Honda Tiger 2000 Disulap ala Bobber. Yuk, Kenali Sejarahnya
in

Honda Tiger 2000 Disulap ala Bobber. Yuk, Kenali Sejarahnya

Mengenal Sejarah Modifikasi Boober

Katalogue.id- Motor Honda Tiger 2000 disulap ala Bobber. Honda Tiger merupakan jenis motor yang legendaris di Indonesia, sampai saat ini penggemar fanatik motor ini masih banyak. Honda Tiger sering jadi motor buruan untuk dijadikan bahan custom atau modifikasi.

Sangat wajar apabila penggemar fanatik tersebut melakukan modifikasi motor kesayangannya, hal itu mungkin dilakukan agar tetap mengikuti perkembangan zaman now. Salah satu modifikasi yang mungkin Anda kenal adalah custom motor bobber.

Dalam dunia otomotif, motor custom yang ada saat ini juga telah menyasar para pecinta motor di kelas pemula. Selain itu, tumbuh kembangnya sepeda motor custom di tanah air juga di tunjang dengan banyaknya bengkel custom motor yang berdiri untuk memenuhi kebutuhan para bikers yang hobi melakukan modifikasi.

Sejarah Modifikasi Custom Bobber

Mungkin Anda lebih sering mendengar modifikasi motor chopper daripada custom motor bobber. Dengan mengusut dari perkembangan atau sejarahnya bahwa motor custom bobber lah yang terlahir lebih dahulu daripada custom motor chopper.

Dikutip dari orapada.com bahwa sebelum muncul era chopper hadir terlebih dahulu era “bobber”. Di mana istilah bobber muncul berasal dari kata “bobbed” atau melepaskan sebagian besar beban dari motor. Para modifier biasanya melakukan pemotongan atau pelepasan pada bagian spakbor depan dan belakang dengan tujuan membuat motor menjadi lebih ringan.

Honda Tiger 2000 Disulap ala Bobber. Yuk, Kenali Sejarahnya.
Honda Tiger 2000 Disulap ala Bobber. Yuk, Kenali Sejarahnya. Foto Oleh: pinterest.ca

Selain itu penampilan motor itu menjadi lebih unik dan enak dipandang mata. Aliran bobbed menjadi asal mula dari aliran minimalist rider, seperti contoh pendahulu bobber yaitu 1940 indian sport bob-job. Di Amerika Serikat ( AS) aliran bobbed juga telah mengawali lahirnya modifikasi custom chopper.

Ketika Perang Dunia II telah berakhir, para tentara bermotor Amerika Serikat ( AS) dan para mekaniknya memperbaiki seluruh kendaraan motor dan mobil mereka. Di saat itu banyak motor dan mobil yang mesinnya masih berfungsi dengan baik tetapi dengan kondisi bodi sudah rusak.

Kemudian yang dilakukan oleh para tentara dan mekaniknya adalah membuang bagian-bagian tertentu yang sudah tidak layak dipakai. Dengan tujuan agar tidak mengganggu fungsi mesin. Bagian motor yang biasa dilepas, di antaranya spakbor depan dan belakang, bagian saddle, lampu depan dan belakang. Selain itu, bagian engine guard depan dan belakang.

Di masa itulah berbagai ide telah muncul dari custom Bobbers, Minimalist dan Hotrods. Begitu juga dengan custom chopper yang sampai saat ini memiliki penggemar tersendiri, sebut saja Keanu Reaves. Artis Hollywood tersebut juga mempunyai koleksi motor chopper yang terparkir di garasinya.

Konsep Custom Bobber

Tema klasik vintage merupakan konsep yang diusung oleh custom motor Bobber. Oleh karena itu, bagian tanki pun memang seharusnya dirubah total. Bentuk dari tanki tersebut sebaiknya dibuat menjadi sedikit lebih simpel dan sedikit lebih kecil agar terlihat lebih eye catching.

Apabila tanki sudah dirubah, maka langkah selanjutnya adalah mengganti bagian sasis. Posisi sasis tersebut akan dijadikan acuan oleh para bikers, apakah memakai single seater ataupun double seater. Bagian sasis ini pun nantinya dirubah dengan menyesuaikan tanki yang akan dipakai.

Di bagian suspensi depan, Anda bisa memakai bawaan dari pabrik atau menggunakan originalnya. Namun, apabila ingin menggantinya lebih baik menggunakan suspensi yang hampir sama dengan original dikarenakan alasan keselamatan. Berbeda dengan suspensi bagian belakang, Anda bisa memodifikasinya karena suspensi bagian belakang ini dengan diganti dengan arm model klasik.

Untuk mengurangi beban motor agar tidak terlalu berat, Anda bisa menggunakan velg dengan jari-jari alumunium yang lebar. Dan untuk pemakaian jenis ban, Anda harus memilih ukuran yang besar, misal contoh menggunakan Ring 16 ukuran 500-16. Agar custom motor bobber style terlihat lebih kekar.

Pemilihan bagian aksesories seperti stang, handle rem dan lainnya, Anda dapat menggunakan produk custom yang diutamakan bergaya vintage. Untuk penerangan bagian depan Anda dapat menggunakan headlamp bawaan dari pabrik. Tetapi bisa juga memakai headlamp custom asalkan tidak mengurangi ciri khas bobber yaitu dengan bentuk headlamp bulat atau lingkaran. Pada bagian stop lamp, tentu saja Anda harus memilih yang bergaya vintage pula.

Custom Bobber Basic Honda Tiger 2000

Motor Honda Tiger 2000 disulap ala Bobber. Sebenarnya bukan hanya Honda Tiger saja yang bisa di custom ala bobber, adapun contoh lainnya seperti Yamaha Scorpio dan Suzuki Thunder 250. Kebanyakan para modifier menggunakan motor tersebut adalah dengan alasan motor yang memiliki kapasitas mesin di atas 200 cc. Sehingga dari segi tenaga dan hasil tampilannya pun tidak diragukan lagi.

Pada intinya, custom bobber sebenarnya adalah membuat motor seringan mungkin tapi tetap legal di jalan. Yuk, Simak review custom bobber yang dikutip oleh otomotif.pro berikut ini :

Honda Tiger 2000 Disulap ala Bobber. Yuk, Kenali Sejarahnya.

Data Modifikasi:

  • Rangka: Custom
  • Velg Depan: Aluminium ukuran 350-16
  • Velg Belakang: Aluminium ukuran 450-16
  • Segitiga: Custom
  • Stang Kemudi: Custom
  • Fork Depan: Yamaha Byson
  • Ban Depan & Belakang: Swallow Classic 500-16
  • Swing Arm: Custom
  • Lampu Depan: Aftermarket
  • Lampu Sein: Aftermarket
  • Lampu Stop: Aftermarket
  • Spion: Aftermarket
  • Tangki: Custom plat galvanis 1,2mm
  • Spakbor depan & belakang: Custom plat galvanis 1,2mm
  • Jok: Custom
  • Head Silinder: Garuda
  • Knalpot: Garuda

Itulah review dari Honda Tiger 2000 custom bobber, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0