Doa akhir tahun serta awal tahun baru Islam 2021.
in

Bacaan dan Doa Akhir Tahun Serta Awal Tahun Baru Islam 2021

Catat! Ini Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

Katalogue.id – Ketahui bacaan dan doa akhir tahun serta awal tahun baru Islam 2021. Tahun baru Islam menjadi momen yang penting bagi umat Muslim.

Tahun baru Islam bisa dijadikan sebagai awalan baru yang bisa membawa seorang Muslim menjadi lebih baik. Selain itu, ada peristiwa penting yang terjadi pada 1 Muharram, yaitu merupakan awal ekspedisi hijrah Nabi Muhammad dari Makah ke Madinah.

Dalam Islam, Rasulullah melakukan hijrah dua bulan berikutnya tepatnya pada 12 Rabi’ul Awal tahun 1 Hijriah memasuki kota Madinah setelah hampir 12 hari menempuh perjalanan di malam hari.

Untuk menyambut tahun Baru Islam 2021, umat Muslim memiliki satu kebiasaan yang melekat yaitu saling mengirimkan ucapan tahun baru Islam 2021.

Ucapan Tahun Baru Islam 2021

Mengirimkan beberapa ucapan tahun baru Islam 2021 bisa menguatkan tali silaturahmi dan menjadi bentuk kemeriahan, meski kali ini perayaannya masih diliputi suasana pandemi COVID-19. Mengutip dari bola.com Inilah ucapan tahun baru Islam 2021 yang bisa Anda kirimkan kepada keluarga dan teman-teman Anda.

Doa akhir tahun serta awal tahun baru Islam 2021.
Doa akhir tahun serta awal tahun baru Islam 2021.
  • “Sambut bulan Hijriah dengan berhijrah dari kegelapan menuju cayaha Islami, dari kekufuran menuju keimanan. Semoga di tahun baru Islam ini rezekimu bertambah dan panjang umur. Selamat Tahun Baru Islam 2021.”
  • “Sikap yang baik berasal dari hati yang baik pula, bersihkan hati bersihkan dari segala kesalahan dengan bertaubat dan melakukan kebaikan di hari kemudian. Selamat 1 Muharram 1443 Hijriah.”
  • “Dalam salat lebih banyak pahala jika dijalankan secara berjamaah. Kuucapkan dengan hati gembira Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1443 Hijriah.”
  • “Dunia yang di penuhi fatamorgana. Menipu diri dengan keindahan surga. Waktu berlalu tanpa terasa. Kini hadir hari yang kita dambakan. Selamat Tahun Baru Hijriyh untuk sahabat tercinta.”
  • “Inti dari tahun baru Hijriah adalah hijrah atau movement dari yang negatif ke hal yang postif. Semoga kita mampu berubah total ke hal yang positif pada tahun baru ini. Selamat tahun baru Hijriah.”
  • “Bulan sabit datang membelah kelabu. Bintang-bintang pun muncul terharu, menunjukkan maksud hatiku. Walau tahun berganti baru, cintaku untukmu tetap seperti dulu. Selamat Tahun Baru Hijriah, Sayangku.”
  • “Ya Allah, jadikanlah tahun ini adalah tahun yang dipenuhi dengan bunga kebaikan sehingga harumnya memberi kesejukan ibadah untukku, keluargaku, dan handai tolan. Aamiin.”
  • “Diakhiri dengan “Alhamdulillah” dan awali melalui “Bismillah”. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H.”

Bacaan Doa Tahun Baru Islam

Berikut ini bacaan doa tahun baru Islam. Dalam Al Quran surat Gafir ayat 60, Allah SWT berfirman mengenai doa yang dipanjatkan oleh seorang Muslim kepada-Nya tentu akan diperkenankan.

الَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَࣖ

wa qāla rabbukumud’ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna ‘an ‘ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn.

Artinya:

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ


Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya:

“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Bacaan Doa Akhir Tahun Baru Islam

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya:

“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0