Inilah khasiat ampuh Madu bagi tubuh dan kesehatan Anda.
Photo by Three-shots on Pexels.com
in

Inilah Khasiat Ampuh Madu Bagi Tubuh

Ketahui Manfaat Madu Bagi Tubuh Anda

Katalogue.id- Inilah khasiat ampuh Madu bagi tubuh dan kesehatan Anda. Dikenal sebagai salah satu penyembuh alami terbesar, madu telah digunakan sebagai pengobatan rumahan selama ribuan tahun. Bahkan saat ini, ada banyak cara untuk memanfaatkan kekuatan super madu , mulai dari meredakan batuk hingga merangkul sifat antioksidan pemanis alami.

Madu sangat tinggi senyawa tanaman bermanfaat dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Madu sangat sehat jika digunakan sebagai pengganti gula rafinasi, yang 100% kalori kosongnya.

Perbedaan Jenis Madu

Semua jenis madu tidak diciptakan sama. Anda harus memperhatikan perbedaannya sebelum menenggak sesendok.

Madu Olahan

Saat memikirkan madu “biasa”, Anda mungkin membayangkan cairan manis dalam botol berbentuk beruang yang biasa ditemukan di toko bahan makanan. Ini biasanya madu yang dipasteurisasi dan disaring, jadi dianggap madu olahan.

Pemfilteran membantu mencapai konsistensi yang lebih halus dan tahan lama. Ini menghilangkan residu lebah madu, lilin lebah, padatan, dan serbuk sari yang dapat menyebabkan cairan kental mengkristal lebih cepat.

Pasteurisasi melibatkan perawatan madu pada tingkat panas tinggi. Ini membantu memperpanjang umur simpan madu dan selanjutnya mencegah kristalisasi. Namun, pemrosesan ini dapat menghilangkan beberapa nutrisi bermanfaat dan enzim hidup yang secara inheren ditemukan dalam cairan emas yang indah ini.

Madu Murni dan Madu Alami

Madu murni dan madu alami juga biasanya dipasteurisasi dan disaring. Madu dianggap “alami” jika tidak mengandung aditif buatan. Tapi madu alami mungkin termasuk sirup jagung, gula, atau penyedap rasa alami. Ini dianggap “murni” bila tidak mengandung bahan tambahan apapun.

Inilah khasiat ampuh Madu bagi tubuh dan kesehatan Anda
Inilah khasiat ampuh Madu bagi tubuh dan kesehatan Anda. Photo by Pixabay on Pexels.com

Menurut sebuah studi tahun 2017 di Journal of the Association of Official Agricultural Chemists (AOAC), “Madu adalah produk alami berharga yang dipasarkan dengan berbagai khasiat nutrisi dan obat. Namun, ini juga merupakan produk yang sering mengalami pemalsuan karena kesalahan label dan pencampuran dengan madu yang lebih murah dan berkualitas rendah serta berbagai sirup gula. ”

Jadi, madu yang diberi label “murni” adalah pilihan yang lebih baik daripada madu “alami” atau varietas olahan apa pun yang mengandung bahan buatan. 

Madu Mentah

Jika Anda benar-benar ingin merangkul semua manfaat kesehatan dari madu, tetap gunakan yang mentah. Itu hal terdekat yang akan Anda dapatkan dari sarang itu sendiri! Karena madu mentah dibiarkan tidak dipasteurisasi dan tidak disaring, madu memberikan paket nutrisi yang paling lengkap.

Jika Anda ingin memasukkan madu mentah ke dalam makanan Anda, pastikan Anda membelinya dari vendor terkemuka untuk memastikan kualitas tertinggi tanpa kontaminan.

Jangan menyajikan madu mentah untuk anak-anak yang berusia kurang dari satu tahun. Beberapa mikroorganisme dalam madu mentah dapat berbahaya dan bahkan mengancam jiwa sistem bayi yang rentan, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai botulisme bayi.

Namun, sebagian besar anak yang lebih besar dan orang dewasa dapat menikmati manfaat dari makan madu mentah dengan aman. Jika Anda tidak yakin apakah madu mentah cocok untuk Anda dan keluarga, periksakan ke dokter terlebih dahulu.

