silver and gold coins
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

Ini Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pendidikan Untuk Anak

Ajarkan juka anak untuk merencanankan dana bulanan

Katalogue.id – Memepersiapkan keuangan untuk segala sesuatu di masa depan adalah hal yang penting agar tidak menyesal di kemudian hari.

Terlebih anak adalah aset dunia dan akhirat kelak, dia adalah calon penerus kita di masa depan kelak.

Biaya sekolah anak di masa sekarang ini dan di masa yang akan datang bisa jadi akan cukup besar dan bila tidak dipersiapkan dengan baik, maka bisa jadi keluarga tersebut tidak akan bisa membiayai anak mereka nantinya.

Tentu kita sebagai orangtua sangat menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak kita agar mereka dapat menjadi pemimpin yang sesuai dengan yang kita harapkan di masa depan kelak.

Jangan sampai seorang anak jenius, sangat berprestasi, baik secara akademik maupun ekstrakulikuler tidak mendapatkan pendidikan yang tepat karena tidak mempersiapan dana pendidikan.

Lalu bagaimana agar pendidikan yang terbaik untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk anak kita?

1. Membuat Perkiraan Biaya pendidikan di Masa yang Akan Datang

Ilustrasi Dana Pendidikan silver and gold coins
Ilustrasi Dana Pendidikan Photo by Pixabay on Pexels.com

Cara pertama yang dilakukan orang terbaik untuk memepersiapkan dana pendidikan adalah membuat perhitungan perkiraan biaya pendidikan yang harus dikeluarkan di masa mendatang.

Hal ini memang sedikit sulit pasalnya kita tidak tahu bagaimana perekonomian di masa mendatang. Namun kita bisa mengambil rata-rata infasi sebesar 10 persen.

Sebagai contoh biaya pendidikan pada tahun ini adalah Rp3 juta maka 10 tahun yang akan datang biaya pendidikan akan menjadi Rp30 juta.

Namun dalam hal ini ada beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan, contohnya pada saat berkuliah nanti biaya kuliah pada kampus tertentu dengan jurusan yang sama bisa berbeda atau kampus yang sama dengan jurusan yang berbeda juga berbeda.

Pertimbangkan juga biaya lain seperti tarif kos, biaya hidup selama kos, dan lain-lain. Oleh karena itu mulailah dengan mencari tahu biaya pendidikan kuliah pada tahun ini.

Ingatlah bahwa pendidikan yang tinggi adalah salah satu bentuk investasi paling berharga yang bisa diberikan orang tua kepada anaknya.

Ada jalan lain bisa ditempuh agar orangtua bisa tetap membiayai biaya pendidikan anak misalnya dengan membantu mereka mencari beasiswa.

2. Merencanakan Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan bisa dengan membuka rekening tabungan biasa. Tabungan biasa ini dikhususkan untuk pendidikan anak kelak.

Dan tentunya kita harus berkomitmen untuk tidak menggunakan tabungan ini untuk keperluan di luar pendidikan anak.

Ilustrasi wisuda woman in white academic dress holding book
Ilustrasi wisuda, Photo by Wildan Zainul Faki on Pexels.com

Cara lain dengan membuka rekening khusus pendidikan karena beberapa bank telah menyediakan rekening khusus untuk pendidikan dengan program yang menarik.

Dan selanjutnya dengan ikut asuransi pendidikan. Banyak perusahan asuransi berlomba-lomba menawarkan program asuransi pendidikan para orangtua harus pandai-pandai memilih program arusansi yang ditawarkan.

3. Ajarkan Anak Merencanankan Dana Bulanan

Ajarkan anak untuk membuat rencana budget bulanan meliputi total pemasukan dan jenis pengeluaran yang diperkirakan akan dikeluarkan oleh sang anak misalnya saja biaya SPP bulanan, biaya pembelian material untuk proses belajar, biaya asrama dan juga biaya makan.

Selanjutnya ajarkan anak untuk bisa mencari jalan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ketika telah dewasa. Agar mereka tidak bergantung pada orangtua dan secara tidak langsung mengajarkan kemandirian secara finansial.

Tentunya penghasalan tambahan tersebut tidak mengganggu kegiatan belajar mereka.

Jangan lupa pula untuk melakukan perencanaan sejak dini dan sejak jauh-jauh hari sehingga bila masanya telah tiba, segala biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut, termasuk biaya pendidikan akan dapat terpenuhi.

Buat mereka yang benar-benar tidak memiliki ide mengenai penyiapan dana untuk pendidikan anak mereka bisa mencari bantuan profesional.

Baca juga artikel: Era Digital Bikin Semua Orang Bisa Jadi Influencer

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0