Tata cara melaksanakan sholat Tahajud
Photo by Francesco Ungaro on Pexels.com
in

Tata Cara Melaksanakan Sholat Tahajud, Yuk Simak

Mengetahui Bagaimana Langkah Mengerjakan Sholat Tahajud

Katalogue.id- Tata cara melaksanakan sholat Tahajud untuk Anda ketahui. Sholat Tahajud adalah sholat sunah muakad yang didirikan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Sholat ini bukanlah bagian dari sholat lima waktu yang diwajibkan bagi umat Muslim. Dan dapat dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Setiap waktu memiliki keistimewaan di sisi Allah. Namun, waktu-waktu tertentu lebih berharga daripada yang lain, dan itu harus dimanfaatkan. Dan malam hari adalah salah satu waktu yang Alquran dan sabda Nabi Muhammad SAW digambarkan sebagai waktu yang berharga.

Malam adalah waktu untuk bersujud di hadapan Yang Ilahi dengan cinta dan kasih sayang demi menyenangkan-Nya alih-alih berbaring di tempat tidur yang empuk. Oleh karena itu, sholat tambahan yang dilakukan pada malam hari sangat penting untuk mencapai kedekatan dengan Allah.

Langkah Mengerjakan Sholat Tahajud

Tata cara melaksanakan sholat Tahajud untuk Anda ketahui. Meskipun sholat Tahajud tidak wajib, banyak Muslim yang taat mencoba menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas harian mereka sebagai tindakan ibadah dan untuk mendapatkan penebusan dan pengampunan dari Allah. Dikutip dari wikihow.com ,untuk mempelajari bagaimana melakukan sholat Tahajud dengan cara yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW, yuk simak.

Tata cara melaksanakan sholat Tahajud
Tata cara melaksanakan sholat Tahajud. Photo by Michael Burrows on Pexels.com

Langkah Sholat Tahajud yang Pertama

Aturlah Waktu Untuk Bangun Setelah Tengah Malam

Setelah shalat Isya dan sebelum tidur, buatlah pengaturan untuk bangun pada malam hari sebelum shalat Subuh (misalnya, Anda mungkin ingin menyetel jam alarm atau meminta anggota keluarga setuju untuk membangunkan Anda). 

Meskipun Tahajud dapat didoakan di setiap bagian malam, jika memungkinkan, yang terbaik adalah berdoa setelah tengah malam, terutama pada sepertiga malam terakhir. Dua pertiga waktu antara Isya dan Subuh adalah waktu yang tepat untuk Tahajud.

Langkah Sholat Tahajud yang Kedua

Bangun dan Ambilah Air Wudhu

Bangun di malam hari pada waktu yang Anda pilih. Setelah Anda bangun, lakukan Wudhu, ritual wudhu yang digunakan Muslim untuk membersihkan diri mereka sendiri sebelum mereka berdoa atau memegang Alquran. Secara tradisional, berwudhu berarti menggunakan air bersih untuk membasuh diri dengan empat cara berikut:

  1. Membersihkan wajah
  2. Mencuci lengan dan tangan hingga dan termasuk siku
  3. Menyeka kepala (Masah)
  4. Mencuci kaki hingga pergelangan kaki
  5. Perhatikan bahwa banyak Muslim (termasuk Nabi Muhammad [saw]) juga memilih untuk mencuci mulut dan gigi mereka dengan miswak sebelum Tahajud. 
  6. Jika mani keluar lebih awal di malam hari, baik saat berhubungan seksual atau dalam mimpi basah, maka ritual pembersihan seluruh tubuh harus dilakukan.

Langkah Sholat Tahajud yang Ketiga

Siapkan Tempat yang Tenang

Pergi ke suatu tempat yang bersih, tenang, dan bermartabat untuk melaksanakan doa Anda. Ini dilakukan karena nama Allah itu suci, jadi, jika memungkinkan, umat Islam didorong untuk berbicara tentang Dia di tempat yang bersih dan suci sebagai bentuk penghormatan. 

Mengenakan pakaian sholat biasa Anda, duduk di atas sajadah dan menghadap kiblat seperti yang Anda lakukan untuk sholat wajib Anda.

