Ragam ucapan belasungkawa ketika ada yang berduka.
Photo by Kat Jayne on Pexels.com
in

Ragam Ucapan Belasungkawa Ketika Ada yang Berduka

Mengetahui Berbagai Ucapan Belasungkawa atau Ucapan Duka Cita

Katalogue.id- Ragam ucapan belasungkawa ketika ada yang berduka. Ketika ada seseorang telah kehilangan orang yang dicintai. Mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus Anda katakan saat mengirimkan ucapan belasungkawa. Akan tetapi penting untuk mengatakan sesuatu. Berbagi belasungkawa membuat mereka tahu bahwa Anda peduli dan menawarkan kenyamanan di salah satu masa tersulit yang mereka alami. Ini adalah sikap penuh kasih yang sangat berarti. 

Jika Anda tidak yakin bagaimana menyampaikan ucapan duka cita saat seseorang meninggal dunia, berikut beberapa pesan yang dapat Anda gunakan untuk menghibur teman atau anggota keluarga yang mengalami kehilangan. Ingatlah bahwa tidak apa-apa untuk mengatakan sesuatu yang singkat dan sederhana, terutama saat pertama kali Anda menyampaikan ucapan belasungkawa secara langsung.

Ucapan Belasungkawa Dalam Islam

Ragam ucapan belasungkawa ketika ada yang berduka. Agama islam adalah agama yang indah, yang mengurus segala aspek kehidupan. Islam juga mengajarkan bagaimana berkasih sayang kepada sesama manusia, saling tolong-menolong dan saling peduli.

Ragam ucapan belasungkawa ketika ada yang berduka.
Ragam ucapan belasungkawa ketika ada yang berduka. Photo by Kat Jayne on Pexels.com

Ucapan belasungkawa merupakan suatu hal yang dianjurkan kepada semua umat beragama, termasuk islam. Hal itu merupakan salah satu bentuk kepedulian. Selain itu ucapan belasungkawa juga bisa mengurangi kesedihan bagi keluarga, kerabat atau orang terdekat yang sedang dalam duka maupun musibah.

Berikut ucapan belasungkawa dalam islam yang dikutip dari laman sharingkali.com Yuk Simak.

  • Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita. Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosanya dan menerima segala amal baik almarhum.
  • Semua yang bernyawa pasti akan merasakan mati, cepat ataupun lambat. Ikhlaskan kepergiannya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.
  • Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Saya turut berduka atas kepergian almarhum. Semoga Allah ampuni segala dosa-dosanya dan Allah kumpulkan dengan orang-orang yang shalih. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan kelapangan dada untuk menerima semua takdir yang Allah tetapkan.
  • Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Saya dan keluarga turut berbela sungkaawa atas kematian almarhum. Semoga Allah menerima segala amal kebaikan yang telah dikerjakan almarhum selama di dunia dan semoga Allah memberikan tempat yang indah bertaman syurga. Aamiiin…
  • Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya. Aku turut merasakan kesedihan yang mendalam atas kepergiannya.
  • Rizki, jodoh dan umur sudah ditetapkan Allah, mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman. Aamiin…

Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Arab

للهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاكَ وَرَحِمَ مَيِّتَكَ.

“Allahu Ajroka wa ahsana ‘azaaka wa rohima mayyitaka“.

Artinya: “Semoga Allah memberimu pahala yang berlipat, memberimu pelipur lara nan baik dan semoga Allah  memberikan rahmat pada si mayyit ( Orang yang meninggal)”.
Semoga diberi kekuatan keluarga yang ditinggalkan.

أحسن اللٰهُ عَزَاكَ ,وَجَبَرَ مُصَابَكَ، وَغَفَرَ لِمَيِّتَكَ وَرَحِمَه وَخَلَفَهُ فِيۡ عَقَبِهِ بِخَيۡرٍ

Ahsanallahu ‘azaaka, wa jabaro mushobaka, wa ghofaro limayyitaka wa rahimahu wa kholafahu fii ‘aqibihi bikhoirin”.

Artinya : “Semoga Allah memberimu pelipur lara, memberi kebaikan atas musibahmu, mengampuni mayyit (orang yang meninggal), melimpahkan rahmatnya serta menggantikan dengan sesuatu yang lebih baik”.
Semoga Allah memberimu dan keluargamu kelapangan hati dan kesabaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0