Keutamaan baca doa Iftitah yang perlu Anda ketahui.
Photo by Michael Burrows on Pexels.com
in

Keutamaan Baca Doa Iftitah, Yuk Simak

Manfaat dan Pentingnya Doa Iftitah

Katalogue.id- Keutamaan baca doa Iftitah yang perlu Anda ketahui. Shalat adalah salah satu rukun Islam yang dapat menentukan kualitas keimanan seseorang dan shalat yang baik serta benar meruapkan shalat yang dikerjakan dengan memenuhi syarat dan rukunnya serta ketentuan lainnya.

Doa iftitah merupakan doa yang dibaca setelah takbiratul ihram,yaitu pada takbiratul ikhram pertama dalam shalat, dan sebelum membaca doa Al fatihah. Doa iftitah ini mengandung harapan berupa doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Bacaan doa iftitah ini memiliki beberapa macam bacaan, ada yang panjang dan ada yang pendek.

Waktu yang Tepat Baca Doa Iftitah

Doa Iftitah dapat diucapkan dalam melaksanakan sholat fardhu atau sunnah, baik secara sholat individu atau pun sholat berjamaah. Satu-satunya pengecualian adalah dalam shalat Jenazah, di mana Doa Iftitah tidak diminta untuk dibaca.

Dua Iftitiah dibacakan setelah Takbiratul-Ihram selama rakaat pertama. Namun, apabila Anda menjadi ma’mum dan masuk sholat berjamaah setelah Imam telah melanjutkan ke posisi Ruku ‘atau lebih, Doa Iftitah tidak lagi untuk dibaca atau diucapkan.

Begitu pula apabila Anda masuk shalat berjamaah ketika Imam masih berdiri, namun takut meninggalkan pembacaan Surat Al-Fatihah sebelum Imam melanjutkan ke posisi Ruku ‘, maka Anda harus fokus pada pembacaan Surat Al-Fatihah. Oleh karena itu, Doa Iftitah dalam hal ini tidak lagi merupakan ibadah yang dianjurkan.

Bacaan Doa Iftitah

Bacaan Arab Doa Iftitah

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ .

Bacaan Latin Doa Iftitah

“Allaahu akbaru kabiiraw walhamdu lilaahi katsiran, wa subhaanallaahi bukrataw wa’ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina”.

Arti Doa Iftitah

Allah maha besar dengan sebesar besarnya. Segala puji yang sebanyak banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang orang yang menyekutukanNya”.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagiNya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang orang yang berserah diri”. (Muslim)

Hukum Baca Doa Iftitah

Doa iftitah merupakan salah satu doa sunnah yang dibaca saat melaksanakan shalat wajib maupun shalat sunnah. Walaupun doa iftitah bersifat sunnah, namun shalat anda tidak akan sempurna tanpa membaca doa iftitah. Oleh karena itu, beberapa orang menganggap doa ini wajib. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda bahwa:

“Shalat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyanjungnya kemudian membaca Al quran yang mudah baginya.” (HR. Abu Daud dan Hakim)

Keutamaan Baca Doa Ifititah

Keutamaan baca doa Iftitah yang perlu Anda ketahui.
Keutamaan baca doa Iftitah yang perlu Anda ketahui. Photo by Arif Syuhada on Pexels.com

Keutamaan baca doa Iftitah yang perlu Anda ketahui. Doa iftitah sebenarnya sama halnya dengan bacaan shalat lainnya yang semestinya dipahami makna bacaan doa ini. Yang tidak lain adalah merupakan ungkapan batin yang mengalir dari jiwa yang paling dalam seorang hamba kepada Allah SWT. Seperti dikutip dari lama lampuhijau.com berikut keutamaan dari membaca doa Iftitah

Doa Iftitah Mendapatkan Pahala Amalan Sunnah

Karena doa iftitah merupakan amalan sunnah dalam shalat maka akan baik bila dikerjakan di dalam shalat. dan bila membacanya maka akan mendapatkan pahala yang terhitung masuk dalam pahala amalan sunnah. Seperti terdapat dalam hadist shahih dari Amr bin Auf Zaid Al Muzani bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, dan diamalkan oleh manusia. Maka ia akan memperolehkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun ( Hadist Shahih Riwayat Ibnu Majah, No.209).

Doa Iftitah Sebagai Bentuk Pendekatan Diri Kepada Allah SWT

Kandungan doa iftitah cukup lengkap di mana di dalamnya terkandung permohonan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan meminta diberikan petunjuk serta keselamatan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Doa Iftitah Diangkatnya Doanya Oleh Malaikat

Di dalam hadist shahih dari Anas bin Malik RA bahwa ketika ada seorang laki-laki muslim yang membaca salah satu doa iftitah pada saat mengerjakan shalat, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Aku melihat 12 malaikat bersegera menuju kepadanya (laki-laki muslim), mereka saling berlomba untuk mengangkat doa itu kepada Allah Subhanahu wa ta’ala (Hadist Riwayat Mualim, No 1385).”

Doa Iftitah Dapat Membuka Pintu Langit

Hadist shahih dari Ibnu Umar RA bahwa Ibnu Umar berkata ketika kami mengerjakan shalat bersama nabi Muhammad SAW (melihat seorang laki-laki muslim membaca doa iftitah ketika shalat ) bersabda : Aku heran dibukakan baginya pintu-pintu langit.” Dan Ibnu Umar RA pun berkata bahwa semenjak itu ia tidak pernah meninggalkan doa ini sejak nabi Muhammad SAW berkata demikian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0