Hingga 100 peserta dapat bergabung dalam panggilan, dan paket gratis memungkinkan rapat 60 menit.

Meskipun Google Meet kekurangan sebagian besar fitur lanjutan yang ditawarkan Zoom, yang ditawarkannya adalah layanan video call yang cepat dan mudah langsung di web. Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi untuk menggunakannya.

Anda cukup pergi ke situs web Google Meet dan masuk dengan akun Google Anda. Dengan satu klik, Anda dapat memulai video call (atau menjadwalkannya dengan Google Kalender). Bagikan URL dengan peserta Anda, dan mereka dapat bergabung dengan panggilan setelah mereka masuk ke akun Google mereka.

Pilihan Meeting Skala Besar

Tidak diragukan lagi bahwa Zoom telah memainkan peran besar baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi kami selama pandemi Covid-19. Lebih singkatnya,  Zoom adalah layanan panggilan video berskala besar tingkat perusahaan dengan banyak fitur (tidak berlebihan), dan memiliki paket gratis. Paket gratis memungkinkan Anda menelepon hingga 100 peserta dan menggunakan banyak fitur, tetapi waktu rapat dibatasi hingga 40 menit.

Bahkan dengan paket gratis, Anda dapat merekam panggilan , membisukan peserta , mengobrol, berbagi dokumen atau layar Anda, melakukan panggilan video HD, menggunakan papan tulis atau latar belakang virtual, mengirim emoji, dan banyak lagi.

Saat Zoom tidak mengalami hari yang sangat sulit (dengan skandal privasi atau saat beban berat), Zoom adalah layanan yang solid dan dapat diandalkan yang cocok untuk rapat besar. Plus, bagi kebanyakan orang, ini aman digunakan . Ini dapat menangani 100 peserta pada panggilan HD selama beberapa jam dengan baik.

Fitur Google Meet dan Zoom

Google Meet atau Zoom? Mana yang Anda Jadi Pilihan Anda. Ada banyak fitur yang membuat Google Meet menjadi pesaing kuat atas Zoom. Namun, selain dari penawaran yang berbeda, Anda juga dapat melihat beberapa kesamaan antara aplikasi tersebut. Dikutip dari laman gadgets.ndtv.com inilah perbedaan fitur dari kedua aplikasi tersebut.

Google Meet atau Zoom? Mana yang Anda Jadi Pilihan Anda
Google Meet atau Zoom? Mana yang Anda Jadi Pilihan Anda. Photo by Anna Shvets on Pexels.com

Google Meet X Zoom: Availability

Karena konferensi video tidak lagi terbatas pada desktop dan laptop, Kedua aplikasi ini tersedia untuk perangkat seluler berbasis Android dan iOS. Google Meet juga dapat diakses langsung melalui Chrome dan browser modern lainnya dan tidak memerlukan plugin tambahan. 

Anda hanya perlu mengunjungi meet.google.com untuk mengadakan rapat. Demikian pula, Anda dapat berpartisipasi dalam rapat terjadwal dengan mengunjungi tautannya di browser Anda yang memenuhi syarat. Ini tidak terjadi dengan Zoom karena tidak memungkinkan Anda mengadakan rapat melalui browser. 

Meskipun demikian, Anda dapat bergabung ke rapat melalui browser Anda. Ada juga plugin untuk Google Chrome dan Mozilla Firefox yang dapat Anda gunakan untuk menjadwalkan rapat Anda.

Google Meet X Zoom: Waktu Rapat, Batas peserta

Google Meet hadir secara gratis untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang. Begitu pula Zoom sudah memiliki versi gratis. Tetapi seperti penawaran freemium lainnya, versi gratis Google Meet dan Zoom keduanya memiliki beberapa batasan. 

Google Meet akan menawarkan batas rapat 60 menit untuk pengguna gratis. Artinya, Anda tidak dapat mengadakan rapat virtual selama lebih dari 60 menit jika Anda menggunakan versi gratis. Namun, batas waktu tidak berlaku hingga 30 September.

Zoom, di sisi lain, memberikan batas 40 menit untuk pertemuan kelompok di bawah opsi gratisnya. Pada bagian dari batas peserta, Google Meet dan Zoom memungkinkan Anda menampung hingga 100 peserta untuk setiap rapat virtual Anda.

Google Meet X Zoom: Keamanan

Keamanan adalah salah satu aspek utama yang membuat Google Meet sangat berbeda dari Zoom. Yang terakhir juga belakangan ini juga menjadi pusat perhatian untuk masalah keamanan dan bahkan Zoom 5.0 baru-baru ini dirilis untuk mengatasi beberapa di antaranya. 

Sebagai gambaran, Google Meet mendukung beberapa opsi verifikasi 2 langkah untuk akun pengguna dan mematuhi standar keamanan IETF untuk Datagram Transport Layer Security (DTLS) dan Secure Real-time Transport Protocol (SRTP). Meet juga menghasilkan kunci enkripsi unik yang hanya ada selama rapat berjalan dan ditransmisikan dalam RPC yang dienkripsi dan diamankan (panggilan prosedur jarak jauh) saat rapat disiapkan. 

Sebaliknya, Zoom menggunakan standar enkripsi AES 256-bit GCM yang disebut-sebut akan diaktifkan di semua akun pada tanggal 30 Mei. Namun, kami masih melihat masalah seperti Zoombomings muncul di Web.

Google Meet X Zoom: Antarmuka

Zoom populer karena tampilan Galeri yang menampilkan hingga 49 peserta pada satu layar. Namun, Google Meet baru-baru ini meniru antarmuka tersebut dengan mengaktifkan tata letak ubin yang diperluas yang secara bersamaan menampilkan hingga 16 peserta sekaligus. 

Google juga baru-baru ini menambahkan mode cahaya rendah yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menyesuaikan video berdasarkan kondisi pencahayaan. Fitur ini awalnya terbatas untuk pengguna seluler.

Google Meet X Zoom: Berbagi layar

Kedua aplikasi ini juga memberikan kemampuan untuk berbagi layar Anda dengan peserta rapat virtual Anda. Anda juga dapat mengaktifkan teks waktu nyata untuk memahami apa yang dikatakan peserta lain selama panggilan.

Google Meet X Zoom: Merekam

Zoom memungkinkan Anda merekam rapat dalam format MP4 (video) dan M4A (audio) yang dapat Anda simpan secara lokal di sistem Anda. Ini tidak seperti Google Meet yang tidak mengizinkan perekaman rapat virtual untuk pengguna gratis. 

Namun, jika Anda adalah edisi G Suite Enterprise atau G Suite Enterprise untuk Pendidikan berbayar, Anda dapat merekam rapat dengan lancar. Yang penting, dukungan rekaman akan tersedia untuk pengguna gratis hingga 30 September di Google Meet.

Google Meet X Zoom: Roundup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0