jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai
Photo by Eva Elijas on Pexels.com
in

10 Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Bonsai dengan Nilai Ekonomi Tinggi

Jenis Tanaman dan Daftar Harga Bonsai Sesuai Dengan Jenis-jenisnya

Katalogue.id – 10 jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai dengan nilai ekonomi tinggi. Banyak tanaman hias yang bisa kamu gunakan sebagai tanaman untuk mempercantik rumahmu. Salah satu yang populer adalah tanaman bonsai.

Tanaman bonsai adalah salah satu jenis tanaman yang sangat menarik dan bisa Anda rawat sendiri di rumah. Merawat berbagai bentuk tanaman adalah hal yang sangat baik. Dengan merawat tanaman sendiri di rumah maka Anda bisa memiliki hobi baru yang positif dan bermanfaat.

Tanaman bonsai merupakan salah satu jenis tanaman yang lucu dan mempunyai bentuk yang berbeda dari tanaman pada umumnya. Karena keunikannya, tanaman bonsai menjadi salah satu tanaman yang dibudidayakan secara profesional ataupun bisa dirawat langsung di rumah Anda.

Asal Usul Bonsai

jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai
jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Photo by Skylar Kang on Pexels.com

Setiap tanaman mempunyai bentuknya yang berbeda-beda dan Anda bisa menyesuaikan tanaman apa yang ingin ditanam di rumah. Jika rumah Anda tidak terlalu besar maka salah satu jenis tanaman yang bisa menjadi opsi adalah tanaman bonsai.

Dilansir dari Wikipedia, tanaman bonsai adalah salah satu tanaman hias yang berasal dari negara Jepang yang sudah melewati proses kultivasi yang rumit agar bisa tumbuh di dalam tempat berukuran kecil dan memiliki tinggi yang kerdil.

Tanaman ini sengaja dibuat untuk menciptakan sebuah kesan yang menarik untuk dipandang dan bisa memberikan kepuasan tersendiri saat merawatnya.

Membuat tanaman bonsai tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena membutuhkan proses yang sangat panjang serta kesabaran agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan memiliki ukuran yang sesuai.

Jenis Tanaman untuk Dijadikan Bonsai

Tanaman ini tentu tidak asing bagi Anda karena sangat populer sebagai tanaman hias. Tanaman bonsai merupakan tanaman kecil yang disimpan dalam sebuah pot. Bisa dikatakan sebagai miniatur pohon besar yang ada di luar sana.

Dikutip dari rumah.com inilah jenis tanaman dijadikan bonsai untuk hiasan rumah Anda.

Bonsai Beringin

Jenis tanaman dijadikan bonsai yang pertama adalah pohon beringin. Koleksi tanaman bonsai di rumah Anda tidak akan lengkap tanpa adanya tanaman bonsai beringin. Bonsai beringin adalah tanaman yang memiliki popularitas sangat tinggi dan menjadi favorit bagi pecinta tanaman.

Bentuk batang yang besar dan akar gantung yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman bonsai beringin.

Bonsai Kemuning

Apabila tertarik untuk mencari tanaman bonsai yang berbeda dan tidak biasa maka Anda bisa menanam tanaman kemuning untuk dijadikan bonsai. Tanaman bonsai kemuning mempunyai batang dengan permukaan kulit yang berkerak dan berkarakter.

Tidak hanya itu saja, batang yang dimiliki tanaman kemuning juga sangat unik dan membuat tanaman ini sangat lucu untuk menjadi bonsai.

Bonsai Asem

Pohon asam yang memiliki bahasa latin Tamarindus Indica L adalah salah satu tanaman dengan buah yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai masakan ataupun minuman. Pohon dengan buah yang mempunyai banyak manfaat ini akhirnya dibudidayakan dengan cara bonsai agar bisa memiliki ukuran yang kecil dan bisa ditanam dengan mudah di mana saja.

Bonsai Ginseng

Salah satu tanaman bonsai yang unik lainnya adalah bonsai ginseng. Tanaman ini sangat diminati karena mempunyai akar yang tumbuh besar ke atas permukaan tanah dan menjadikannya terlihat sangat gagah.

Tanaman yang berasal dari Asia Selatan ini juga sangat mudah untuk dirawat terutama bagi Anda yang masih baru pertama kali merawat tanaman bonsai.

