Menu buka puasa yang sehat bagi orang berpuasa
Photo by fauxels on Pexels.com
in ,

Menu Buka Puasa yang Sehat Bagi Orang Berpuasa

Memilih Menu yang Tepat Saat Buka Puasa

Katalogue.id- Menu buka puasa yang sehat bagi orang berpuasa. Selama bulan Ramadhan, selain ibadah dan kepedulian tentang bagaimana meningkatkan diri secara spiritual. Selama 30 hari berturut-turut, sebagian orang disibukkan dengan apa yang akan mereka masak atau persiapan untuk buka puasa dan sahur.

Selama beberapa hari pertama di bulan Ramadhan, sebagian orang menyiapkan makanan paling mewah tanpa memikirkan pengaruhnya di kemudian hari. Terutama ketika mereka harus berdiri untuk menunaikan ibadah shalat tarawih.

Bagi sebagian umat Islam memandang bulan Ramadhan sebagai bulan untuk menyiapkan makanan terbaik. Karena setelah menahan lapar sepanjang hari, haruslah dihargai dengan menu buka puasa yang luar biasa.

Padahal di lain hal tersebut, Ramadhan merupakan kesempatan tahunan untuk menghapus dosa-dosa kita, mengubah gaya hidup kita dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Memilih Menu Makanan Buka Puasa yang Tepat

Makanan yang tepat adalah sayuran yang ditanam di bumi yang merupakan obat alami dan jawaban untuk sebagian besar penyakit dan penyakit di luar sana. Anda harus mengisi lemari es dan dapur Anda dengan buah-buahan untuk Ramadan daripada makanan berlemak, digoreng, dan makanan cepat saji.

Untuk menghilangkan rasa kebosanan, Anda hanya perlu menjadi seorang yang kreatif seperti halnya mengurangi menu-menu yang tidak sehat. Buka puasa Ramadhan menandai berakhirnya puasa. Saat matahari terbenam, keluarga dan teman biasanya berkumpul di sekitar meja pesta mewah. 

Menu buka puasa yang sehat bagi orang berpuasa
Menu buka puasa yang sehat bagi orang berpuasa. Photo by Tanya Gorelova on Pexels.com

Meskipun buka puasa adalah pengalaman yang menyenangkan, namun bisa menjadi hal yang menakutkan bagi orang-orang yang berusaha mempertahankan kebiasaan makan yang baik selama bulan suci ini.

Tips Memilih Menu Sehat Untuk Buka Puasa

Menu buka puasa yang sehat bagi orang berpuasa. Dengan memiliki menu buka puasa yang seimbang sangatlah penting karena makananlah yang mengisi kembali simpanan energi dan membantu mempertahankan puasa Anda keesokan harinya. 

Anda harus melakukan upaya ekstra dalam mengonsumsi makanan yang tepat untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Yuk, Simak Tips yang dirangkum oleh english.alarabiya.net :

Dahulukan Minum Air Putih

Basahi terlebih dahulu tenggorokan Anda dengan air putih atau bisa juga dengan meminum jus segar, atau susu. Ini akan mencegah dehidrasi dan memberi tubuh Anda cairan esensial yang dibutuhkannya. Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaik Anda. 

Minumlah 1 – 2 gelas air sebelum makan dan bukan selama makan untuk menghindari penundaan proses pencernaan Anda. Waspadai minuman Ramadhan karena mengandung banyak gula dan kalori.

Berbuka Puasa Dengan Kurma

Secara tradisional, kurma dimakan pada awal makanan berbuka puasa Anda. Karena kurma memiliki kandungan gula alami yang bergizi, kurma dapat mengisi tubuh Anda dengan energi yang sangat dibutuhkan. 

Jika Anda menderita sakit kepala selama jam puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah, mulailah buka puasa dengan 2 buah kurma dan kembalikan kadar gula Anda.

Konsumsi Semangkuk Sup

Hidangan Sup merupakan hidangan yang sangat diperlukan dalam buka puasa. Dari sup yang Anda konsumsi telah tekandung sebagian air. Jika Anda sempat maka masaklah dengan bermacam-macam sayuran dan sebisa mungkin hindari sup berbahan dasar krim. 

Konsumsi Sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dan memberikan begitu banyak nutrisi dengan sedikit kalori. Semakin banyak warna salad Anda, semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya. 

Ini juga memberikan perasaan kenyang, memastikan Anda makan lebih sedikit di hidangan utama Anda. Usahakan untuk 2 porsi sayuran setiap kali makan. Satu porsi sama dengan 1/2 cangkir sayuran mentah atau dimasak atau jus sayuran atau 1 cangkir sayuran mentah berdaun.

Pilihlah Karbohidrat yang Baik

Makanan berbuka puasa Anda harus mengandung sumber karbohidrat, lebih disukai yang kompleks. Ini termasuk nasi merah, pasta atau roti gandum, kentang atau burghul. Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan selain serat dan mineral.

Konsumsi Protein yang Rendah Kandungan Lemak

Saat berbuka puasa, Anda harus makan protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Tubuh Anda menggunakannya untuk membangun dan mempertahankan massa otot. 

Daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan, dan unggas semuanya merupakan protein berkualitas tinggi yang lengkap. Pilih protein tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat dengan sedikit lemak jenuh. Sertakan ikan, ayam atau kalkun tanpa kulit dan produk susu rendah lemak sebagai bagian dari makanan berbuka puasa Anda. 

Jika Anda vegetarian, Anda dapat memilih sumber protein lain seperti polong-polongan, kacang-kacangan dan kacang-kacangan.

Kuasai Diri Anda

Jangan terburu-buru menghabiskan makanan Anda. Setelah dilarang makan sepanjang hari, makan berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. Adakan buka puasa ringan yang mencakup porsi makanan yang wajar. 

Mengontrol ukuran porsi Anda adalah kunci untuk tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan. Sebagai aturan praktis, jangan melebihi jumlah yang akan Anda miliki untuk makan siang atau makan malam pada umumnya.

Hindari Menu yang Berat

Jika memungkinkan, jauhi makanan berat untuk buka puasa yang mengandung terlalu banyak lemak tidak sehat, garam, dan tambahan gula. Saat memasak, buat resep Ramadhan favorit Anda lebih sehat dengan merebus, memanggang, memanggang, mengukus atau memanggang dan hindari menggoreng. 

Tambahkan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam untuk membumbui makanan Anda. Terakhir, ganti permen dan minuman manis dengan gula alami dalam buah-buahan, buah-buahan kering, dan salad buah.

Manfaatkan Ramadhan ini terlebih dahulu untuk meningkatkan diri Anda secara spiritual

-KATALOGHIKMAH-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0