12 tanaman pengusir nyamuk paling ampuh.
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

12 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Mengenal Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh

Katalogue.id – 12 tanaman pengusir nyamuk paling ampuh. Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah.

Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.

Tidak hanya berguna untuk menambah estetika rumah, tanaman juga memiliki guna lainnya. Ada yang berguna sebagai bahan memasak, ada juga sebagai tanaman obat dan pengusir serangga.

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

12 tanaman pengusir nyamuk paling ampuh.
12 tanaman pengusir nyamuk paling ampuh. Photo by Uwe Nake on Pexels.com

Ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu pakai dan tanam di pekarangan atau di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini sudah sejak lama dipercaya khasiatnya dalam mengusir nyamuk, bahkan membunuhnya. 

Berikut tanaman pengusir nyamuk yang dikutip dari laman gardendesign.com yuk simak!

Lavender

Tanaman pengusir nyamuk yang pertaman adalah bunga Lavender. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa serangga atau bahkan kelinci dan hewan lain tidak pernah menghancurkan tanaman lavender.

Dikarena aromanya yang indah, yang berasal dari minyak esensial yang ditemukan di daun tanaman. Bahkan dikatakan bahwa minyak lavender menghalangi kemampuan nyamuk untuk mencium.

Tanaman ini sangat tangguh dan tahan kekeringan setelah terbentuk, dan hanya membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Dan meskipun dapat bertahan di banyak iklim, ia tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

Marigold

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya yaitu Marigold. Bunga tahunan yang mudah tumbuh, mengeluarkan bau yang menghalangi nyamuk. Tumbuhkan mereka dalam pot dan letakkan di dekat teras atau pintu masuk ke rumah Anda untuk mengusir serangga. 

Marigold juga merupakan tambahan populer untuk perbatasan dan kebun sayur. Menurut NYBG, mereka tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah kutu daun , thrips, lalat putih , kumbang kacang Meksiko, serangga squash, dan cacing tanduk tomat.

Citronella Grass

Dikenal karena baunya yang khas, citronella grass (atau serai) adalah bahan alami yang paling umum digunakan dalam pengusir nyamuk. Faktanya, Brooklyn Botanic Garden merekomendasikan tanaman beraroma lemon seperti rumput serai untuk mengusir nyamuk. 

Dan kabar baiknya adalah bahwa tanaman hidup adalah yang paling efektif dalam mengusir hama. Tanaman dengan perawatan rendah ini paling baik di pekebun besar karena tidak tahan terhadap embun beku, tetapi di iklim yang lebih hangat, dapat ditanam langsung di area yang cerah di tanah.

Catnip

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah Catnip ( catmint ) dapat ditemukan tumbuh subur hampir di mana saja. Ini berasal dari keluarga mint dan tumbuh subur baik sebagai tanaman komersial maupun sebagai gulma. Sangat mudah untuk merawatnya dan bahkan mungkin mulai menyerang area lain di taman Anda. 

Namun, jika Anda ingin melupakan sifat berbahaya tanaman ini, mereka adalah pengusir nyamuk yang luar biasa dan rekomendasi lain dari BBG. Dalam sebuah penelitian di Iowa State University, catmint ditemukan sepuluh kali lebih efektif daripada DEET. Bahan kimia yang digunakan di sebagian besar penolak serangga.

Rosemary

Tanaman pengusir nyamuk hebat lainnya adalah rosemary. Baik New York Botanical Garden dan PlantShed merekomendasikan tanaman ini. Rosemary adalah ramuan yang banyak dari kita sangat akrab dengan dan aroma kayu mereka adalah apa yang membuat nyamuk serta ngengat kubis dan wortel terbang. 

Mereka melakukan yang terbaik di iklim panas dan kering dan berkembang dalam wadah, yang mungkin ideal untuk daerah dengan musim dingin. Mereka juga dapat dipangkas menjadi segala macam bentuk dan ukuran dan membuat batas atau dekorasi yang bagus. 

Sementara hama menjauh, Anda dapat menikmati aroma ramuan dan juga menggunakannya untuk membumbui masakan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0