Ketahui keutamaan mengerjakan sholat dhuha
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com
in

Ketahui Keutamaan Mengerjakan Sholat Dhuha

Mengerjakan Sholat Dhuha Untuk Memperoleh Banyak Pahala dan Rezeki

Katalogue.id- Ketahui keutamaan mengerjakan sholat dhuha bagi kehidupan sehari-hari. Sholat dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. Sholat dhuha sering dikaitkan oleh banyak orang dengan kemudahan rezeki. Di lain hal itu, juga mendatangkan banyak pahala.

Seperti pengampunan, penyesalan dan perlindungan dari kelalaian seperti yang terlihat dalam berbagai riwayat tentangnya. Pelaksana sholat dhuha tidak akan merasakan manfaatnya jika tidak dilakukan secara rutin dan ikhlas.

Salah satu narasi yang menggambarkan maknanya adalah oleh Abu Hurairah ra yang berkata:

Rekan tercinta saya (Nabi saw) menasihati saya untuk melakukan tiga hal: Puasa tiga hari setiap bulan, melakukan sholat dhuha, dan sholat witir sebelum tidur.” (Sahih Al-Bukhari)

Waktu Yang Tepat Mengerjakan Sholat Dhuha

Waktu awal sholat dhuha adalah waktu syuruq (terbitnya matahari) ditambah 15 hingga 20 menit. Misalnya, jika waktu syuruq (terbit) adalah pukul 05.53, maka setelah ditambah 20 menit waktu duhanya adalah pukul 06.13.

Demikian pula menentukan waktu akhir sholat dhuha, yaitu sekitar 15 menit sebelum salat zuhur. Cara lainnya adalah melihat bayangan suatu benda. Jika panjang bayangan sudah sama dengan tinggi bendanya, maka berarti sudah masuk waktu duha. Hanya saja, cara terakhir ini sangat bergantung pada cuaca dan kondisi matahari sehingga kurang praktis atau tidak dapat dipakai sewaktu-waktu.

Ketahui keutamaan mengerjakan sholat dhuha
Ketahui keutamaan mengerjakan sholat dhuha. Photo by Bruno Scramgnon on Pexels.com

Adapun larangan waktu dalam mengerjakan sholat dhuha yang dirangkum oleh tirto.id adalah sebagai berikut:

  • Setelah salat subuh sampai matahari naik sekitar satu anak panah.
  • Waktu matahari tepat di atas kepala sampai waktu zuhur.
  • Waktu matahari berwarna kekuningan (setelah asar) sampai terbenamnya matahari.

Dari ketiga waktu tersebut, yang berkaitan dengan salat duha adalah waktu pertama dan kedua. Diriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Amir al-Juhani, “Tiga waktu yang Rasulullah saw. melarang kami untuk salat dan menguburkan orang mati: Ketika matahari terbit sampai naik (sedikit), ketika matahari berada titik tertinggi sampai tergelincir, dan ketika matahari condong untuk terbenam sampai terbenam” (H.R. Muslim).

Tata Cara Mengerjakan Sholat Dhuha

Ketahui manfaat mengerjakan sholat dhuha bagi kehidupan sehari-hari. Jumlah rakaat yang dilakukan saat salat Dhuha minimal 2 rakaat. Namun beberapa ulama menjalankannya hingga 4 rakaat.

Bacaan Niat

Usholli Sunnatadh Dhuhha Rok’ataini Mustqbilal Qiblati Adaa’an Lillahi Ta’aala.

Artinya: “ Aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara 2 Rakaat:

  1. Niat salat dhuha.
  2. Takbirotul Ihram.
  3. Membaca Doa Iftitah (Sunnah).
  4. Membaca Surah Al-Fatihah.
  5. Membaca Surah Ad-Dhuha.
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah.
  7. I’tidal dengan tuma’ninah.
  8. Sujud dengan tuma’ninah.
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua.
  12. Membaca Surah Al-Fatihah.
  13. Membaca Surah As-Syams.
  14. Ruku’ dengan tuma’ninah.
  15. I’tidal dengan tuma’ninah.
  16. Sujud dengan tuma’ninah.
  17. Tasyahud Akhir dengan tuma’ninah.
  18. Salam Membaca doa salat dhuha

Doa Sholat Dhuha

Bacaan Arab

اللهم ان الضحاء ضحاءك والبهاء بهائك والجمال جمالك والقوة قوتك والقدرة قدرتك والعصمة عصمتك اللهم ان كان رزقى فى السماء فانزله وان كان فى اللأرض فأخرجه وان كان بعيدا فقربه وان كان معسرا فيسره وان كان حراما فطهره بحق ضحائك وبهائك وجمالك وقوتك وقدرتك. اللهُمَّ اَتِنِى مَا اَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Latin

Allahumma Innadhdhuha-a Dhuha=uka, Walbahaa-abahaa-uka, Wal Jamaala Jamaaluka, Wal Quwwata Quwaatuka, Wal Qudrota Qudrotuka, Wal ‘Ishmata Ishmatuka. Allahuma Inkaana Rizqii Fissama-i Fa Anzilhu, Wa Inkaana Fil Ardhi Fa-Akhrijhu, Wa Inkaana Mu’siron Fayassirhu, Wainkaana Harooman Fa Thohhirhu, Wa Inkaana Ba’idan Fa Qoribhu, Bihaqqiduhaa-ika Wa Bahaaika, Wa Jamaalika Wa Quwwatika Wa Qudrotika, Aatini Maa Ataita ‘Ibaadakash Shoolihiin.

Artinya

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih”.

Keutamaan Mengerjakan Sholat Dhuha

  • Menjadikan Anda sebagai pribadi yang bersih.
  • Menjadikan Anda sebagai pribadi yang lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Menjadikan tubuh dan jalan pikiran Anda lebih sehat sehingga Anda menjadi lebih produktif dan dapat bekerja dengan lancar sepanjang hari sehingga rejeki bisa Anda dapatkan dengan baik.
  • Menjadikan salah satu cara untuk seseorang bertaubat.
  • Mendapatkan Istana Emas di Surga nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0