Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

5 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Mengetahui Contoh Surat Pengunduran Diri

Katalogue.id- Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Surat pengunduran diri merupakan sebuah surat yang dibuat oleh pekerja dan ditujukan kepada atasan. Dengan pernyataan mengenai pengunduran diri dari suatu pekerjaan yang dijalani.

Pada umumnya surat pengunduran diri serupa dengan surat lamaran kerja. Namun, terdapat perbedaan mengenai tujuan serta isi dari kedua surat tersebut. Biasanya, surat pengunduran diri tersusun atas beberapa unsur seperti misalnya, isi surat dan tanda tangan diatas materai.

Keputusan untuk mengundurkan diri bisa dilakukan siapa saja. Mulai dari siswa yang mengundurkan diri dari sekolah hingga karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan. Pimpinan atau atasan juga akan memberikan maklum apabila ada yang mengundurkan diri baik-baik. 

Percayalah, dengan kamu mengundurkan diri secara baik-baik, dan berbicara langsung dengan atasan walaupun hanya lima menit, hal itu akan memberikan dampak positif buat dirimu di masa mendatang. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat bisa menyelamatkan ‘wajah’ kamu sendiri.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.
Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Photo by Julia M Cameron on Pexels.com

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.. Selain dengan menyusun surat pengunduran diri sesuai struktur, perlu diperhatikan bahwa penulisan surat pengunduran diri haruslah ditulis menggunakan etika yang berlaku. Penulis harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  • Mengawali dengan penghormatan “Kepada Yth.”
  • Isi surat haruslah singkat dan padat.
  • Tidak menyertakan kesan buruk kepada perusahaan.
  • Menyertakan alasan mengundurkan diri dengan logis.
  • Mengucapkan terima kasih atas pekerjaan yang telah diberikan.
  • Akan lebih baik jika menyelipkan sebuah kenang-kenangan sebagai ucapan terima kasih.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Tetap perbaiki diri dan performa untuk mendapatkan pekerjaan baru yang sesuai dengan keinginan atau hasrat kamu. Setelah meninggalkan perusahaan lama, jangan putus asa untuk mendapakan pekerjaan yang sesuai dan perusahaan yang dapat mendukung minat kamu selama ini. 

Berikut contoh surat pengunduruan diri yang dikutip dari mamikos.com , Yuk Simak.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Jakarta Selatan, 10 Januari 2021

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Dinamika Sejahtera
Jl. Durian
Jakarta Timur

Dengan hormat

Melalui surat ini, saya Danang Siswoyo bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Dinamika Sejahtera sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 12 Januari 2021.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Dinamika Sejahtera. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Dinamika Sejahtera jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapk PT. Dinamika Sejahtera berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

( tanda tangan )

Danang Siswoyo

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain 

Surabaya, 11 Juni 2020

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Manik Maya Indonesia
Jl. P.K. Bangsa 105-108
Surabaya

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Adi Septiadi bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Manik Maya Indonesia sebagai Operator Produksi, terhitung dari tanggal 15 Juni 2020. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Manik Maya Indonesia. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Manik Maya Indonesia apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Manik Maya Indonesia semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Adi Septiadi

Contoh Pengunduran Diri Karena Kesehatan dan Usia

Makassar, 5 Maret 2020

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Banyu Biru Indonesia
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Banyu Biru Indonesia berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama                : Bagas Susanto
Departemen     : PT. Banyu Biru Indonesia
Jabatan             : Mekanik
No. Karyawan   : 000258

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT. Banyu Biru Indonesia dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Bagas Susanto

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Semarang, 17 Mei 2019

Kepada
Yth Pimpinan
CV. INOVASI TIADA HENTI
Semarang

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama     : Benny Sukoco
Alamat   : Jl. Bagawanta No. 65 Semarang- Jawa Tengah
Jabatan : Sales Counter

Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pertanggal 20 Mei 2019. Demikian permohonan pengunduran diri saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan bimbingan yang diberikan oleh Bapak/Ibu selama saya bekerja ditempat Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Benny Sukoco

Contoh Surat Pengunduran Diri Jelas dan Padat

Jakarta, 25 April 2020

Kepada Yth,
HRD Menager
PT. LANCAR JAYA MANDIRI
Jalan Rambutan No. 19
Jakarta Barat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Wawan Indrawan Sanusi bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. LANCAR JAYA MANDIRI sebagai Sales Marketing, terhitung sejak hari ini tanggal 16 April 2020. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. LANCAR JAYA MANDIRI. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibidang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. LANCAR JAYA MANDIRI atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap PT. LANCAR JAYA MANDIRI semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(tanda tangan)

Wawan Indrawan Sanusi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0