7 cara merawat ikan cupang bagi para pemula
Photo by Stacey Gabrielle Koenitz Rozells on Pexels.com
in

7 Cara Merawat Ikan Cupang Bagi Para Pemula

Membahas Tentang Cara Merawat dan Memelihara Ikan Cupang

Katalogue.id – 7 cara merawat ikan cupang bagi para pemula. Ikan cupang merupakan satu di antara jenis ikan hias aduan yang memiliki corak serta bentuk ekor yang bagus. Tidak heran apabila banyak kalangan yang memelihara ikan ini di rumah. Baik sebagai hiasan atau memang hobi beternak jenis ikan hias yang satu ini.

Ikan cupang secara alami hidup di Asia Tenggara tropis (terutama Thailand) di perairan yang kecil, hangat, dan tergenang. Sekitar 150 tahun yang lalu di Thailand, ikan cupang mulai menjadi hewan peliharaan ketika anak-anak mengumpulkannya dari sawah dan menempatkannya bersama untuk menyaksikan mereka bertanding.

Ikan cupang kemudian mendapat perhatian Eropa pada tahun 1840 ketika Raja memberikan beberapa di antaranya kepada seorang dokter Denmark bernama Dr. Theodore Cantor.

Dia mempelajari dan membesarkan mereka, dan pada tahun 1890-an, dan ikan cupang diimpor ke Prancis dan Jerman. Ikan cupang baru masuk ke Amerika Serikat sekitar tahun 1910.

Jenis Ikan Cupang Mudah Dipelihara

Terdiri dari berbagai macam jenis, ikan cupang juga sangat mudah dirawat sehingga tak akan merepotkan. Apabila tertarik memelihara ikan cupang, berikut ini jenis ikan cupang mudah dipelihara dirumah yang dikutip dari dekoruma.com, yuk simak!

Ikan Cupang Halfmoon

7 cara merawat ikan cupang bagi para pemula
7 cara merawat ikan cupang bagi para pemula. Photo by id.pinterest.com

Jenis ikan cupang ini terdiri dari varian warna yang sangat cantik, mulai dari kuning hingga merah menyala. Sesuai dengan namanya, ikan cupang halfmoon yang berasal dari Thailand ini memiliki ekor dan sirip menyerupai bentuk separuh bulan.

Mengenai harganya, Anda bisa menemukan ikan cupang halfmoon di pasaran dengan kisaran harga Rp3 jutaan.

Ikan Cupang Double Tail

7 cara merawat ikan cupang bagi para pemula
Photo by id.pinterest.com

Memiliki bentuk unik dengan ekor ganda yang terbelah dua pada bagian tengah siripnya, ikan cupang double tail juga terdiri dari berbagai varian warna. Bahkan, Anda bisa menemukan varian multicolor yang sangat cantik.

Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, ikan cupang double tail tergolong langka sehingga harganya cenderung mahal bahkan mencapai Rp2 jutaan per ekor. Dengan memelihara ikan cupang ini di dalam akuarium, dijamin rumah Anda akan terlihat lebih hidup dan atraktif.

Ikan Cupang Crown Tail

Disebut juga dengan nama ikan cupang serit, ini adalah ikan cupang pertama yang dibudidayakan di Indonesia sejak tahun 1997. Ikan cupang crown tail juga memiliki bentuk yang cantik dengan sirip menyerupai jarum yang membentuk sisir rambut.

Di pasaran, jenis ikan cupang ini sangat mudah Anda temukan dan bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau.

Ikan Cupang Plakat

Memiliki bentuk ekor yang sangat menawan, nama ikan cupang plakat diambil dari istilah Thailand yang berarti pertarungan. Sesuai makna namanya, ikan cupang jenis ini kerap difungsikan sebagai ikan aduan dan memiliki karakterisitik berupa ekor yang terkesan pendek, tapi kokoh.

Jika tertarik membelinya, ikan cupang plakat bisa Anda temukan di pasaran seharga Rp1 jutaan. 

Ikan Cupang Giant

Giant
Photo by id.pinterest.com

Ketimbang jenis lainnya, ikan cupang giant memiliki ukuran terbesar, bahkan mencapai 12 cm. Ikan cupang giant dikembangkan dari perkawinan silang antara ikan cupang plakat dan jenis lainnya.

Jenis ikan cupang ini sendiri cukup mudah ditemukan di pasaran, di mana Anda bisa membelinya dengan kisaran harga sekitar Rp400 ribuan.

Ikan Cupang Fancy

Alasan jenis ikan cupang ini dinamakan fancy adalah warnanya yang sangat cantik dan beragam, bahkan Anda bisa menemukan varian dengan kombinasi hingga tujuh warna.

Memiliki ukuran yang sangat mungil, ikan cupang fancy anakan bisa Anda temukan di pasaran dengan kisaran harga mulai Rp200 ribuan. Sementara, jenis ikan cupang fancy untuk keperluan kontes bisa dijual hingga Rp20 jutaan.

Ikan Cupang Paradise

Paradise
Photo by id.pinterest.com

Ikan cupang paradise atau surga banyak ditemukan di Asia Tenggara. Bahkan, di Indonesia, jenis cupang ini banyak terdapat di perairan Jawa, Bali, dan Sumatera. Sekarang, ikan cupang surga cukup langka ditemukan sehingga harganya pun cenderung mahal.

Namun, jika Anda seorang kolektor yang ingin memelihara ikan cupang langka, Anda dapat mulai untuk memburunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0