Bonsai Maple

Pohon bonsai maple adalah salah satu pohon yang aslinya berasal dari negara Jepang, Tiongkok dan juga Korea. Namun saat ini Anda juga sudah bisa membeli bibit bonsai maple dan menanamnya sendiri di rumah Anda dengan mudah.

Tanaman ini sangat indah karena mempunyai daun yang akan berubah warna menjadi kemerahan pada setiap pertengahan tahun.

Bonsai Ginkgo

Memiliki tanaman di rumah yang unik dan berbeda dari orang lain adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Tanaman bonsai ginkgo atau maidenhair merupakan salah satu tanaman bonsai yang sangat dicari karena tidak banyak yang menanamnya di Indonesia.

Tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang mencukupi, oleh karena itulah tanam pohon bonsai ginkgo di luar rumah Anda.

Bonsai Pinus

Siapa yang mengira bahwa sebuah pohon yang bisa tumbuh hingga puluhan meter dapat dijadikan bonsai dan tumbuh dengan sangat indah. Menanam dan merawat bonsai pinus membutuhkan kesabaran tersendiri oleh karena itulah Anda harus secara teratur untuk memotong dahan pohon yang sudah tinggi agar bisa tetap pendek. Pastikan agar pohon ini selalu terkena cahaya matahari agar tidak tumbuh terlalu besar.

Bonsai Delima Mini

Apabila Anda tertarik untuk memiliki tanaman buah-buahan di rumah yang berukuran kecil maka mulailah dengan menanam tanaman bonsai delima mini. Tanaman ini memiliki ukuran kecil sehingga Anda tidak akan perlu bingung saat menanamnya.

Selain itu juga apabila dirawat dengan baik maka tanaman ini akan menghasilkan buah delima yang sangat segar dan manis.

Bonsai Bougenville

Tanaman bougenville seringkali disebut sebagai tanaman bunga kertas. Karena ukurannya yang besar akhirnya banyak yang memilih tanaman ini untuk dijadikan bonsai berukuran kecil. Bonsai bougenville yang tumbuh dengan baik akan memiliki bunga berwarna merah muda yang sangat indah dan menarik untuk dipandang.

Bonsai Shunkaen

Bonsai termahal di dunia yang pertama adalah bonsai Shunkaen yang dimiliki seniman bonsai, Kunio Kobayashi. Dinamakan bonsai Shunkaen karena bonsai ini berasal dari kota Shunkaen yang keberadaannya tidak jauh dari Tokyo, Jepang.

Umur dari bonsai ini sekitar 800 tahun, sehingga tak heran jika tanaman ini dinobatkan sebagai bonsai termahal di dunia. Kini, bonsai Shunkaen ditempatkan pada sebuah galeri yang berada di kota Tokyo dan sangat terbuka untuk para pengunjung.

Daftar Harga Bonsai

Bonsai sendiri merupakan tanaman hias yang mempunyai harga cukup mahal, karenanya bisnis bonsai bisa dijadikan sebagai investasi Anda. Berikut ini daftar harga bonsai sesuai dengan jenisnya.

Jenis BonsaiKisaran Harga
Harga Bonsai KelapaRp.50.000 – Rp.500.000,-
Harga Bonsai SerutRp.2.500.000 – Rp.50.000.000,-
Harga Bonsai BeringinRp.50.000 – Rp.300.000,-
Harga Bonsai Asem JawaRp.700.000 – Rp.1.000.000,-
Harga Bonsai BougenvilleRp.50.000 – Rp.1.000.000,-
Harga Bonsai Cemara UdangRp.700.000 – Rp.1.000.000,-
Harga Bonsai Anting PutriRp.3.500.000 – Rp.25.000.000,-
Harga Bonsai LantanaRp.50.000 – Rp.1.000.000,-
Harga Bonsai AsemRp.700.000 – Rp.3.000.000,-
Harga Bonsai LoaRp.300.000 – Rp.2.000.000,-
Harga Bonsai DolarRp.2.000.000 – Rp.20.000.000,-
Harga Bonsai KambojaRp.400.000 – Rp.2.000.000,-
Harga Bonsai KimengRp.200.000 – Rp.2.000.000,-
Harga Bonsai MurbeiRp.75.000 – Rp.200.000,-
Harga Bonsai AdeniumRp.200.000 – Rp.2.000.000,-
Sumber gdmagri.com

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0