Mengenal arti kata Wibu yang sering diucapkan dan ini ciri-cirinya.
Photo by mali maeder on Pexels.com
in

Mengenal Arti Kata Wibu yang Sering Diucapkan dan Ini Ciri-Cirinya

Mengetahui Alasan Kenapa Wibu Dibenci

Katalogue.id – Mengenal arti kata Wibu yang sering diucapkan dan ini ciri-cirinya. Negara Jepang memang dikenal negara yang luar biasa. Mereka selalu memiliki berbagai hal yang layak untuk dikagumi.

Mulai dari pesona alamnya, budaya mereka yang masih terjaga, hingga teknologi-teknologi yang mereka ciptakan menjadikan Jepang sebagai tempat yang menarik. Kekaguman terhadap Jepang menjadi masuk akal, mengingat berbagai faktor yang disebutkan sebelumnya.

Buat Anda para pecinta anime, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah wibu. Bagi orang yang menggandrungi anime, kerap memanggil temannya dengan istilah wibu ini. Menurut beberapa sumber, orang yang hobi menonton anime saja, masih belum bisa dikategorikan sebagai wibu.

Istilah ini memiliki arti yang lebih jauh lebih dalam daripada sekadar suka dengan anime. Itulah yang terjadi dalam fenomena wibu. Anda mungkin pernah melihat kata ini di sosial media.

Wibu itu Artinya Apa?

Mengenal arti kata Wibu yang sering diucapkan dan ini ciri-cirinya.
Mengenal arti kata Wibu yang sering diucapkan dan ini ciri-cirinya. Photo by Daria Sannikova on Pexels.com

Kata wibu adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu weaboo. Wibu adalah kata yang menggambarkan seseorang yang bukan berasal dari Jepang, namun sangat terobsesi dengan hal-hal yang berbau Jepang.

Dikutip dari laman viva.co.id, para wibu biasanya tertarik dengan kebudayaan Jepang dan bahkan akan mencoba berperilaku seperti orang-orang Jepang. Mereka juga akan merasa bahwa mereka seperti orang Jepang asli.

Dalam kasus yang lebih parah, para wibu yang sangat mencintai kebudayaan Jepang, justru mengabaikan atau bahkan tidak menyukai kebudayaan negara mereka sendiri. Dalam bahasa Jepang, istilah untuk wibu adalah shinnichi.

Istilah ini pertama kali digunakan pada awal abad ke-18 dan berubah cakupannya seiring berjalannya waktu. Istilah weeaboo, kemudian disingkat menjadi weeb. Kata ini berasal dari webcomic berjudul The Perry Bible Fellowship. 

Menurut sejarahnya, kata tersebut tidak memiliki arti dan dianggap sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan. Japanofilia dianggap terbelakang karena dianggap kurang menghargai budaya bangsa dan negaranya sendiri, untuk tingkat yang lebih parah.

Menurut beberapa keterangan, japanofilia tidak terlalu sama artinya dengan wibu. Sebab pada dasarnya, japanofilia memiliki minat yang sangat luas tentang budaya Jepang, sedangkan wibu hanya terfokus pada pop culture Jepang, seperti anime dan manga.

Namun saat ini, istilah wibu cenderung sudah sangat bias. Di masyarakat Indonesia sendiri, wibu memiliki arti sebagai orang yang menonton anime atau membaca manga yang berada di level candu, tidak sampai ke tingkat yang sangat ekstrem seperti membangga-banggakan budaya Jepang. 

Orang-orang yang kerap menggunakan istilah wibu biasanya berasal dari media sosial. Mereka menggunakan frasa Jepang dalam percakapan, memasang foto anime sebagai profil, dan menggunakan nama dalam frasa bahasa Jepang, padahal nama aslinya tidak seperti itu.

Jadi, kesimpulannya wibu bukanlah kepanjangan dari istilah apapun, melainkan hanya bahasa serapan asing.

Apa Ciri-ciri Wibu?

Anda mungkin bisa mengenali seorang wibu ketika mengamati dari bagaimana mereka menjalani aktivitasnya. Ada beberapa parameter yang bisa digunakan untuk mengetahui ciri-ciri dari wibu. Anda juga bisa menilai dirimu sendiri, apakah kamu wibu atau bukan.

Mengutip dari laman merdeka.com, berikut ini ciri-ciri wibu, yuk simak!

Mempunyai Obsesi dengan Jepang

Ciri-ciri yang terlihat pada wibu adalah cara pandang mereka terhadap negara Jepang. Mereka menganggap seluruh kehidupan yang ada di Jepang merupakan hal yang keren dan juga lebih unggul dari kebudayaan mana pun, termasuk kebudayaan negara mereka sendiri.

Menirukan Perilaku Orang Jepang

Ciri-ciri berikutnya dari seorang wibu adalah mereka senang meniru perilaku orang Jepang. Seorang wibu pasti akan selalu mencari tahu info-info tentang apa yang terjadi di Jepang. Mereka akan mencoba untuk meniru bagaimana kehidupan dan gaya orang Jepang. Mulai dari pilihan kata, sikap, dan juga perilaku, mereka akan menjadikan gaya hidup orang Jepang sebagai panduan.

Memenuhi Sosial Media ala Jepang

Ciri-ciri umum yang ada pada wibu adalah pada akun sosial media mereka. Sosial media pun tidak luput dari kreativitas para wibu. Umumnya, para wibu akan menggunakan nama Jepang dan mencampurkan nama mereka dengan nama Jepang.

Bahkan, mereka akan menggunakan aksara Jepang untuk menuliskan nama akun sosial media mereka. Kemudian pada gambar profil mereka, akan dipasang gambar-gambar karakter anime favoritnya. Dan akan mengaku bahwa mereka lahir di Jepang.

Menyisipkan Bahasa Jepang

Para wibu yang fanatik dengan hal-hal berbau Jepang juga akan meniru bagaimana cara hidup orang Jepang. Salah satunya adalah dengan berbicara atau menulis di sosial media mereka dengan menyisipkan Bahasa Jepang dalam setiap kesempatan.

Kata-kata seperti ‘Ohayo’, ’Sumimasen’, ‘Nani’, atau ‘Gomen’ mungkin akan sering terdengar dari mulut mereka. Begitu juga dalam beraktivitas di sosial media. Mereka akan menggunakan campuran bahasa Jepang dengan bahasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0