Ini caranya download dan install font dari Dafont di lapto
Photo by Magda Ehlers on Pexels.com
in

Jangan Asal Donwload! Ini Caranya Download dan Install font dari Dafont di Laptop

Download dan Install Dafont untuk Mengubah Font Pada Laptop Anda

Katalogue.id – Jangan asal donwload! Ini caranya download dan install font dari Dafont di laptop. Seperti yang Anda tahu bahwa font merupakan bagian terpenting pada Windows. Hingga sekarang, jenis dan jumlah font sangatlah banyak. Font juga biasa dipakai di semua program.

Apa yang terjadi apabila windows tidak ada font. Windows dan semua program akan buta, dan hanya terlihat gambar saja. Oleh karena itu, semua program memiliki font berbeda.

Contohnya Windows 7 menggunakan font Segoe UI untuk logonya, sedangkan Windows 8 menggunakan font Segoe WP untuk logonya, dan juga Google Play yang menggunakan font Roboto untuk judulnya. 

Pengertian Dafont

Ini caranya download dan install font dari Dafont di lapto
Ini caranya download dan install font dari Dafont di lapto Photo by Pixabay on Pexels.com

Perlu Anda ketahu, dafont adalah situs penyedia font yang paling terkenal. Ada lebih dari 37.000 koleksi fonts siap pakai yang dapat Anda unduh di dafont. Bahkan Anda pun bisa mengunduh font berdasarkan kategori seperti font bertema liburan, font horor, font antik, dan masih banyak lagi.

Langkah download dafont juga gampang! Anda tidak memerlukan akun atau login, cukup cari font lalu tekan tombol unduh yang disediakan.

Perhatikan Lisensi Dafont

Meskipun Anda bisa mengunduh secara bebas font yang ada di Dafont, bukan berarti Anda juga bebas menggunakannya. Ada aturan yang seharusnya kita baca, sebelum menggunakan font tersebut.

Pada bagian kanan font, di atas tombol download terdapat beberapa aturan yang bisa kita baca, sehingga tahu apakah font tersebut benar-benar bisa bebas dipergunakan atau tidak. 

Free For Personal Use

Free for personal use atau gratis untuk penggunaan pribadi. Apabila Anda menemukan keterangan ini, bukan berarti Anda bisa bebas menggunakan font tersebut, terutama untuk tujuan komersil.

Silakan tekan font terlebih dahulu di dafont, untuk membaca keterangan lebih lanjut. Pada halaman tersebut, terdapat aturan dari author atau pemilik font.

Pada bagian ini pun, sang pemilik font memberikan keterangan mengenai karyanya. Ketika keterangan hanya untuk penggunaan pribadi, maka kita hanya boleh menggunakan font untuk kepentingan pribadi.

Apabila digunakan untuk komersil, maka akan terkena denda. Kalau memang menyukai font tersebut dan ingin menggunakan untuk komersil, sang pemilik sudah memberikan cara bagaimana membeli font tersebut.

Lisensinya pun berbeda-beda lho, sehingga Anda bisa menyesuaikan kebutuhan font tersebut untuk apa. 

100% Free

Apabila di sebelah kanan ada tulisan 100% free, maka font tersebut bebas dipergunakan, meskipun untuk tujuan komersil. Sehingga, Anda bebas menggunakannya. Intinya, baca terlebih dahulu catatan si pembuat font ya.

Demo

Untuk keterangan ini, pemilik font tidak mengunggah semua file font tersebut. Tapi, Anda masih bisa mengunduhnya. Dan, ada author yang memberikan keterangan bahwa font tersebut dipergunakan untuk kepentingan pribadi saja.

Cara Download dan Install Dafont

Ini caranya download dan install font dari Dafont di laptop. Sebuah website yang menyediakan font secara gratis, engkap sekaligus terpopuler. Di sini, Anda bisa menemukan macam macam font huruf keren untuk mempercantik website atau aplikasi Anda.

Dikutip dari https://id.wikihow.com/ inilah cara download dafont yang mudah.

  • Kunjungi http://www.dafont.com dengan peramban di komputer Anda.
  • Klik salah satu kategori jenis huruf. Kategori ini tampil di kotak merah pada bagian atas jendela.
  • Geser layar untuk menjelajah jenis huruf pada kategori pilihan Anda.
  • Setelah menemukan jenis huruf yang Anda inginkan, klik Download di sebelah jenis huruf tersebut. Pilih lokasi penyimpanan di komputer Anda jika diminta, lalu klik Save.
    • Anda juga akan melihat tombol Donate to Author. Gunakan tombol ini untuk memberi sumbangan pada pembuat jenis huruf yang Anda unduh.
  • Temukan berkas hasil unduhan, lalu ekstrak berkas. Umumnya, berkas ini tersimpan dalam folder Downloads, kecuali jika Anda memilih lokasi penyimpanan lain.
    • Di Windows, klik ganda pada berkas, kemudian klik Extract All Files.
    • Di Mac, klik ganda pada berkas.
  • Klik ganda folder hasil ekstrak untuk membukanya.
  • Pasang jenis huruf.
    • Di Windows, klik kanan berkas .otf, .ttf, atau .fon, lalu klik Install….
    • Di Mac, klik ganda berkas .otf, .ttf, atau .fon, lalu klik Install Font di pojok kanan bawah kotak dialog.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0