Inilah petunjuk gunakan Google Classroom
in ,

LoveLove

Inilah Petunjuk Gunakan Google Classroom, Yuk Simak!

Cara Gunakan Google Classroom Untuk Anda

Katalogue.id- Inilah petunjuk gunakan Google Classroom. Saat kegiatan sekolah mulai sudah tidak menggunakan kertas lagi maka guru harus mulai menemukan solusi untuk membagikan tugas. Mengelola kelas mereka, berkomunikasi dengan siswa, dan sebagainya.

Sebagian jumlah guru yang berkembang pesat menemukan jalan ke Google Class. Ruang kelas virtual cerdik yang tidak terlalu berfokus pada teknologi dan lebih banyak pada pengajaran. Anda tidak perlu menjadi ahli teknologi untuk menangani ruang kelas ini.

Pengertian Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi gratis yang dirancang dan dikeluarkan oleh Google. Google Classroom membantu guru dan siswa untuk berkomunikasi dan dapat digunakan untuk mengatur dan mengelola tugas, untuk menghemat kertas, untuk kolaborasi antara siswa dan antar guru, untuk mengajar dari jarak jauh, dan sebagainya! Anda dapat membandingkannya dengan Showbie, dan platform pembelajaran online atau sistem manajemen pembelajaran lainnya.

Itu dibuat di atas Google Docs dan Google Drive, yang artinya sangat mudah digunakan dan intuitif untuk semua guru. Tapi bukan berarti itu membosankan. Google Classroom penuh dengan kejutan yang akan Anda temui di sepanjang jalan. Saya harap posting ini membantu Anda memulai dengan dasar-dasarnya.

Kelebihan Google Classroom

Pertama-tama, ini sepenuhnya gratis. Anda tidak perlu meningkatkan ke versi pro yang akan dikenakan biaya. Ya, $ 0,00. Tidak ada. Di. Semua.

Setelah Anda menyiapkan ruang kelas, Anda dapat memulai. Anda akan mengetahui cara mengatur akun kelas Google Anda hanya dalam beberapa menit. Pertama, izinkan saya menunjukkan kepada Anda mengapa Google Classroom sangat penting. Berikut daftar hal-hal yang dapat Anda lakukan dengannya:

Tambahkan Pengumuman dan Materi Pelajaran 

Beri siswa pengumuman tentang pelajaran Anda. Tambahkan materi pelajaran di pengumuman. Pengumuman ini akan muncul di aliran Google Classroom siswa Anda. Dengan begitu, siswa dapat menemukan semuanya dengan cepat. Anda dapat menambahkan materi dari Google drive, terhubung ke pelajaran Google Classroom, menambahkan file dan gambar dari komputer Anda, menambahkan video YouTube atau menambahkan link lain yang Anda ingin siswa Anda kunjungi. Semudah itu!

Tambahkan Tugas

Sama seperti menambahkan pengumuman, Anda dapat menambahkan tugas ke mata pelajaran Anda. Ini berfungsi dengan cara yang sama, tetapi di sini Anda mendapatkan opsi untuk menambahkan tanggal jatuh tempo dan menilai itu. Ini akan memberi tahu siswa Anda ketika mereka harus membuat tugas dan itu juga akan muncul di Kalender mereka. Anda bahkan dapat menambahkan tugas BookWidgets hanya dalam beberapa menit.

Menilai Tugas

Setelah itu, Anda dapat memeriksa dan menilai tugas yang telah diserahkan oleh siswa Anda. Ada ruang untuk masukan melalui komentar guru. Kemudian, kirimkan kembali tugas kepada siswa Anda. Tab “Nilai” menyimpan buku nilai dari semua tugas dan nilai siswa Anda.

Kelola Siswa 

Tentu saja, siswa Anda harus dapat berbagi komentar. Atau tidak? Itu sepenuhnya terserah Anda! Anda dapat mengelola izin, memberi siswa kemampuan untuk memposting dan berkomentar, hanya memberi komentar, atau hanya memberikan kemampuan untuk memposting dan memberi komentar kepada guru. Anda bahkan dapat mengirim email kepada siswa Anda satu per satu.

Kekurangan Google Classroom

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum Anda mulai menggunakan Google Classroom dengan alasan yang salah. Ini adalah platform pembelajaran online, tetapi bukan:

Kotak Obrolan

Anda dapat mengomentari tugas dan pengumuman, tetapi tidak ada fungsi obrolan. Jika Anda ingin berhubungan langsung dengan siswa Anda, Anda dapat mengirimi mereka email, atau Anda dapat mengaktifkan aplikasi Google lain untuk mengambil alih fungsi itu. Pikirkan tentang Hangouts Meet .

Alat tes atau Kuis

Ada beberapa kemungkinan saat membuat kuis di Google Classroom, tetapi itu masih tidak dimaksudkan sebagai alat kuis itu sendiri. Ada begitu banyak aplikasi bagus lainnya untuk itu. Pikirkan tentang Google Formulir atau kuis BookWidgets.

