Ketahui cara menentukan ukuran cincin sebelum membeli.
Photo by Goran Vrakela on Pexels.com
in

Ketahui Cara Menentukan Ukuran Cincin Sebelum Membeli

Membahas Tentang Cara Menentukan Ukuran Cincin

Katalogue.id – Ketahui cara menentukan ukuran cincin sebelum membeli. Cincin merupakan perhiasan yang terdapat pada bagian tangan. Sering dipakai pada posisi tangan jari manis tangan kanan maupun kiri ada juga bagian yang lain. Bukan hanya sekedar accessories hiasan pada tangan agar lebih cantik dan mungkin berwibawa.

Akan tetapi ada juga yang dipergunakan hal yang lain seperti cincin pertunangan dan pernikahan sebagai ikatan batin. Cincin pernikahan sebagai wujud ikatan resmi dan penggunaan cincin merupakan tradisi sejak jaman dulu. Biasanya sebelum mengadakan nikah atau perkawinan yang sah selalu diawali dari tukar cincin memberikan cincin untuk sang calon lelaki dan cincin untuk calon perempuan.

Cincin yang disediakan macam macam bentuk ada cicin yang di beri tanda nama masing masing dan cincin yang diberi tanda hiasan dan tradisi tukar cincin sejak dulu turun temurun dan tidak ada yang mengetahui kapan dimulai tradisi tukar cincin tersebut dan apa makna dari tukar cincin konon sebagai tanda pengikat atau tanda bahwa sudah diadakan pertunangan.

Filosofi Sebuah Cincin

Ketahui cara menentukan ukuran cincin sebelum membeli.
Photo by Tara Winstead on Pexels.com

Dikutip dari laman niahidayati.net bahwa dalam tulisan hieroglif, lingkaran berarti keabadian. Cincin kawin dianggap sebagai lambang pernikahan yang abadi. Selanjutnya, cincin juga dianggap akan mengabadikan hubungan dua orang yang saling mencintai.

Secara filosofis, lingkaran merupakan lambang kelengkapan. Allah SWT menciptakan bumi ini seperti lingkaran, bulat dan berputar. Semua telah Dia sketsa dengan sempurna agar hamba-Nya mau memutar pikirannya untuk membaca, menggerakkan lidahnya untuk berbicara, melangkahkan kakinya untuk mencari, mengayunkan tanganya untuk mencoba-berusaha dan menyandarkan hatinya pada do’a yang tiada henti.

Telah dicipta sebuah wacana Yang Maha Sempurna bahwa hidup tak selalu sama. Hubungan antarmanusia tak pernah berdiam di satu titik yang pasti. Kebahagiaan, kedukaan dan kematian, selalu berputar mengitari lingkaran hidup.

Manusia hanya bisa memprediksi, menjalani dan berharap keabadian pertalian itu, tanpa bisa menentukan akhir cerita yang diperankannya. Lingkaran itu tak pernah berujung, dan sebuah cincin adalah harapan untuk selalu melingkari hati yang dikasihi.

Cincin juga identik dengan keindahan, terutama bagi jari pemakainya. Jari manis seorang perempuan merupakan pasangan serasi sebuah cincin untuk mengikatkan ketulusan. Bagi orang Yunani Kuno, mengenakan cincin di jari manis dipercaya akan mengalirkan energi positif pada vena yang melewati jari tersebut ke jantung.

Untuk meraih langgeng tidaknya sebuah hubungan tidak bergantung kepada sebuah cincin. Sebuah benda mati tidak akan mengalahkan kekuatan hati, hanya ketulusan dan pengertian yang bisa menjaga keutuhan dua hati. Keabadian sejati hanya milik Yang Maha Abadi.

Bagan Gambaran Ukuran Cincin

Ketahui cara menentukan ukuran cincin sebelum membeli. Meski mengukur cincin dapat dilakukan menggunakan cincin yang lama, namun tetap saja hal itu belum tentu akurat. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengukur cincin, baik yang sederhana maupun menggunakan bantuan alat.

Sebelum mencari tahu tentang tutorial menentukan ukuran cincin, Anda perlu memiliki gambaran tentang berapa sih ukuran cincin untuk jari wanita. Biasanya, ukuran cincin untuk jari wanita Indonesia adalah 10 hingga 18.

Dirangkum oleh galeri24.co.id berikut ini gambaran, patokan ukuran, diameter dan keliling cincin Anda, Yuk Simak.

Ketahui cara menentukan ukuran cincin sebelum membeli.
Photo by: galeri24.co.id

Cara Menentukan Ukuran Cincin

Karena ukuran jari mempunyai banyak pilihan. Cobalah untuk mencari mana yang paling cocok digunakan jari Anda. Jika sudah menemukan, lihat angka yang tertera di cincin, maka itulah ukuran cincin Anda.

Namun, ada cara lain mengetahui ukuran cincin yang Anda bisa lakukan dari rumah. Anda hanya perlu menyiapkan kertas dan penggaris. Akan tetapi, Anda perlu tambahan orang untuk untuk membantu Anda.

  • Anda perlu memotong selembar kertas menjadi ukuran 7×100 milimeter. Potongan ini bisa Anda sesuaikan sendiri. Lalu, lingkarkan kertas tersebut di dasar jari Anda. Bila Anda memiliki buku jari yang ekstra besar, lingkarkan kertas tersebut di bawah buku jari, bukan di dasar jari.
  • Mintalah bantuan orang lain untuk menarik kedua ujung kertas untuk memastikan kertas tersebut mengikat jari Anda dengan kuat. Akan tetapi hindari mengikat terlalu ketat.
  • Gambarlah garis lurus menggunakan pulpen atau spidol.
  • Lepas kertas tersebut dan ukurlah jarak antara dua garis di kertas dengan penggaris, dalam satuan milimeter. Jangan ditambahkan atau dikurangi, karena perbedaan satu milimeter saja berarti ukuran cincin yang berbeda.
  • Setelah Anda mengetahui lingkar/keliling jari Anda dalam milimeter, lalu Anda dapat mengirimkan foto hasil pengukuran ini ke vendor perhiasan pilihan Anda supaya mereka bisa menentukan ukuran cincin.

Selain kertas, cara mengukur cincin lainnya adalah dengan menggunakan pita atau sebuah tali. Jika ada pita pengukur di rumah, Anda bisa langsung melingkari jari manis dengan pita pengukur dan lihat ukuran dari titik awal hingga akhir.

Misalnya pita pengukur menunjukkan angka 5 cm atau 50 mm, maka sama dengan ukuran cincin 9. Jika menggunakan benang atau tali, Anda bisa tandai titik awal, dan akhir saat melingkari jari Anda.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0