Khasiat Kesehatan Madu

Inilah khasiat ampuh Madu bagi tubuh dan kesehatan Anda. Tumbuhan yang berbeda sebenarnya memengaruhi manfaat nutrisi madu. Misalnya, madu manuka adalah obat yang lebih ampuh dibandingkan varietas lainnya. Seperti dirangkum oleh blog.perfectsnacks.com bahwa berikut ini beberapa manfaat dari madu:

Madu Membantu Melawan Kerusakan Radikal Bebas

Madu mentah dikemas dengan antioksidan kuat yang melawan kerusakan sel. Ketika agen berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas mencoba menyerang sel Anda melalui proses yang disebut stres oksidatif, antioksidan kehilangan elektron untuk menjaga sel Anda tetap aman. Kerusakan radikal bebas dikaitkan dengan penuaan, gangguan inflamasi, dan penyakit, termasuk kanker.

Untungnya, madu dapat membantu memerangi konsekuensi ini – dan ada sains yang mendukungnya. Satu studi menemukan bahwa sesendok madu soba meningkatkan aktivitas antioksidan in vitro pada orang dewasa yang sehat.

Madu Dapat Memerangi Bakteri Berbahaya

Madu terkenal dengan sifat antibakterinya dan kemampuannya memerangi berbagai jenis bakteri , termasuk salmonella dan E. coli. Di seluruh tradisi pengobatan tradisional, ini telah digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai infeksi bakteri dan jamur.

Selama sintesis serbuk sari, lebah menyimpan hidrogen peroksida, antiseptik alami, ke dalam madu yang mereka buat. Faktor kandungan air madu yang rendah dan sedikit keasaman, dan mikroba berbahaya tidak memiliki kesempatan!

Madu Dapat Meringankan Sakit Tenggorokan dan Batuk

Gagasan bahwa madu dapat meredakan batuk bukan hanya dongeng para istri tua; itu sebenarnya salah satu manfaat utama makan madu. Para peneliti telah menunjukkan bahwa madu dengan dosis 2,5 ml dapat menjadi penekan batuk yang lebih efektif untuk anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan atas daripada beberapa obat batuk umum, termasuk Benadryl.

Inilah khasiat ampuh Madu bagi tubuh dan kesehatan Anda
Madu Dapat Meringankan Sakit Tenggorokan dan Batuk. Photo by Gustavo Fring on Pexels.com

Madu berhasil menekan batuk berkat kekuatan antibakteri dan antiradangnya. Dan, karena konsistensi kental madu, melapisi tenggorokan memberikan efek menenangkan.

Madu Membantu Meningkatkan Kesehatan Mulut

Anehnya, madu bisa menangkis radang gusi dan penyakit periodontal. Dalam sebuah penelitian, mengunyah madu manuka menghasilkan pengurangan plak dan pendarahan gusi yang lebih besar daripada permen karet bebas gula.

Ini mungkin tampak aneh karena zat manis biasanya tidak dianggap cocok untuk kesehatan mulut. Namun, mengingat sifat antibakteri alami madu, penelitian menunjukkan bahwa madu lebih mungkin melawan penyebab kerusakan gigi daripada menyebabkan gigi berlubang.

Madu Bisa Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Madu mentah dikenal sebagai makanan prebiotik, artinya dapat memelihara bakteri baik yang hidup di usus Anda. Ini juga bisa menjadi obat untuk gangguan pencernaan dan bisul , yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Sifat antibakteri membuat madu sangat cocok untuk bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), yang diketahui menyebabkan sakit maag.

Madu Membantu Menjaga Kadar Glukosa Darah

Meskipun terdiri dari glukosa dan fruktosa, madu memiliki indeks glikemik (GI) yang relatif rendah .

Hasilnya, jika dibandingkan dengan gula rafinasi , madu bisa mempermanis makanan tanpa menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Untuk alasan ini, penderita diabetes tipe 2 mungkin bisa menikmatinya.

Madu Membantu Menangkis Penyakit

Fitonutrien yang ditemukan dalam madu, yang berkontribusi pada kekuatan antioksidan dan antibakterinya, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Selain itu, karena stres oksidatif dan peradangan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan kanker, madu secara aktif membantu tubuh Anda mencegah penyakit jantung dan kanker .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0