Ketahui langkah melaksanakan sholat jenazah.
Photo by Paulo Márcio Dos Santos on Pexels.com
in

Ketahui Langkah Melaksanakan Sholat Jenazah

Memahami Tata Cara Sholat Jenazah Untuk Laki-laki dan Perempuan

Katalgoue.id- Ketahui langkah melaksanakan sholat jenazah. Sholat jenazah merupakan sholat fardhu kifayah yang dilaksanakan ketika ada umat muslim meninggal dunia. Sholat jenazah bertujuan untuk mendoakan orang yang meninggal dunia, agar Allah berkenan mengampuni dan merahmatinya. Lalu sholat dilaksanakan dengan empat kali takbir serta diselingi doa dan shalawat.

Selain itu ada pula sholat ghoib yaitu keadaan dimana melaksanakan sholat ketika ada orang yang meninggal dunia. Namun keadaan tersebut tidak disertai dengan kehadiran jenazah di hadapannya, adalah hal yang dibolehkan.

Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Manusia yang hidup di dunia akan meninggal dan kembali kepada Allah, karena sejatinya segala hal adalah milik Allah. Untuk itu, ketika mendengar berita mengenai kerabat atau orang lain meninggal. Umat muslim dianjurkan mengucapkan kalimat istirja’. Kalimat istirja’ berbunyi, “innalillaahi wa inna ilaihi roojiun” yang artinya “sesungguhnya semua adalah milik Allah, dan akan kembali kepada Allah”. 

Syarat Sah Melaksanakan Sholat Jenazah

Ketahui langkah melaksanakan sholat jenazah. Di dalam melaksanakan sholat jenazah, ada syarat sah yang hampir sama seperti sholat fardhu dan sholat sunnah. Dikutip dari laman umroh.com simak beberapa syarat sahnya:

Ketahui langkah melaksanakan sholat jenazah.
Ketahui langkah melaksanakan sholat jenazah. Photo by Meruyert Gonullu on Pexels.com

Harus Menutup Aurat

Saat melakukan sholat jenazah, pastikan aurat tertutup dengan baik. Aurat wanita adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Aurat laki-laki adalah bagian yang berada di bawah pusar hingga lutut. Memperhatikan aurat saat sholat jenazah sangat penting agar sholat yang dilakukan diterima Allah SWT. 

Harus Dalam Keadaan Suci

Perhatikan kesucian saat melakukan sholat jenazah. Baik tempat untuk melaksanakan sholat, maupun badan atau pakaian yang dikenakan saat sholat jenazah. Pastikan semuanya suci dari hadast kecil, hadast besar, dan najis.

Hadast adalah sesuatu yang berasal dari badan manusia, dan bisa menghalangi sahnya sholat. Untuk membersihkan hadast kecil, lakukan dengan berwudhu. Sementara untuk membersihkan hadast besar adalah dengan mandi wajib.

Sementara najis adalah kotoran yang bisa menghalangi sahnya sholat. Pastikan pakaian dan tempat sholat jenazah suci dari najis, sehingga bersih dan tidak tampak lagi wujud, aroma, atau warnanya.  

Harus Menghadap Kiblat

Sholat jenazah juga dilakukan menghadap kiblat, sama seperti sholat fardhu. Sholat jenazah yang dilakukan dengan menghadap ke arah selain kiblat dianggap tidak sah. 

Jenazah dalam Keadaan Suci dan Sudah Dikafankan

Selain memperhatikan kesucian tempat dan jamaah sholat jenazah, kita juga harus memperhatikan kesucian jenazah. sholat jenazah bisa dilakukan jika jenazah sudah dimandikan hingga suci, dan telah dikafankan. Setelah kedua hal tersebut dilakukan, jenazah siap untuk disholatkan.

Diletakkan di Depan Orang yang Menyolatkan

Saat melakukan sholat jenazah, jenazah diletakkan di depan jamaah yang mensholati. Jika jenazah yang disholatkan adalah perempuan, posisi pinggang jenazah berada di depan imam. Sedangkan untuk jenazah laki-laki, kepala jenazah berada di depan imam. 

Perbedaan Sholat Jenazah Laki-laki dan Perempuan

Sholat Jenazah Perempuan

Tata cara sholat jenazah untuk perempuan, posisi imam berada pada searah tali pusar. Sedangkan makmum berada di belakang imam dengan urutan makmum laki-laki dewasa, kemudian perempuan dewasa. Sedangkan jumlah shaf-nya kalau bisa ganjil.

Dengan malakukan sholat jenazah dengan benar, maka kita akan memiliki faedah yang besar. Dengan menunaikan jenazah dengan menyolatkannya, memohon syafaat dan berdoa untuknya, menunaikan hak keluarganya, menghibur perasaan mereka akan memperoleh pahal yang besar.

Sholat Jenazah Laki-laki

Tata cara sholat jenazah untuk laki-laki ini sedikit berbeda dengan tata cara sholat jenazah untuk perempuan. Jika pada jenazah perempuan imam berada sejajar dengan pusar jenazah, maka untuk jenazah laki-laki posisi imam berada sejajar dengan kepala.

Menyolatkan jenzah di masjid adalah yang diutamakan. Jika masjid jauh, bisa dilakukan di rumah atau mushola terdekat. Barang siapa yang ketinggalan sholat jenazah, yang utama adalah menyolatkannya setelah dimakamkan. Dan barang siapa yang dikuburkan dan belum disholatkan, maka disholatkan di atas kuburnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0