Ini resep membuat martabak manis bersarang dengan teflon rumahan.
Photo by id.pinterest.com
in

Resep Membuat Martabak Manis Bersarang dengan Teflon Rumahan

Ketahui Perbedaan Martabak Manis dan Terang Bulan, Salah Satu Makanan Terfavorit Saat Malam Hari

Katalogue.id – Ini resep membuat martabak manis bersarang dengan teflon rumahan. Dari resep dan cara penyajiannya yang praktis membuat banyak orang yang antusias membuat konten memasak dengan resep martabak manis teflon.

Pada awalnya, martabak ini diambil dari bahasa arab yang berarti terlipat. Makanan atau jajanan ini pun sangat banyak ditemukan di Arab Saudi, Malaysia, dan beberapa negara asia tenggara termasuk negara kita sendiri, Indonesia.

Akan tetapi, nama dari makanan ini pun biasanya tergantung dari daerah setempat. Ada yang menamakan makanan ini dengan terang bulan, dan ada pula yang menyebut hidangan ini dengan apam balik, dan lain sebagainya. Tapi dari segi pembuatan dan bahan sebagian besar sama seperti martabak yang kita kenal.

Martabak biasa dijadikan dengan cita rasa asin dan manis. Dalam cita rasa asin, biasanya bahan dasar martabak diganti menjadi telur dengan campuran sayuran dan tahu. Disajikannya dengan saus cuka dan acar.

Dalam cita rasa manis, biasanya martabak diberikan topping meses, keju, kacang dan susu. Namun saat ini sedang banyak menu baru yaitu ditambahkan marshmallow, cokelat batang, ovomaltine, nutella, dan masih banyak variasi lainnya.

Perbedaan Martabak Manis dan Terang Bulan

Ini resep membuat martabak manis bersarang dengan teflon rumahan.
Ini resep membuat martabak manis bersarang dengan teflon rumahan. Photo by id.pinterest.com

Martabak manis dan terang bulan adalah makanan yang identik dengan kue dadar berukuran tebal dengan permukaan berwarna kuning dan kulit luar kecoklatan. Permukaan kuningnya berpori dan jika dipotong, akan terlihat tekstur yang berserat. Berikut ini perbedaan martabak manis dan terang bulan, yuk simak!

Martabak Manis

Apabila Anda beli di kedai kaki lima, martabak manis yang sudah matang hampir tak bisa dibedakan. Coba Anda perhatikan ketebalan, tekstur, dan warna kulitnya, martabak manis mempunyai tekstur yang lebih lembut. Bagian kulit yang renyah pada martabak manis biasanya berwarna coklat muda.

Dari segi rasa, martabak manis terasa sekali manisnya. Martabak manis punya topping yang lebih beragam dari sekadar kacang, keju, dan meises coklat. Martabak manis juga identik dengan topping kekinian seperti toblerone, oreo, hingga nutella.

Terang Bulan

Banyak yang bilang kalau terang bulan adalah martabak manis. Bahkan, konon kudapan ini merupakan cikal bakal martabak manis. Seperti namanya, terang bulan memiliki kenampakan yang bulat dan terang (kekuningan) seperti bulan. Tak heran, terang bulan juga disebut “kue bulan” di berbagai daerah Indonesia. 

Kalau Anda mencoba terang bulan asal kota Semarang, kenampakan terang bulan beda dari yang biasa Anda bayangkan. Terang bulan ala Semarang memiliki tekstur tipis, sehingga lebih mirip panekuk atau crepes.

Warna kulitnya cenderung coklat dan merata ke seluruh permukaan. Soal rasa, terang bulan ini tidak terlalu manis. Pemakaian topping-nya (atau lebih tepatnya, isian terang bulan) pun cukup sederhana, yakni coklat, keju, dan selai stroberi.

Berapa Kalori dari Martabak Manis

Martabak manis adalah salah satu kudapan yang sering dikonsumsi di luar waktu makan. Topping martabak manis bervariasi dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing; mulai dari keju, cokelat, kacang, dan lain-lain.

Di samping itu, rasanya manis dan gurih, serta teksturnya yang garing di luar namun lembut di dalam. Karena alasan-alasan itulah, maka martabak manis menjadi favorit banyak orang. 

Akan tetapi, kalori martabak manis sebenarnya tergolong cukup tinggi. Rata-rata kalori martabak manis adalah 250-300 kalori. Angka ini dapat naik atau turun, tergantung dari jenis topping, bahan tepung dan margarin yang digunakan, cara memasak, serta faktor-faktor lainnya.

Terkait pertanyaan Anda, mengacu kepada kalori martabak manis rata-rata, adalah benar bahwa kalorinya hampir setara dengan sepiring nasi. Rata-rata kalori dari satu piring nasi adalah 200-250 kalori, berbeda tipis dengan sepotong martabak manis.

Apabila Anda memang ingin mengonsumsinya, cukup konsumsi 1-2 potong saja. Lalu, pada waktu makan lainnya, usahakan mengonsumsi jenis makanan lain yang bergizi seimbang mulai dari sayur-mayur, buah-buahan, protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0