ini jenis kucing persia, cara merawat dan harganya
Photo by Claudia Schmalz on Pexels.com
in

Jangan Sampai Salah, Ini Jenis Kucing Persia, Cara Merawat dan Harganya

Kenali Jenis dan Cara Merawat Kucing Persia Agar Terlihat Lebih Cantik dan Lucu

Katalogue.id – Jangan sampai salah, ini jenis kucing persia, cara merawat dan harganya. Kucing persia merupakan salah satu ras kucing yang ada di dunia dan menjadi salah satu ras yang cukup favorit untuk dirawat di rumah.

Memiliki hewan peliharaan di rumah bisa menjadi cara terbaik bagi Anda untuk mempunyai sebuah teman. Dan sekaligus bisa menghilangkan stress setelah Anda seharian pergi bekerja atau melakukan aktifitas.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa mempunyai hewan peliharaan membutuhkan perawatan yang harus dilakukan secara teratur agar bisa tumbuh dengan sehat. Salah satu hewan peliharaan yang cukup mudah untuk dirawat adalah kucing.

Untuk Anda yang masih baru pertama kali ingin merawat dan memiliki hewan peliharaan maka Anda bisa memulainya dengan merawat kucing. Salah satu ras atau jenis kucing yang populer untuk dipelihara adalah kucing persia.

Jenis Kucing Persia

ini jenis kucing persia, cara merawat dan harganya
ini jenis kucing persia, cara merawat dan harganya. Photo by Vadim B on Pexels.com

Apabila Anda tertarik untuk memiliki dan merawat kucing persia maka terlebih dahulu Anda harus mengenali apa saja jenis-jenis dari kucing persia yang ada di sekitar Anda. Sekilas kucing ini terlihat seperti boneka.

Ini karena bulunya yang panjang dan lebat serta badannya yang besar. Ciri lain dari kucing ini adalah bulu yang panjang, wajah bulat, serta hidungnya yang pendek.

Dengan mengetahui jenis dari kucing maka Anda bisa lebih mudah untuk mengetahui cara merawatnya hingga mengenali kebutuhan gizinya yang berbeda-beda. Dikutip dari laman rumah.com inilah jenis kucing persia, yuk simak!

Persia Flat Nose

Jenis kucing persia yang pertama ada Persia flat nose adalah salah satu tipe breed persia yang sangat populer terutama di kalangan pecinta kucing. Sesuai dengan namanya, kucing ini memiliki hidung yang pesek dan kecil sehingga membuat mukanya tampak seperti rata karena hidungnya yang sejajar dengan matanya.

Secara umum, kucing persia flat nose mempunyai bulu yang tebal sehingga Anda harus lebih secara teratur untuk memandikan ataupun mengajaknya ke salon hewan agar bisa terhindar dari kutu yang mengganggu.

Pastikan juga untuk menjauhkan barang-barang yang mudah pecah di rumah Anda karena kucing ini senang sekali untuk berada di tempat yang tinggi seperti menaiki meja ataupun lemari.

Persia Peak Nose

Jenis kucing persia yang berikutnya adalah kucing Persia peak nose merupakan salah satu Ras persia yang dikenal memiliki harga jual yang fantastis. Kucing persia peak nose adalah kucing yang mempunyai hidung paling pesek, datar dan kecil.

Semakin pesek hidung dari peak nose dan terjamin Ras nya maka kucing ini bisa Anda temukan dengan kisaran harga di atas Rp10 jutaan.

Perlu Anda perhatikan bahwa kucing peak nose mempunyai daya tahan yang lebih rentan dibandingkan dengan Ras lainnya oleh karena itulah Anda harus merawat dan memberikannya vaksin dengan cepat sebelum jatuh sakit.

Periksa secara rutin kebersihan hidung dari kucing persia peak nose agar jangan sampai kotor karena akan membuatnya sulit untuk bernapas.

Persia Medium

Jenis kucing persia yang tidak kalah lucu ada Persia Medium. Salah satu Ras persia yang cukup umum ditemui adalah persia medium. Kucing persia dengan Ras ini mempunyai hidung yang tidak terlalu pesek dan tidak terlalu mancung.

Kucing persia medium ini juga mempunyai bulu yang sangat tebal dan membutuhkan perawatan yang sangat baik agar tidak mudah rontok dan kotor. Meskipun begitu, kucing persia medium mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan kucing persia peak nose.

Persia Himalayan

Salah satu Ras persia yang populer selanjutnya adalah persia himalayan. Kucing persia himalayan bisa diketahui dari bulunya yang mempunyai pola gelap pada bagian kepala atau wajahnya.

Selain itu juga persia himalayan memiliki kaki yang berwarna gelap dan membuatnya terlihat sangat lucu. 

Breed kucing ini juga dikenal sebagai salah satu breed yang sangat sehat dan mempunyai usia harapan hidup hingga 15 tahun apabila dirawat dengan baik.

Persia Bicolor

Mungkin Anda jarang mendengar breed persia yang satu ini. Anda bisa mengenali kucing persia bicolor dari bulunya yang memiliki pola dengan dua buah warna yang berbeda.

Selain itu juga mata dari kucing ini mempunyai warna keemasan dan membuatnya terlihat berbeda dari breed yang lainnya.

Persia Tabby

Berbeda dengan Ras persia yang lainnya, persia tabby sangatlah aktif dan senang berinteraksi dengan siapa saja. Kucing Ras ini menjadi salah satu pilihan terbaik terutama bagi Anda yang sama sekali belum pernah merawat ataupun memelihara hewan sebelumnya.

Kucing ini juga sangat vokal dan selalu ingin ditemani oleh Anda ataupun anggota keluarga yang lainnya.

Persia Particolor

Persia particolor adalah salah satu Ras persia yang mempunyai gradasi warna yang menarik dan unik. Kucing jenis ini mempunyai tampilan yang mewah karena warna bulunya yang cenderung keemasan yang bergradasi dengan indahnya.

Kucing Ras ini juga memiliki warna mata oranye kecoklatan dan tampak senada dengan warna dari bulunya.

Cara Merawat Kucing Persia

Tidak ada hewan peliharaan yang memiliki cara merawat yang sama. Kucing yang dirawat dengan baik biasanya akan bisa terus tumbuh hingga usia 15 tahun. Kucing persia adalah salah satu kucing yang membutuhkan perawatan secara serius agar bisa tampak cantik dan memiliki usia yang panjang.

Anda harus secara rutin untuk memandikan atau membawa kucing persia Anda ke salon agar bulunya terhindar dari kutu dan warnanya tetap cerah dan tidak kotor.

Kucing persia adalah salah satu kucing yang lebih cocok untuk berada di dalam rumah. Kucing persia yang dilepas otomatis bulunya akan menjadi lebih cepat kotor dan menjadikannya lebih sulit untuk membersihkannya.

Jangan lupa untuk secara rutin menyisir rambutnya agar bulunya bisa tumbuh dan memiliki gelombang yang indah. Selain itu juga, bulu yang menggumpal akan membuat kucing Anda menjadi gatal dan membuatnya menggaruk pada titik gatal tersebut hingga menyebabkan luka.

Itulah cara merawat kucing persia yang bisa membuat kucing Anda terlihat lebih cantik dan lucu.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0