Cara membuat kopi dalgona tanpa mixer
Photo by Patrick Porto on Pexels.com
in

Cara Membuat Kopi Dalgona Tanpa Mixer

Tanpa Mixer Kopi Dalgona Tidak Kehilangan Rasanya

Katalogue.id- Cara membuat kopi dalgona tanpa mixer yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, kopi dalgona (달고나 커피) adalah kopi kocok. Kopi dalgona dibuat dengan 4 bahan sederhana yaitu kopi instan, gula, air panas dan susu. 

Kopi, gula dan air panas ditambahkan ke dalam mangkuk dan diaduk sampai mencapai status krim, lembut dan kaku. Kopi kocok ini kemudian dimasukkan ke dalam susu dingin atau hangat pilihan Anda.

Kopi dalgona ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan minuman kopi harian tetapi tidak ingin keluar semua untuk mendapatkannya. Tidak ada proses rumit untuk menggabungkan bahan-bahannya.

Awal Mula Kopi Dalgona

Kopi Dalgona pertama kali disebutkan di program TV Korea. Nama “dalgona” berasal dari jajanan jalanan Korea kuno, yang memiliki rasa yang mirip dengan honeycomb toffee. Cara pembuatan dalgona menyerupai kopi kocok, jadi seorang pembawa acara TV menamai kopi tersebut setelah itu. Namun jujur ​​saja, kopi kocok atau whipped coffee bukanlah hal baru. Ada yang bilang kopi ini seperti Frappe atau Indian cappucino, disajikan terbalik.

Cara Membuat Kopi Dalgona

Cara membuat kopi dalgona tanpa mixer
Cara membuat kopi dalgona tanpa mixer. Photo by Tijana Drndarski on Pexels.com

Terlepas dari asalnya, kopi kocok sangat mudah, cepat, dan menyenangkan untuk dibuat. Sekarang saatnya Anda mencoba untuk membuat sendiri. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat kopi dalgona.

KOMPOSISI, PORSI 1

  • 1 sdm kopi instan ( sesuai pilihan Anda)
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm air panas
  • 3/4 cangkir untuk 1 cangkir susu (pilihan Anda), dinginkan atau panaskan
  • (opsional) es batu

* 1 sdm = 15 ml

Langkah Pembuatannya:

1. Campurkan kopi instan, gula dan air panas dalam mangkuk pengaduk. Aduk rata. Kemudian menggunakan mixer genggam (mixer berdiri atau pembuih susu) kocok dengan kecepatan tinggi sampai campuran kopi membentuk puncak yang kaku (2-4 menit). 

2. Tambahkan es batu ke dalam mug lalu tuangkan di atas susu. Ambil kopi kocok di atas susu. Menyajikan.

Info Nutrisi (per porsi)

  • Kalori: 176 kkal 
  • Karbohidrat: 25 g 
  • Protein: 6 g 
  • Lemak: 6 gram 
  • Lemak Jenuh: 3 g 
  • Kolesterol: 18 mg 
  • Natrium: 81 mg 
  • Kalium: 418 mg 
  • Gula: 21 g 
  • Vitamin A: 296 IU 
  • Kalsium: 207 mg 
  • Besi: 1 mg

Informasi nutrisi yang ditampilkan adalah perkiraan yang disediakan oleh kalkulator nutrisi online. Ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti nasihat ahli gizi profesional.

CARA MENYIMPAN

Jika Anda membuat kopi kocok dalam jumlah besar, dapat didinginkan selama beberapa hari dalam wadah kedap udara (tanpa susu). Ini akan larut pada akhirnya, tetapi tetap stabil setidaknya selama beberapa hari.

Cara Membuat Kopi Dalgona Tanpa Mixer

Cara membuat kopi dalgona tanpa mixer. Kopi Dalgona adalah minuman viral yang telah mengambil alih platform media sosial seperti TikTok. Tekstur kocok kopinya seperti mimpi, tetapi bagian terbaiknya adalah Anda hanya membutuhkan tiga bahan untuk membuatnya di rumah. 

Mendapatkan tekstur itu mungkin tampak sulit jika Anda tidak memiliki mixer elektrik. Tetapi tidak sulit juga untuk mendapatkan tekstur yang lebuih baik apabila tanpa menggunakan mixer. Dirangkum oleh elitedaily.com bahwa berikut cara membuat kopi dalgona tanpa mixer:

1. Gunakan pengocok.

Banyak video kopi dalgona di media sosial yang menunjukkan orang-orang menggunakan alat pengocok untuk mengocok bahan-bahannya. Ini akan memakan waktu lebih lama daripada mixer listrik dan membutuhkan lebih banyak minyak siku, tetapi Anda harus mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Gunakan sendok atau garpu.

Jika Anda tidak memiliki kocokan, beberapa pengguna telah berhasil mencampur kopi mereka dengan garpu atau sendok. Ini mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga daripada menggunakan pengocok, tetapi sangat mungkin untuk mendapatkan hasil akhir yang sama.

3. Gunakan pembuih susu.

Pembuih susu elektrik tampaknya bekerja dengan sangat baik juga, karena pada dasarnya ini adalah versi mini dari mixer elektrik. Jika Anda kebetulan memilikinya, ini meluangkan sedikit kerja keras untuk Anda.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0