10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan dan contohnya.
Photo by Tirachard Kumtanom on Pexels.com
in

10 Langkah Membuat Surat Lamaran Pekerjaan dan Contohnya

Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Baik dan Benar

Katalogue.id- 10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan dan contohnya. Surat lamaran kerja yang baik adalah surat yang dapat memberikan gambaran perjalanan karir Anda. Untuk mempermudah membuat surat lamaran kerja, coba bayangkan dan posisikan diri Anda menjadi pembaca surat lamaran kerja.

Walaupun Anda tidak bersemangat menulis surat lamaran pekerjaan dan menganggap hal itu membuang-buang waktu, surat lamaran yang ringkas dan tersusun akan menjadi pembeda antara diterima bekerja atau tidak.

Dengan menonjolkan keterampilan Anda yang dapat diterapkan untuk pekerjaan tersebut dan menunjukkan pada calon atasan bahwa Anda bisa menjadi aset besar, surat tersebut akan mengantarkan Anda pada posisi impian.

Langkah Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan dan contohnya. Biasanya, orang-orang kebingungan dalam menuliskan konten atau isi dalam surat lamarannya sendiri. Tentunya, hal tersebut juga diakibatkan dari banyaknya perbedaan antara diri sendiri dengan orang lain yang bisa membuat kita takut terlebih dahulu.

10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan dan contohnya.
10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan dan contohnya. Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Berikut langkah membuat surat lamaran pekerjaan yang dikutip dari tokopedia.com ,Yuk Simak.

Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan Anda menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang Anda buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu Anda cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Apabila Anda sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan Anda mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, Anda bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”. 

Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa Anda tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Anda bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

Kata Pengantar

Pada bagian ini, Anda bisa menuliskan dari mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang Anda tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan Anda juga menuliskan posisi yang Anda inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan Anda menekankan ketertarikan Anda untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

Biodata Pribadi

Pada bagian ini, Anda bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, Anda bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan Anda juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang Anda inginkan di perusahaan tersebut.

Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Pastikan Anda melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima Anda.

Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana Anda harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan Anda menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap Anda di bawahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0