Opsi 1 : Anda dapat menambahkan tes dan tugas dari aplikasi pendidikan lain langsung di dalam Google Classroom, seperti misalnya, tes BookWidgets yang dinilai secara otomatis.

Opsi 2 : Inilah yang dapat Anda lakukan di dalam Google Classroom itu sendiri: Tambahkan pertanyaan. Kemudian pilih antara jawaban terbuka atau pertanyaan pilihan ganda. Tidak terlalu mengesankan, aku tahu. Sebaiknya pilih opsi pertama jika Anda ingin membuat ruang kelas digital Anda lebih interaktif.

Forum Diskusi

Anda dapat membuat pengumuman, dan siswa benar-benar dapat mengomentarinya, tetapi ini tidak cocok untuk diskusi. Lihat Padlet jika Anda mencari alat ruang kelas yang sederhana namun efektif, gratis yang memberdayakan diskusi (dan hal-hal keren lainnya).

Petunjuk Gunakan Google Classroom

Inilah petunjuk gunakan Google Classroom. Anda akan merasa mudah untuk mengaturnya dan sangat intuitif untuk terus menggunakannya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menyiapkan akun guru Google Classroom Anda :

Inilah petunjuk gunakan Google Classroom
Inilah petunjuk gunakan Google Classroom. Photo by Max Fischer on Pexels.com

1. Mendaftar

Saat Anda membuka classroom.google.com, Anda dapat menggunakan Kelas dengan masuk menggunakan alamat email G suite atau Anda dapat menggunakannya tanpa “mengklaim” untuk menggunakannya untuk pendidikan. Semuanya bekerja dengan baik seperti itu juga. Akan lebih sulit untuk mengelola siswa Anda jika Anda memiliki ratusan siswa. Anda harus menambahkannya satu per satu.

2. Buat kelas pertama Anda

Klik tombol “+” di pojok kanan atas. Pilih untuk “membuat kelas”. Di sini, Anda mengisi beberapa informasi detail tentang kelas Anda. Tuliskan nama kelas dan bagian yang bagus. Nama kelas harus menjadi judul kelas Anda sehingga Anda dapat menemukannya kembali dalam beberapa detik. Kemudian klik “buat”.

3. Undanglah siswa ke kelas Anda

Setelah Anda membuat kelas, Anda dapat mengundang siswa Anda. Izinkan mereka masuk menggunakan aplikasi Google Classroom dengan memasukkan kode unik yang Anda berikan. Anda akan menemukan kode tersebut di kelas yang Anda buat. Buka tab “siswa”. Pilihan lainnya adalah mengundang siswa Anda satu per satu dengan memasukkan alamat email mereka. Satu hal yang harus Anda ingat: siswa Anda harus memiliki alamat email Gmail atau Google.

Anda juga dapat mengizinkan siswa Anda membuka classroom.google.com . Di sana, mereka dapat mengklik “gabung kelas”, masukkan kode kelas dan mereka masuk! Ini mungkin sedikit lebih cepat karena Anda tidak perlu mengetikkan alamat email setiap siswa.

Buat Tugas Pertama atau Buat Pengumuman. 

Anda dapat berbagi pengumuman pertama di Streaming atau Anda dapat pergi ke Classwork – Klik pada “ + Buat tombol” dan berbagi tugas Google Classroom pertama Anda. Jangan lupa untuk memberi nomor pada tugas Anda. Siswa Anda lebih mudah melihat tugas mana yang lebih dulu karena Anda tidak dapat menyusun ulang tugas di aliran. Anda dapat memindahkan tugas ke atas. Klik pada judul untuk melihat apakah ada siswa yang telah menyerahkan tugas dan untuk memberikan nilai dan masukan. Setelah itu, Anda dapat mengembalikan tugas kepada siswa Anda, sehingga mereka dapat mulai mengedit lagi.

Tambahkan Bahan Pelajaran ke Tugas / Kelas.

Tambahkan materi dari Google Drive atau tambahkan video YouTube, file dari komputer Anda, tautan, dll. Anda menemukan opsi ini tepat di bawah batas waktu. Jika Anda hanya ingin berbagi presentasi kelas Anda, yang tidak terkait dengan tugas, Anda dapat membuka tab “tentang”. Di sini Anda dapat menambahkan beberapa materi pelajaran seperti slide, artikel dan contoh menarik.

Akses folder Drive

Setiap kali Anda membuat kelas baru, Google Classroom membuat folder Drive untuk kelas tersebut. Anda dapat mengakses folder dengan membuka semua ubin kelas Anda. Di setiap ubin, Anda akan menemukan ikon folder. Klik di atasnya, dan Anda berada di folder. Di sini Anda juga dapat menambahkan materi kelas. Semua tugas siswa Anda otomatis masuk ke folder Google Drive, jadi Anda akan menemukannya kembali kapan pun Anda mau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0