Langkah Sholat Tahajud yang Ke Empat

Berusahalah Untuk Khusyuk

Hapus semua kekhawatiran duniawi dari hati Anda . Pada saat berdoa, dengan tenang fokus dan renungkan kemuliaan Tuhanmu. Jangan khawatir tentang masalah duniawi yang sekilas tidak ada artinya dibandingkan dengan kebijaksanaan dan belas kasihan-Nya yang tak terbatas. 

Tenangkan diri Anda dan lupakan masalah, harapan, dan ketakutan duniawi Anda. Abaikan pikiran atau perasaan negatif yang mengganggu. Pejamkan mata Anda dan fokuskan perhatian Anda pada hati Anda saat Anda mulai mencapai keadaan kesadaran spiritual yang lebih tinggi.

Langkah Sholat Tahajud yang Kelima

Tunjukkan Niat Anda Untuk Berdoa

Saat Anda memulai shalat Anda, buatlah pernyataan mental yang pasti kepada diri Anda sendiri bahwa Anda akan melakukan Tahajud. Putuskan bahwa Anda akan menyelesaikan Tahajud dengan cara tertentu yang Anda pilih, termasuk berapa banyak raka’at dan surah mana yang akan Anda baca. 

Tahajud biasanya dilakukan dengan mengulangi beberapa raka’at Sholat, ritual yang digunakan umat Islam untuk sholat harian yang diwajibkan. Untuk Tahajud, raka’at biasanya dilakukan berpasangan, jadi sebaiknya Anda juga memutuskan berapa banyak rakaat yang ingin Anda lakukan saat ini.

Langkah Sholat Tahajud yang Ke Enam

Lakukan Dua Rakaat. 

Untuk memulai sholat Tahajud , mulailah dengan melakukan dua rakaat. Sholat dimulai dengan berdiri dan membaca ayat-ayat dari Alquran. Meniru praktik Nabi Muhammad SAW yang biasa membaca surat-surat berikut setelah setiap rakaat Tahajud: 

  • Setelah membaca Al-Fatihah pada rakaat pertama, bacalah surah “Al-Kafirun”.
  • Setelah membaca Al-Fatihah untuk rakaat kedua, bacalah surah “Al-Ikhlas”.

Langkah Sholat Tahajud yang Ke Tujuh

Ulangi Rakaat Sesuai Keinginan Anda

Secara umum, dua rakaat dipandang sebagai kebutuhan minimum untuk Tahajud yang benar. Namun, dimungkinkan untuk mengulang sebanyak yang Anda inginkan. Misalnya, menurut Hadist, Nabi Muhammad SAW sering melakukan shalat hingga tiga belas rakaat. 

Raka’at sholat Tahajud dilakukan secara berpasangan dan delapan raka’at dipandang sebagai jumlah yang baik oleh banyak Muslim. Dengan kata lain, kebanyakan orang akan mengucapkan dua, empat, enam, atau delapan raka’at, meskipun lebih tidak disarankan.

Jika Anda mampu, maka membaca surat-surat panjang seperti Al-Baqarah, An-Nisā ‘atau Al-‘Imran sangat dipuji, bahkan jika Anda hanya dapat mengaturnya dari waktu ke waktu.

Langkah Sholat Tahajud yang Ke Delapan

Berdoalah Memohon Ampunan

Setelah Anda menyelesaikan jumlah raka’at yang Anda siapkan untuk sholat, Anda dapat menambahkan doa Anda sendiri selama doa itu tulus, hormat, dan dilakukan dalam pengabdian penuh kepada Allah SWT.

  • Akui setiap kesalahan Anda, betapapun besar atau kecilnya – Anda mungkin merasa bahwa beberapa kesalahan tidak signifikan, tetapi Allah mungkin masih memutuskan bahwa hukuman harus dijatuhkan. Dengan tulus berjanji untuk tidak mengulangi dosa-dosa Anda dan meminta ampun kepada Allah.
  • Gunakan rasa takut tidak menyenangkan Allah untuk mendorong diri Anda menjadi Muslim yang lebih baik.
  • Jangan pernah putus asa akan rahmat Allah karena Alquran memberitahu kita lebih dari 70 kali bahwa Allah Maha Pengampun.
  • Setiap doa yang Anda ucapkan akan didengar, dan jika Allah menghendaki, doa Anda akan terkabul.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0