Ketahui cara membuat slime tanpa pakai lem.
in

Ketahui Cara Membuat Slime Tanpa Pakai Lem

Langkah Membuat Slime Tanpa Menggunakan Lem

Katalogue.id- Ketahui cara membuat slime tanpa pakai lem. Ada bermacam-macam jenis slime yang Anda ketahui. Seperti contoh ada slime yang berkilau, slime dengan manik-manik, dan bahkan ada pula slime yang bisa dimakan. Temukan kesenangan membuat slime dengan memakai bahan tanpa lem atau boraks agar lebih aman untuk anak-anak Anda.

Sebagaian orang berkata bahwa slime dapat digunakan untuk meredakan emosi. Bentuknya yang kenyal membuat orang-orang merasa gemas untuk terus meremas-remasnya sehingga emosi dapat tersalurkan. Tidak hanya itu slime juga berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan atau bosan. Terutama bagi pelajar yang bosan mendengarkan guru atau dosen. Cukup dengan memainkan slime dengan meremas-remas maka rasa bosan pun akan tersalurkan.

Slime sendiri sudah ada sejak lama, mainan kenyal ini memiliki banyak ragam dan warna. Ketika tengah populer, orang-orang beramai-ramai membelinya. Ada yang dengan alasan memang untuk penyalur emosi dan bosan, ada pula yang membeli cuma karena ingin ikut-ikutan.

Mengapa Membuat Slime Tanpa Lem?

Slime yang terbuat dari bahan dasar lem itu sangat lengket, dan hampir tidak mungkin dilepas saat mengering. Dengan memakai bahan dasar lem benar-benar dapat merusak kain atau handuk Anda. Apabila anak-anak Anda mencoba mencuci slime mereka dan kemudian mengeringkannya.

Ketahui cara membuat slime tanpa pakai lem.
Ketahui cara membuat slime tanpa pakai lem.

Selain itu bahan-bahan dari slime yang mengandung boron atau boraks juga memberikan dampak yang cukup berbahaya bagi anak-anak Anda. Dikutip dari sehatq.com berikut bahayanya.

Bahaya Boron Dalam Slime

Beberapa produk slime mengandung kadar boron yang sangat tinggi, yaitu sekitar 4.700 ppm, atau lebih dari 15 kali lipat yang diperbolehkan dalam mainan anak. Boron merupakan mineral yang sering digunakan dalam berbagai produk industri, seperti deterjen dan pupuk.

Boron dapat mengiritasi mata, kulit, tenggorokan, dan hidung. Jika boron termakan, maka dapat mengiritasi saluran pencernaan hingga menyebabkan sakit perut, muntah, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Apabila boron tertelan dalam jumlah besar, akibatnya bisa fatal. Mengonsumsi boron dalam waktu singkat dengan dosis yang besar dapat menyebabkan kematian.

Dosis boron mematikan bagi anak-anak, yaitu sekitar 5-6 gram. Sementara, bagi orang dewasa yaitu 15-20 gram.Anak-anak bisa memasukkan apa pun ke dalam mulutnya, termasuk slime yang mengandung boron. Oleh karena itu, orangtua perlu mewaspadai mainan ini. Untuk menjaga anak-anak tetap aman, Anda perlu membatasi kandungan boron yang terdapat dalam mainan anak atau menghindari mainan yang tinggi kandungan boronnya.

Bahaya Boraks Dalam Slime

Boraks merupakan bubuk kristal putih lembut yang larut dalam air. Banyak orang yang mengetahui boraks sebagai bahan produk pembersih. Namun ternyata, boraks juga banyak digunakan sebagai bahan membuat slime.

Penggunaan boraks memiliki beberapa risiko, yaitu iritasi kulit, mata, dan pernapasan, gangguan pencernaan, kemandulan, gagal ginjal, bahkan hingga kematian. Boraks juga dilarang sebagai zat tambahan makanan karena tidak aman untuk dikonsumsi.

Penggunaan boraks sebagai bahan slime membuat anak-anak berisiko mengalami keracunan. Sedikitnya 5 gram boraks dapat berbahaya dan berpotensi fatal jika seorang anak menelannya. Adapun bahaya yang bisa ditimbulkan jika seorang anak menelan boraks, yakni diare, muntah, dan kematian.

Apakah Bahan Untuk Membuat Slime?

  • Membuat Slime Dari Lem Putih (PVAC).
  • Membuat Slime Dari Susu Cair.
  • Membuat Slime dari Bedak Bayi.
  • Membuat Slime Dari Sabun.
  • Membuat Slime Dari Tepung Tapioka.

Cara Membuat Slime Dari Bahan Shampo

Ketahui cara membuat slime tanpa pakai lem. Slime yang dibuat dengan lem mungkin adalah jenis yang paling umum karena mudah dan dapat diandalkan. Berikut langkah-langkah membuat slime dengan berbahan dasar shampo.

Semakin Banyak Shampo Semakin Tebal Hasil Slime

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menggunakan sampo murah. Mungkin Anda bisa menggunakan shampo yang sudah lama tidak terpakai.. Shampo dengan kandungan seperti kondisioner akan menghasilkan slime yang sangat bagus.

Warnai Shampo

Ingin slime pink atau ungu tapi tidak punya sampo pink atau ungu. Beberapa tetes pewarna makanan yang ditambahkan ke shampo akan berhasil dan membuat pewarnaan lebih mudah daripada jika Anda menambahkannya di akhir.

Tambahkan Air Secukupnya

Resep ini memberikan kisaran jumlah air, karena shampo sendiri memiliki kandungan air yang berbeda-beda. Setelah menambahkan tepung maizena ke dalam shampo, campurannya akan menjadi sangat rapuh. Anda ingin menambahkan air hanya satu sendok makan sekaligus sampai slime menjadi lembut dan melar tetapi tidak cair. 

Bahan Membuat Slime Dari Shampo

  • 1/2 cangkir shampo gel tebal
  • 2 sampai 3 tetes pewarna makanan (opsional)
  • 2 1/2 cangkir kanji dari tepung
  • 1/4 sampai 1/3 cangkir air dingin

Peralatan Membuat Slime Dari Shampo

  • Gelas dan sendok takar
  • Mangkuk pengaduk sedang
  • Spatula karet
  • Wadah kedap udara untuk penyimpanan
  • Gelas ukur cair

Intruksi Membuat Slime Dari Shampo

  1. Campur sampo dengan pewarna makanan jika digunakan. Tuang 1/2 cangkir sampo ke dalam mangkuk sedang. Tambahkan 2 hingga 3 tetes pewarna makanan dan aduk agar tercampur.
  2. Tambahkan tepung maizena dan campur menjadi pasta yang rapuh. Tambahkan 2 1/2 cangkir tepung maizena dan aduk rata. Campuran harus berupa pasta yang kental dan rapuh tetapi homogen.
  3. Aduk perlahan di dalam air. Campurkan air 2 sendok makan sekaligus sampai campuran berubah dari rapuh menjadi halus, dan akhirnya berlendir. Anda mungkin tidak membutuhkan semua air.
  4. Uleni slime hingga lembut dan elastis. Saat campuran sudah cukup cair untuk ditangani, gunakan tangan Anda untuk menguleni dan meregangkan slime hingga lembut.

Simpan dalam wadah kedap udara hingga 1 minggu pada suhu kamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0