Keutamaan malam ganjil atau malam lailatul qadar.
Photo by Just Another Photography Dude on Pexels.com
in

Keutamaan Malam Ganjil atau Malam Lailatul Qadar

Pahami Keutamaan Malam Lailatul Qodar

Katalogue.id- Keutamaan malam ganjil atau malam lailatul qadar. Malam suci lailatul qadar juga dikenal sebagai malam kekuatan, malam takdir, malam ketetapan. Adalah salah satu malam yang bernilai seribu bulan pahala dalam Islam. Setiap perbuatan baik dan perbuatan baik yang diselesaikan dalam satu malam ini setara dengan jika Anda telah melakukan satu perbuatan itu selama seribu bulan (83 tahun).

Malam lailatul qadar diketahui sebagai malam dimana wahyu Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia. Dikatakan bahwa pada malam ini takdir kita ditulis untuk tahun yang akan datang. Dan siapa yang tahu apa yang tertulis untuk kita dan apakah kita akan diberkati atau dipertemukan lagi dengan bulan suci Ramadhan lagi. Oleh karena itu, adalah penting untuk memanfaatkan kesempatan yang diberkati tersebut dan menuai sebanyak mungkin pahala untuk akhirat kita.

Malam Kekuatan jatuh dalam sepuluh malam terakhir di bulan Suci Ramadhan. Bulan Ramadhan, di antara banyak tindakan besar, terdiri dari puasa, yang merupakan salah satu dari lima Rukun Islam wajib  bagi umat Islam di seluruh dunia.

Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Keutamaan malam ganjil atau malam lailatul qadar.
Keutamaan malam ganjil atau malam lailatul qadar. Photo by Min An on Pexels.com

Malam Lailatul Qadar Bulan Terlihat Separuh

Dalam sebuah riwayat Abu Hurairah pernah berdiskusi dengan Nabi Muhammad SAW tentang Lailatul Qadar. Dan, Rasulullah bersabda: ” Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.”

Malam Lailatul Qadar Datang di Hari Ganjil

Tanda lain dari Lailatul Qadar adalah datang pada hari ganjil pada sepertiga terakhir bulan Ramadan. Sebuah hadis dari Aisyah menyebutkan: ” Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beritikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda: ” Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan” (HR: Bukhari dan Muslim).

Malam Lailatul Qadar Udara Terasa Tenang

Dalam Alquran digambarkan bahwa Lailatul Qadar penuh ketenangan. Suasana Lailatul Qadar sangat berbeda dari malam-malam lain. Suasana lebih tenang, langit tidak berawan, udara sangat sejuk, tidak panas dan tidak dingin.

“Lailatul Qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).” (HR. at-Thobroni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0